Penting Bagi Tubuh, Inilah Makanan Sehat yang Tinggi Protein!

by -14 views
makanan sehat

Menu makanan sehat

Setiap tubuh manusia memerlukan makanan sehat yang tinggi akan protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk memproduksi sel baru dan memperbaiki sel rusak di dalam tubuh. Hal itulah yang membuat protein memiliki peran yang sangat penting bagi setiap orang terutama dalam perkembangan anak dan remaja.

Untuk mencukupi asupan protein dalam tubuh, setiap orang diharuskan mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Tak hanya baik untuk memperbaiki sel rusak di dalam tubuh, makanan berprotein tinggi akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak dan massa otot akan bertambah.

Tak heran setiap orang yang sedang menjalankan program diet pasti selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Faktanya nutrisi tersebut dapat membuat Anda merasa selalu kenyang lebih lama sehingga mampu menurunkan berat badan menjadi lebih ideal.

Makanan Sehat yang Tinggi Protein

Tidak semua orang mengerti tentang makanan apa saja yang mengandung protein tinggi, agar tidak salah pilih sangat penting untuk mengetahui jenis-jenisnya. Di antaranya adalah sebagai berikut!

  1. Sumber Protein Nabati

Makanan yang mengandung protein bisa didapatkan dari beberapa jenis tumbuhan, antara lain sebagai berikut:

  • Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu sumber protein nabati yang memiliki beberapa jenis, yaitu diantaranya ada kacang tanah, kacang kedelai, kacang polong dan kacang almond. Selain kaya protein, kacang-kacangan juga memiliki kandungan serat dan magnesium yang sangat baik bagi tubuh.

Dalam olahan makanan, kacang-kacangan biasanya akan sering ditemukan pada tempe dan tahu yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Biasanya makanan tinggi protein khas Indonesia ini akan dimasak dengan digoreng atau dibuat masakan tumisan yang sangat lezat.

  • Brokoli

Tak semua orang tahu, brokoli yang merupakan jenis tumbuhan hijau ternyata sangat kaya akan kandungan protein. Tak heran, brokoli menjadi salah satu sumber protein nabati yang paling diminati oleh banyak orang terutama bagi yang sedang menjalankan program diet.

Selain kaya protein, brokoli juga mengandung kalium, serat, vitamin K dan vitamin C yang dipercaya mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker.

  1. Sumber Protein Hewani

Tidak hanya dari tumbuhan, protein juga dapat berasal dari hewan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Daging

Selain rasanya lezat, daging memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis daging yang kaya akan kandungan protein yaitu dada ayam tanpa kulit dan daging sapi tanpa lemak. Menariknya bukan hanya protein yang terkandung di dalamnya, daging sapi juga sangat kaya akan vitamin B12 dan zat besi.

  • Ikan Laut

Hampir semua orang menyukai olahan makanan yang terbuat dari ikan laut, atau lebih tepatnya orang-orang menyebutnya dengan seafood. Selain kaya protein, ikan laut mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Ikan laut yang mengandung protein tinggi antara lain, ikan tuna, udang dan salmon.

  • Susu

Susu merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling digemari. Susu berasal dari hewan sapi yang biasanya sering diolah menjadi keju dan yoghurt. Selain protein, makanan yang terbuat dari susu mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat menjaga tulang dan gigi agak tetap kuat. Manfaat lainnya, susu juga mampu membantu mencegah osteoporosis.

Dan itulah beberapa makanan yang menyehatkan bagi tubuh dengan kandungan protein tinggi. Dalam mengonsumsinya, Anda dapat mengolah dengan beragam kreasi masakan sehingga rasanya semakin lezat dan tentunya tidak membosankan.

Kreasi Makanan Berprotein Tinggi yang Sangat Lezat

Makanan yang sehat dan berprotein tinggi dapat dibuat menjadi kreasi masakan yang sangat lezat. Dan ini dia kreasinya!

  1. Pepes Ayam dengan Tahu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ayam dan tahu termasuk sumber protein tinggi. Dalam mengonsumsinya, ayam dan tahu dapat dipadukan menjadi pepes. Cara membuatnya pun cukup mudah, antara lain:

  • Bahan-bahan: 300 gram ayam, 1 potong tahu putih, 1 butir telur, jahe, bawang merah, bawang putih, serai, kemangi, garam, gula, dan daun pisang
  • Cara membuat: Hancurkan tahu, ayam, dan semua bumbu. Kemudian aduk semua bahan , tambahkan telur dan juga kemangi. Setelah diaduk rata kemudian bungkus dengan daun pisang dan pepes atau kukus selama kurang lebih 30 menit.
  1. Tumis Tempe dengan Kacang Panjang

Tempe dan kacang panjang merupakan jenis kacang-kacangan yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Adapun sumber protein nabati tersebut, dapat dikreasikan menjadi masakan tumis yang lezat dan mudah untuk dibuat.

  • Bahan-bahan: kacang panjang, tempe, bawang merah, bawang putih, cabai, garam, gula, kecap manis dan penyedap
  • Cara membuat: potong kacang panjang dan tempe sesuai selera, iris bawang dan juga cabai. Tumis bawang dan cabai sampai harum lalu masukan kacang panjang yang telah dipotong. Kemudian masukan sedikit air dan masukan garam, gula, penyedap. Aduk hingga bumbu merata kemudian masukan tempe dan kecap manis. Setelah semua bahan sudah tercampur, aduk kembali hingga bumbu meresap.
  1. Udang Saus Tiram

Udang merupakan jenis ikan laut yang termasuk ke dalam sumber protein hewani. Ikan laut ini sangat digemari banyak orang karena selain menyehatkan, rasanya juga sangat lezat. Salah satu kreasi masakan udang yang populer adalah udang saus tiram.

  • Bahan-bahan: 300 gram udang, bawang Bombay, cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, daun jeruk, kecap, saus tiram, garam, lada, dan gula Cara membuat: haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe.
  • Cara Membuat: Tumis bumbu sampai harum dan masukan udang yang telah dibersihkan. Beri sedikit air dan masukan semua garam, gula, kecap, saus tiram, daun jeruk dan jahe secukupnya. Kemudian aduk hingga rata sampai udang matang dan bumbu tercampur rata
  1. Oatmeal Buah dengan Susu dan Yoghurt

Kreasi oatmeal buah pasti tidak akan lepas dengan penggunaan susu dan yoghurt. Seperti yang kita tahu, susu dan yoghurt menjadi pelengkap paling sempurna untuk mencukupi asupan protein dalam kreasi semangkuk oatmeal.

  • Bahan-bahan: Oat, susu, yoghurt, dan potongan buah
  • Cara Membuat: Masukan oat, potongan buah, susu dan yoghurt ke dalam mangkuk, aduk semua bahan hingga tercampur rata. Untuk opsi lainnya, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu di bagian atas sehingga rasanya semakin lezat.

Itulah beberapa makanan yang sehat dengan kandungan protein tinggi. Supaya tidak bosan, Anda memang harus mengkreasikan makanan berprotein dengan beragam resep yang lezat. Hal lainnya yang harus diketahui, mengonsumsi makanan yang sehat dengan protein tinggi memang sangat penting bagi tubuh, namun jangan lupakan asupan nutrisi lainnya yang juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan.

Selain protein, tubuh manusia juga membutuhkan makanan sehat yang mengandung nutrisi lain seperti vitamin, serat dan zat besi. Saat kebutuhan nutrisi dikonsumsi secara seimbang, Anda pun akan selalu sehat dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terpapar virus dan beragam penyakit lain yang berbahaya bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.