Mengatasi demam pada anak

By | June 11, 2021

Salah satu masalah kesehatan yang sering di alami anak anak yaitu demam, maka dari itu sebagai orang tua tentunya kita diwajibkan untuk tahu bagaimana cara mengatasi demam yang di alami oleh anak anda. Ya memang munculnya demam tidak hanya pada anak kecil saja, orang dewasa juga pun sering mengalami masalah kesehatan yang satu ini.

Yang perlu diperhatikan para orang tua, ketika anaknya demam langkah yang pertama jangan panik atau melakukan tindakan berlebihan. Yang perlu anda tahu, demam pada anak merupakan  suatu mekanisme yang terjadi di dalam tubuh dalam mengatasi infeksi. Jadi untuk anda yang saat ini anaknya sedang demam anda tidak perlu panik, mudah mudahan informasi mengatasi demam pada anak bisa membantu anda

mengatasi demam pada anak

Kompres Air hangat

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak yaitu dengan mengkompres dengan air hangat. Saya yakin, anda semua sudah tahu cara mengkompres yang benar untuk menurunkan demam pada anak. Mengompres dengan air hangat salah satu cara untuk menurunkan panas dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan.

Mandikan Dengan Air Hangat

Selain mengompres dengan air hangat, cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak yaitu dengan memandikan si anak dengan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan demam pada anak. Dan yang perlu anda ingat anda semua, yaitu jangan pernah memandikan anak dengan menggunakan air dingin diwaktu si anak dalam ke demam, hal ini akan membuat si anak menggil kedinginan

Pijat Dengan Ramuan Herbal

Ramuan herbal yang bisa anda gunakan untuk mengatasi demam pada anak yaitu dengan minyak kayu putih dengan 2-3 parutan bawang merah dan seiris jeruk nipis. Pijitlah tubuh anak anda dengan menggunakan campuran herbal tersebut, terutama dibagian perut, dada dan punggung

Pijat Dengan PepperMint Oil

Bila anda tidak sempat membuat ramuan herbal, anda bisa menggunakan PepperMint Oil. Minyak ini sangat bermanfaat meredakan demam pada anak, kandungan mentol yang ada di dalam minyak tersebiut dapat melancarkan hidung yang mampat tersumbat.

Cegah Dehidrasi

Penyebab demam yang sering ditemukan di anak anak yaitu kurangnya cairan yang ada di daldam tubuh. Bila anak demam anda bisa megatasinya dengan memberi si kecil minum air putih yang cukup agar cairan yang di dalam tubuhnya terpenuhi.

Berikan Obat Penurun Demam

Bila anda lebih memilih mengatasi demam pada anak dengan menggunakan obat penurun demam, yang perlu anda perhatikan yaitu obat yang mau anda berikan harus sesuai dengan usia atau umur anak anda.

RutinPeriksa Suhu Tubuh

Sebagai orang tua, anda sudah patutnya untuk selalu memperhatikan secara detail anak anda. Jika anak anda demam, anda bisa memeriksa suhu tubuh si kecil secara rutin dengan menggunakan termometer. Suhu yang normal pada anak antara 36-37 derajat celcius.

Leave a Reply

Your email address will not be published.