Khasiat dan Manfaat Buah Matoa, Buah Asli Dari Papua

by -12 views
manfaat buah matoa

Khasiat dan Manfaat Buah Matoa

Buah Matoa merupakan salah satu buah yang dihasilkan dari tanaman khas Papua. Nama ilmiahnya Pometia pinnata. Tumbuhannya termasuk dalam golongan tumbuhan besar dengan tinggi mencapai 18 m dan diameter batang mencapai 1 meter. Tanaman ini memiliki musim berbuah yakni diantara bulan Juli sampai dengan Oktober.

Matoa dapat tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi hingga mencapai ketinggian sekitar 1200 mdpl. Tanaman ini juga terdapat di beberapa daerah yang dekat dengan Papua seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua Nugini. Ia juga dapat hidup di daerah yang cenderung kering dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Tekstur buahnya sangat mirip dengan rambutan dan leci. Matoa juga memiliki kulit yang agak keras di luarnya dan daging buahnya berwarna putih manis juga berair di dalamnya. Bentuknya lonjong agak mirip sawo.

Ternyata buah ini memiliki banyak khasiat dan manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Yuk intip apa saja manfaat dari buah ini.

Khasiat Buah Matoa

Matoa dikenal memiliki kandungan vitamin C, E, antioksidan, dan senyawa lainnya yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Selain itu juga terdapat kalsium, glukosa, dan mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh.

Khasiat Matoa Untuk Kesehatan Tubuh

Matoa memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan, salah satunya adalah kesehatan tubuh kita. Maka dari itu simak beberapa manfaat Matoa untuk kesehatan tubuh.

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan antioksidan dan zat tanin di dalam buah dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan di dalam tubuh. Radikal bebas dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui polusi udara, penggunaan bahan-bahan kimia tertentu. Apabila terus menumpuk akan mematikan sel jaringan.

Buah ini bersifat karsinogenik yang dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan vitamin C dan antibiotik alami juga dapat mereduksi adanya sel-sel kanker di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh

Kekebalan dan daya tahan tubuh dibentuk oleh makanan yang dikonsumsi. Konsumsi Matoa adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat Anda tidak mudah lemas dan sakit sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Selain buah ini, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan lain sebagai penyeimbang nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penumpukan lemak di dalam tubuh. Sehingga menghambat jalannya aliran darah dari jantung menuju ke otak dan ke seluruh tubuh. Dengan mengkonsumsi buah ini, kandungan vitamin C dan E nya membantu untuk menghancurkan lemak dalam tubuh dan regenerasi sel.

Untuk itu aliran darah di dalam tubuh juga menjadi lancar karena meningkatnya fungsi pembuluh darah.

  1. Mengatasi Stres

Stres dialami hampir semua orang. Berbagai penyakit kronis lainnya juga bersumber dari penyakit stres ini. Maka dari itu Anda harus pandai mengelola stres agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.

Dengan konsumsi Matoa juga dapat mengurangi stres dan ketegangan karena kandungan vitamin E nya dapat berfungsi sebagai obat penenang alami. Selain itu Anda juga perlu melakukan aktivitas lainnya yang dapat mengurangi beban stres.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Matoa sangat cocok untuk penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah secara alami. Adalah senyawa fenopelik yang terkandung di dalam buah ini berfungsi untuk menyerap kadar gula berlebihan di dalam usus manusia. Meskipun buah ini terasa manis, penderita diabetes tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya.

  1. Melancarkan Pencernaan

Buah ini digunakan secara tradisional untuk melancarkan pencernaan. Kandungan probiotik dan antioksidan di dalamnya sangat baik diserap di dalam usus. Anda juga dapat terhindar dari berbagai penyakit pencernaan seperti sembelit, diare, dan lain sebagainya. Akan tetapi Matoa bukanlah obat apabila Anda sudah menderita penyakit di sekitar pencernaan.

Buah ini berfungsi untuk mengurangi resiko terkena penyakit pencernaan dan menjaga usus agar tetap sehat.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Seperti yang sudah banyak diketahui oleh khalayak bahwa vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Begitu pula dengan buah ini. Vitamin E dan antioksidannya mengandung antibodi yang dapat melindungi sel telur pada wanita hampir sekitar 20-30%. Sedangkan kandungan tersebut juga membantu meningkatkan kualitas sperma pria.

Konsumsi Matoa sehari-hari dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita tentunya ditunjang dengan pola hidup yang sehat juga.

  1. Menekan Pertumbuhan Bakteri

Senyawa tanin pada Matoa mampu menekan pertumbuhan bakteri dengan menghambat produksi enzim dan DNA yang mendukung perkembangan bakteri di dalam tubuh. Selain itu juga kandungan vitamin C nya mampu menangkal kuman dan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Kekebalan tubuh juga terlindungi akibat vitamin C. Kandungan gula alami dalam Matoa dapat membantu pembakaran energi yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Menurunkan Darah Tinggi

Buah ini dipercaya memiliki khasiat diuretik yaitu meningkatkan pengeluaran cairan garam yang merusak di dalam tubuh.  Misalnya saja melalui air seni dan keringat. Garam tersebut data meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan berbagai penyakit kronis lain seperti jantung dan stroke.

Dengan konsumsi Matoa baik buah, ekstrak daun ataupun batangnya dipercaya mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena membuang kelebihan cairan di dalam tubuh.

Khasiat Matoa Untuk Kecantikan Kulit

Selain kesehatan tubuh, tentunya kecantikan kulit juga penting bagi setiap orang terutama bagi wanita. Ternyata Matoa memiliki beberapa khasiat alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Adapun diantaranya adalah:

  1. Mencerahkan dan Melembabkan Kulit

Selain bagus untuk tubuh, vitamin E, C, dan antioksidan juga sangat baik untuk kecantikan kulit. Kulit akan memproduksi kolagen untuk mencegah penuaan dini. Vitamin C akan membantu untuk mencerahkan dan melembabkan kulit Anda sedangkan vitamin E akan sangat berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

  1. Mencegah Jerawat

Jerawat timbul karena minyak yang berlebihan di dalam tubuh dan masuknya bakteri ke dalam kulit wajah. Jerawat yang tidak segera diatasi akan sangat mengganggu penampilan terutama bagi kaum hawa. Dengan konsumsi Matoa yang banyak mengandung vitamin C dan E mampu untuk mengatasi masalah jerawat.

Matoa juga memiliki senyawa antimikroba yang berfungsi untuk menghalau bakteri penyebab jerawat di kulit.

  1. Regenerasi Kulit Akibat Paparan Sinar UV

Salah satu masalah lain dari kulit adalah paparan sinar UV yang tidak dapat dihindari. Anda selalu beraktivitas di bawah sinar matahari sehingga akan selalu terpapar sinar UV yang menyebabkan kerusakan sel kulit utamanya pada wajah. Kerusakan sel ini dapat diperbaiki dengan konsumsi Matoa karena mengandung berbagai vitamin dan antioksidan alami untuk regenerasi sel kulit wajah.

Beberapa khasiat dan manfaat buah Matoa ternyata sangat penting bagi tubuh dan kecantikan kulit. Untuk itu jangan ragu untuk mengkonsumsinya dalam keseharian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.