Kenali Jenis-Jenis Virus Berbahaya dan Mematikan

By | April 10, 2021

 

Anda perlu mengetahui jenis-jenis virus berbahaya yang dapat menurunkan tingkat kesehatan bahkan mengancam nyawa. Virus adalah suatu organisme terkecil yang mengandung asam nukleat DNA dan RNA. Organisme ini dapat mereplikasi dan menggandakan dirinya, membawa informasi genetik sehingga cukup menular.

Virus hanya dapat menggandakan dirinya bila ia berada di dalam organisme lain. Ia juga memerlukan asam nukleat untuk bereproduksi. Ukuran virus lebih kecil dari bakteri. Virus bersifat aseluler atau tidak memiliki sel.

Mereka dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui udara, tetesan, bahan yang kontak langsung dengan mulut, mata, hidung, darah, gigitan serangga atau hewan, dan aktivitas seksual. Sebetulnya untuk melawan virus hanya dibutuhkan antibodi yang kuat dari orang yang diinfeksi. Maka dari itulah penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar terlindung dari infeksi virus.

Saat ini virus dapat diatasi dengan pemberian vaksinasi. Akan tetapi, banyak juga virus yang belum diketemukan vaksinnya sehingga tidak efektif melindungi tubuh manusia. Berbeda dengan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang dapat sembuh dengan antibiotik, penyakit akibat virus agak sulit disembuhkan.

Ada beberapa jenis virus yang tidak menular, akan tetapi sebagian besar virus memiliki tipe menular meski ada yang menyebabkan infeksi biasa hingga kematian.

Jenis-Jenis Virus Berbahaya

  1. Virus Influenza

Dahulu, influenza atau flu termasuk salah satu virus yang sangat mematikan. Sekitar tahun 1900-an dunia diserang oleh virus flu yang dikenal dengan nama flu Spanyol. Karena penanganan yang belum maksimal dan keterbatasan teknologi membuat banyak korban jiwa berjatuhan akibat virus ini. Virus influenza menyerang sistem pernapasan seperti tenggorokan, hidung, mulut, dan paru-paru.

Penyakit ini dibawa oleh virus yang menjangkiti tubuh manusia pada saat daya tahan tubuh atau sistem imunitasnya menurun. Karena sangat mudah menular, virus yang menjangkiti tubuh manusia akan berpindah ke manusia lainnya melalui bersin, kontak langsung dari cairan tubuh seperti air liur dan ingus si penderita.

Orang yang terinfeksi akan merasa pegal-pegal, batuk, hidung tersumbat, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan kehilangan nafsu makan.

  1. Virus Variola (Cacar)

Virus ini menyebabkan penyakit cacar air yang memiliki ciri bintik-bintik gelembung berair pada tubuh manusia. Penyakit cacar pun banyak jenisnya seperti cacar air, cacar api, cacar monyet, dan banyak yang lainnya. Virus ini juga sangat ditakuti oleh manusia pada jaman dahulu. Sejarawan mencatat bahwa kematian akibat cacar sangat signifikan di Eropa dan Amerika.

Virus ini sangat mudah menular terutama di kalangan anak-anak. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga bisa tertular. Jika sudah terinfeksi virus maka dapat ditangani dengan pemberian obat-obatan, istirahat yang cukup, dan jangan kontak dengan orang lain karena virus menyebar melalui cairan tubuh, cairan cacar, dan juga melalui udara.

  1. Virus Polio

Virus polio dapat menyebabkan kelumpuhan pada manusia. Ia menyerang sistem saraf pusat dengan keluhan awal seperti demam, sakit kepala, kelelahan, muntah, dan kekakuan di persendian. Virus masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan berkembang biak di dalam usus. Hal ini akan diperparah apabila sistem sanitasi dan kebersihan lingkungan si penderita tidak terjaga dengan baik.

Akan tetapi, sekarang virus polio dapat ditanggulangi dengan pemberian vaksinasi semasa balita. Maka dari itu vaksinasi sangat penting untuk mencegah penyakit berbahaya pada manusia.

  1. Virus Dengue

Virus ini dibawa oleh nyamuk demam berdarah atau Aedes Aegypti. Maka dari itu orang yang digigit oleh nyamuk ini dapat menderita penyakit demam berdarah utamanya menginfeksi orang yang kekebalan tubuhnya rendah.

Virus ini masih sering menyerang anak-anak maupun orang dewasa dengan gejala demam berhari-hari. Trombosit si penderita akan semakin menurun dan apabila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kematian. Biasanya penderita DBD dirawat di rumah sakit selama beberapa hari untuk mendapatkan perawatan intensif.

Untuk menghindari virus ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan sehingga nyamuk tidak bersarang di lingkungan rumah.

  1. Virus HIV

Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan salah satu penyakit paling mematikan yang ada di dunia. Virus ini ditularkan melalui hubungan seksual dengan penderita HIV, menggunakan jarum suntik bekas penderita HIV, dan menular melalui cairan tubuh. Meski begitu virus ini tidak menular melalui jabat tangan, berpelukan, dan bersentuhan. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga akan rentan tertular berbagai macam penyakit. Virus HIV yang berkembang akan menimbulkan penyakit AIDS yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

  1. Virus Ebola

Virus ini diketemukan di wilayah Zaire (Kongo) dan merupakan salah satu virus yang mematikan bagi manusia. Infeksi virus menular melalui kontak dengan benda yang telah terkontaminasi oleh cairan dari penderita seperti liur, darah, feses.

Gejala yang dirasakan yaitu demam, diare, hingga pendarahan. Virus ini juga belum ditemukan vaksin maupun obatnya. Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah virus ini adalah dengan menerapkan pola hidup bersih sehat dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Virus Rabies

Virus ini dibawa oleh hewan seperti anjing atau kucing yang ditularkan melalui gigitan, cakaran, air liur yang masuk ke dalam darah pada tubuh manusia. Gejala yang ditimbulkan seperti demam, sakit kepala, halusinasi, kelelahan, kebingungan, takut pada air, dan lain sebagainya.

Jika terkena gigitan hewan sebaiknya segera melakukan penanganan pertama dengan membersihkan luka. Vaksin rabies juga sudah ditemukan sehingga dapat segera melakukan pencegahan terhadap infeksi virus ini.

  1. Virus Hepatitis

Hepatitis B dan C menyerang melalui cairan tubuh seperti darah dan sperma seperti berhubungan seksual dengan penderita atau berbagi jarum suntik. Penyakit ini menyerang organ hati dengan ciri-ciri seperti kehilangan nafsu makan, kelelahan, mual muntah, nyeri, dan gejala biasa lainnya.

Maka dari itu kebanyakan orang tidak menyadari terinfeksi hepatitis kecuali jika sudah melakukan tes darah. Vaksinasi hepatitis sangat penting dilakukan oleh setiap anak dari semenjak usia balita agar terhindar dari virus ini.

  1. Virus Corona

Virus terbaru yang menggemparkan dunia belakangan ini adalah virus Corona atau SARS-CoV-2 atau Covid-19. Gejala yang ditimbulkan adalah demam, batuk kering, sesak napas, tidak dapat mengenali rasa dan bau (anosmia). Selama tahun 2019 virus ini sudah menyerang jutaan manusia di dunia dan menular dengan sangat cepat.

Penularan virus ini adalah melalui cairan tubuh penderita yang masuk ke dalam tubuh manusia lainnya. Karena penularan dan cepat juga angka kematian yang tinggi maka infeksi virus ini mengakibatkan pandemi global yang berdampak pada seluruh sektor kehidupan masyarakat.

Vaksinasi sudah mulai dilakukan akan tetapi masih belum dapat efektif untuk menghentikan laju penyebaran virus Corona.

Itulah beberapa jenis-jenis virus yang menginfeksi tubuh manusia. Selalu lindungi diri Anda dengan menjaga daya tahan tubuh dan tetap menerapkan pola hidup bersih sehat agar bisa terhindar dari infeksi virus berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.