Fakta Penting Buah Strawberry yang Bermanfaat bagi Kesehatan Manusia

by -13 views
manfaat buah strawberry

Manfaat  Buah Strawberry 

Buah strawberry termasuk dalam salah satu buah yang populer di Indonesia maupun di seluruh dunia. Semua kalangan dari mulai anak kecil hingga orang dewasa rata-rata menyukai rasa dari buah yang satu ini. Namun, apakah kamu tahu kalau buah yang berasal dari Amerika ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia?

Strawberry memiliki bentuk yang indah, warna merah yang mampu menarik perhatian, ukurannya yang kecil dan unik, dan rasanya yang menyegarkan. Buah ini juga sering digunakan oleh banyak orang sebagai perasa makanan.

Bagi anak-anak kecil, strawberry merupakan salah satu buah yang paling ingin dicobanya, karena selain bentuknya yang cukup menarik perhatian anak-anak kecil, rasanya pun sangat cocok untuk anak-anak kecil.

Strawberry mulai dikenal di negara Indonesia sejak pertengahan tahun 1990-an. Bisa dibilang, strawberry membutuhkan suhu yang rendah untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Maka dari itu, kebanyakan besar kebun strawberry yang ada di Indonesia berada di daerah Jawa Barat.

Meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa mereka sudah mengenal baik buah yang satu ini, tapi sepertinya masih banyak orang juga yang masih tidak tahu tentang khasiat strawberry bagi kesehatan manusia. Pasalnya, sebagian dari mereka yang mengkonsumsi strawberry hanya melihat rasanya yang segar, dan asam namun manis tanpa melihat dan mencari tahu khasiat dari buah tersebut.

 

Manfaat dari mengonsumsi buah strawberry untuk kesehatan manusia

 

Tentu mengonsumsi buah apapun itu pasti akan membawa manfaat yang sangat tidak terbantahkan bagi kehidupan manusia khususnya dalam bidang kesehatan. Begitu pun juga dengan mengonsumsi strawberry, buat kamu yang secara rutin mengonsumsi strawberry, kamu bisa merasakan manfaat yang sangat menguntungkan bagi kesehatanmu. Apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan bagi konsumen strawberry? Simak dengan baik jawabannya di bawah ini:

  1. Menurunkan resiko terkena kanker

Buah yang bernama strawberry ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi tubuh manusia dari resiko penyakit kanker. Meskipun bentuknya terbilang mungil, tapi strawberry juga dipercaya bisa mencegah terjadinya leukemia atau kanker darah yang disebut-sebut termasuk dalam salah satu jenis kanker yang mematikan. Selain dipercaya bisa mencegah terjadinya leukemia, strawberry juga dipercaya bisa menghambat pertumbuhan kanker kulit, payudara, hati, dan prostat.

Hal ini tidak mengherankan, karena kandungan anti oksidan bisa dibilang sangat bermanfaat untuk mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh manusia bahkan bisa sampai melumpuhkan penyakit tersebut.

  1. Mengontrol gula darah

Bagi manusia yang mengonsumsi makanan yang tinggi gula, mereka pasti akan memikirkan kesehatannya yang bisa saja terganggu karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat itu. Penyakit-penyakit yang bisa mengganggu kesehatan manusia pada saat mengonsumsi makanan tinggi gula secara berlebihan antara lainnya adalah obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Namun, berbeda dengan strawberry, meskipun buah ini memiliki rasa manis yang menyegarkan, kamu tetap bisa mengonsumsi buah ini secara rutin, karena strawberry dipercaya dapat memperlambat proses pencernaan glukosa dan mengurangi meningkatnya gula darah serta kadar insulin secara drastis. Maka dari itu strawberry bisa dibilang sangat bermanfaat dalam pencegahan sindrom metabolik dan penyakit diabetes.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah penelitian menemukan bahwa hubungan antara konsumsi buah-buahan beri yang mengandung antioksidan anthocyanins akan meningkatkan fungsi bagi kesehatan jantung manusia, hal ini juga berlaku untuk strawberry. Selain itu, strawberry juga dikatakan dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung.

Selain dapat menurunkan resiko kematian yang diakibatkan penyakit jantung, strawberry juga dipercaya mampu meningkatkan status antioksidan dalam darah, meredakan stress oksidatif dan peradangan, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah yang ada pada tubuh manusia.

  1. Menjaga fungsi dan kesehatan otak

Radikal bebas akan sangat mengancam kesehatan tubuh manusia, karena hal ini dapat menyebabkan penuaan dini, atau bahkan mengancam kondisi kesehatan dan fungsi otak. Namun, dengan mengonsumsi strawberry secara rutin, kamu bisa menjaga fungsi otakmu dengan lebih baik lagi. Sebab, di dalam buah ini terkandung fitonutrien dan vitamin C yang dipercaya dapat menjaga kesehatan otak manusia.

  1. Mengontrol tekanan darah

Karena strawberry mengandung zat besi dan kalium yang dipercaya sangat efektif untuk menekan atau mengatasi tekanan darah tinggi, jadi bisa dibilang bagi manusia yang secara rutin mengonsumsi buah ini dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

  1. Memperkuat daya tahan tubuh

Terpenuhinya kebutuhan vitamin C pada tubuh manusia akan mendukung sistem kerja kekebalan tubuh. Jadi, dengan mengonsumsi strawberry yang mengandung vitamin C tinggi, daya tahan tubuhmu akan tetap selalu terjaga dan lebih kuat sehingga kamu tidak mudah sakit dan lebih mudah untuk pulih dari penyakit yang sedang kamu derita.

  1. Mengurangi resiko terjadinya katarak

Tidak banyak orang tahu tentang strawberry yang dipercaya dapat mengurangi resiko terjadinya katarak pada manusia. Manfaat tersebut didapat dari kandungan vitamin C yang ada pada buah yang berwarna merah ini. Kandungan vitamin C dipercaya mampu melawan radikal bebas sekaligus membentuk kolagen yang merupakan senyawa penyusun struktur kornea mata. Maka dari itu, dengan mengonsumsi strawberry secara rutin, kesehatan matamu pun akan lebih terjaga.

 

Nutrisi atau kandungan yang ada pada strawberry

 

Seperti yang sudah banyak orang tahu, strawberry memiliki nutrisi yang sangat tinggi yang bisa mendatangkan manfaat besar ke dalam tubuh manusia. Nah, disini kita akan menjabarkan kandungan-kandungan yang ada pada strawberry:

  • 32 kalori
  • 90,95 gram air
  • 7,68 gram karbohidrat
  • 0,67 gram protein
  • 0,3 gram lemak total
  • 2 gram serat
  • 4,9 gram gula total

Selain kandungan yang sudah disebutkan di atas, strawberry juga mengandung vitamin dan mineral, yaitu:

  • Mangan, biasanya mineral yang satu ini banyak ditemukan pada gandum utuh, macam-macam polong, buah atau pun sayur.
  • Vitamin B9 atau bisa disebut juga dengan folat, kandungan ini dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan jaringan serta fungsi sel.
  • Kalium, jenis mineral yang satu ini memainkan peran penting dalam tubuh manusia, contohnya mengontrol tekanan darah pada tubuh.
  • Vitamin C, strawberry termasuk salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Mengonsumsi strawberry dipercaya dapat memberikan 94 mg yang setara dengan 1,5 kebutuhan vitamin C seharinya.
  • Antioksidan, strawberry mengandung antioksidan seperti pelargonidin, ellagic acid, ellagitannis, dan procyanidins. Zat antioksidan inilah yang paling memainkan peran penting strawberry untuk menjaga kesehatan manusia.

Selain itu, strawberry juga masih memiliki kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, yakni vitamin B6, vitamin K, vitamin E, mineral zat besi, magnesium, fosfor, dan juga tembaga.

 

Jadi kesimpulannya adalah strawberry tidak hanya menyuguhkan rasa yang enak namun juga nutrisi yang sangat berlimpah. Tunggu apa lagi? Mulai konsumsi buah strawberry untuk menjaga tubuhmu agar tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.