8 Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes Secara Total

by -13 views
8 Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes Secara Total

8 Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes Secara Total

 

Penyakit tipes atau demam tifoid masih mewabah di Indonesia dengan tingkat bahaya yang begitu tinggi. Bahkan lebih dari 2 juta orang terkena penyakit yang satu ini setiap tahunnya. Masalah kesehatan ini seringkali disebabkan oleh sejenis bakteri yang mengkontaminasi makanan dan cairan, bisa pula disebarkan dari satu orang ke orang lain.

Dikarenakan disebabkan oleh bakteri, maka dokter biasanya akan meresepkan antibiotik atau penisilin yang berguna untuk menghentikan pertumbuhan atau membunuh bakteri yang menjadi penyebabnya.

Tetapi pada kasus yang lebih parah, biasanya kita harus dirawat di rumah sakit dan menjalani terapi interavena (diinfus) dan terapi oral rehidrasi.

Lantas bagaimana cara untuk menyembuhkannya secara total setelah berobat atau pulang dari rumah sakit?

Tentunya ada beberapa hal yang harus kamu lakukan di rumah untuk mendukung tingkat kesembuhan menjadi lebih efektif. Adapun cara menyembuhkan penyakit tipes secara total sudah kami paparkan di bawah ini secara lengkap.

  1. Dapatkan Cairan yang Cukup

Salah satu bahaya yang dibawa oleh penyakit tipes adalah munculnya dehidrasi akibat banyaknya kehilangan cairan melalui keringat ataupun diare. Dehidrasi yang tidak segera dicegah atau diatasi maka bisa menjadi begitu fatal.

Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menyembuhkan penyakit tipes adalah dengan meningkatkan asupan cairan dalam tubuh dengan rajin minum air secukupnya. Jangan lupa juga menambahkan mineral elektrolit agar kadar cairan dalam tubuh tetap seimbang.

Caranya, kamu bisa menambahkan gula atau garam tertentu ke dalam air putih untuk diminum, misalnya kalium dan natrium demi menggantikan mineral yang telah hilang di dalam tubuh.

Jangan lupa juga untuk mendidihkan air selama 1 menit sebelum diminum, agar terhindar dari bakteri lainnya yang bisa memicu gejala tambahan.

  1. Buah Delima

Sembari mengonsumsi obat pahit yang telah diresepkan oleh dokter, untungnya kamu masih bisa mengemil buah-buahan segar yang jauh lebih enak rasanya, salah satunya adalah buah delima.

Terdapat setidaknya 3 jenis antioksidan dalam buah menyehatkan yang satu ini, yaitu tanin, antosianin, dan asam ellagic. Antioksidan sendiri termasuk ke dalam nutrisi penting untuk menjaga sel-sel dalam tubuh kita tetap sehat dengan cara melawan infeksi, meminimalkan peradangan, dan mencegah kerusakan organ lebih jauh lagi.

Bahkan buah delima sangatlah disarankan ketika kita menderita demam (termasuk tipes) karena makanan ini dikemas dengan sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Terdapat sebuah nutrisi yang disebut sebagai flavonoid yang mampu membantu memerangi virus dan mengurangi durasi pilek hingga sebanyak 40%.

  1. Gunakan Kompresan Hangat

Jika orang tua dulu kita seringkali menempelkan kompresan hangat atau dingin di salah satu area tubuh saat kita terkena demam, maka cara ini pun masih bisa dilakukan di pengobatan modern sebagai upaya dalam menyembuhkan penyakit tipes secara total.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitias Airlangga bahkan telah membuktikkan bahwa kompresan hangat yang basah sangatlah efektif dalam menurunkan suhu tubuh pada pasien demam yang didiagnosis terkena demam tifoid.

  1. Minum Rebusan Air Cengkeh

Cengkeh memang seringkali memiliki pandangan negatif karena perannya sebagai bahan utama dari rokok. Padahal jika bukan diolah menjadi batang pembunuh tersebut, tanaman cengkeh masih bisa memberikan sejumlah manfaat terhadap penyakit tipes kamu yang tak kalah ampuhnya dengan ketiga cara di atas.

Tanaman cengkeh dapat melawan bakteri penyebab tipes secara langsung. Selain itu, ia pun bisa mengurangi gejala yang ditimbulkannya seperti perasaan mual dan muntah.

Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan cengkeh ke dalam air mendidih dan membiarkannya selama beberapa menit. Kemudian saring dan minum airnya sebanyak 2 gelas per hari.

  1. Makan Cuka Sari Apel

Sifat asam dari dalam cuka sari apel sangatlah bagus bagi pengobatan rumahan dalam menyembuhkan penyakit tipes secara total. Cuka juga telah dikenal akan kemampuannya dalam menurunkan demam tinggi karena bersifat mengeluarkan panas dari dalam tubuh.

Kamu juga tentunya akan mendapatkan berbagai macam mineral penting dalam cuka sari apel yang bertindak sebagai elektrolit alami dalam tubuh, sehingga bisa mengatasi dehidrasi dari dalam dengan cara menyeimbangkan cairan yang kamu dapatkan melalui air minum.

  1. Makan Buah Pisang

Selain buah delima, buah pisang juga bisa menjadi salah satu makanan terlezat yang harus kamu dapatkan untuk mengobati demam tifoid yang membandel.

Buah ini bisa memasok kebutuhan kalori, mineral, dan vitamin yang tubuh kamu butuhkan saat melawan bakteri penyebab munculnya penyakit tipes. Sebagai bonusnya, buah pisang cenderung lebih mudah dicerna.

Pada dasarnya, para penderita penyakit tipes memang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang padat kalori termasuk buah pisang, kentang rebus, nasi, pasta, dan roti putih. Makanan-makanan ini nantinya akan memberikan kekuatan dan energi setelah masuk ke dalam tubuh kita.

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi yang juga telah ditemukan dalam pengobatan Ayurveda, cukup umum digunakan sebagai obat rumahan dalam menyembuhkan penyakit tipes secara total. Kemampuannya tersebut datang dari sifatnya dalam melawan peradangan dan nyeri sendi, serta dilengkapi dengan sifat anti-bakteri ampuh.

Daun kemangi bisa kamu konsumsi dengan cara direbus ke dalam air panas dan dicampur dengan satu sendok makan madu agar memberikan cita rasa yang lebih ramah di mulut.

  1. Bawang Putih

Sifat antimikroba yang terdapat dalam bawang putih juga mampu membantu melawan bakteri tipes yang tengah menyerang, ditambah dengan kadar antioksidan yang dimilikinya bisa mempercepat pemulihan tubuh kamu dari penyakit berbahaya yang satu ini.

Makanlah dua siung bawang putih sebelum makan di pagi hari, agar bisa meningkatkan sistem kekebalan dan mendetoksifikasi tubuh di saat yang bersamaan. Tetapi perlu dicatat bahwa cara ini tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil dan anak-anak.

Penyakit tipes sendiri memang bisa begitu berbahaya, tetapi untungnya masih bisa disembuhkan dengan cara-cara tertentu. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi antibiotik yang diberikan oleh dokter demi membunuh bakteri Salmonella yang menjadi penyebabnya.

Jika tidak diobati dan tidak mendapatkan antibiotik, maka kemungkinan meninggal akibat demam tifoid bisa mencapai hingga 20%. Kematian ini terjadi akibat adanya infeksi yang parah, pneumonia, pendarahan di usus, atau bahkan perforasi usus.

Tingkat kesembuhan tentunya tergantung dari seberapa banyak bakteri yang bersarang di tubuh kamu saat ini. Rata-rata orang akan sembuh antara 7 hingga 14 hari setelah pengobatan. Tetapi jika tidak mendapatkan perawatan yang layak, penyakit bisa berlangsung antara 3 hingga 4 minggu, atau bahkan lebih lama.

Jadi, mengandalkan obat rumahan saja tidak bisa menyembuhkan kamu dari penyakit tipes secara total. Kamu harus tetap mendapatkan perawatan dari para dokter, yang kemudian baru bisa didukung dengan kedelapan cara di atas.

Hal ini karena bakteri penyebab tipes bisa mempengaruhi lebih dari satu organ. Setelah mencapai aliran darah, maka bakteri cenderung menyerang saluran pencernaan termasuk hati, limpa, dan otot. Kondisi ini tentunya sangatlah mengancam jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.