8 Cara Menghitamkan Rambut yang Ampuh dan Alami

by -16 views
Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Memiliki rambut yang hitam dan lebat merupakan salah satu kelebihan tersendiri bagi seseorang, baik itu wanita maupun pria. Karena kebanyakan rambut yang hitam selalu dianggap lebih sehat dibandingkan rambut yang biasa-biasa saja. Alhasil, berbagai cara pun di lakukan untuk bisa mendapatkan rambut yang hitam. Padahal, sebenarnya tidaklah semua cara baik dilakukan. Terlebih jika kita menggunakan berbagai macam bahan kimia untuk menghitamkan rambut. Residu dari bahan kimia yang tersisa pada rambut akan membuat rambut menipis dan kesehatannya menurun meski warnanya tetap saja hitam.

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Dibandingkan menggunakan bahan-bahan kimia, akan jauh lebih baik jika kita menghitamkan rambut dengan menggunakan bahan-bahan yang alami saja. Selain aman, juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sajian informasi tentang cara menghitamkan rambut secara alami. Berkut ini adalah sajian lengkapnya.

1. Lidah Buaya

cara menghitamkan rambut dengan lidah buayaLidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang sejak dulu sudah di kenal sangat kaya akan manfaat, terutama bagi kesehatan dan kecantikan rambut kita. Jadi, sudah bukan rahasia lagi jika lidah buaya bisa kita manfaatkan untuk menghitamkan rambut secara alami.

Tanaman dengan nama latin Alloe Vera Linn kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi rambut kita seperti vitamin E, aleonin, aleosin, dan juga damar. Kandungan nutrisi ini lah yang dapat kita manfaatkan untuk menghitamkan rambut. Cara menghitamkan rambut dengan menggunakan daun lidah buaya pun terbilang sangat mudah.

Caranya:
Pertama, kita siapkan dulu beberapa helai lidah buaya yang masih segar.
Kemudian kita belah dan ambil bagian gelnya.
Setelah itu oleskan gel lidah buaya ini ke seluruh bagian rambut kita.
Diamkan selama sekitar sepuluh sampai dua puluh menit dan
Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

2. Minyak Kemiri

Kemiri merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyedapkan makanan. Namun, selain bisa digunakan untuk menyedapkan makanan, ternyata minyak kemiri juga dapat kita manfaatkan untuk menghitamkan rambut, terutama bagian minyaknya.

Di dalam minyak kemiri terdapat kandungan gliserida, asam linoleat, palmitat, miristat, vitamin B1 juga nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat bagi rambut kita. Cara menghitamkan rambut dengan menggunakan minyak kemiri pun terbilang sangat mudah.

Caranya yaitu:
Cukup oleskan minyak kemiri ke seluruh bagian rambut,
Kemudian kita diamkan selama sekitar sepuluh sampai dua puluh menit.
Setelah itu kita bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Sisa Air Teh

Cara menghitamkan rambut secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan sisa air teh. Terdengar aneh memang, namun di dalam sisa air teh terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik bagi rambut kita seperti senyawa zinc, vitamin, kalsium, dan juga beragam mineral lainnya. Cara menghitamkan rambut dengan menggunakan sisa air teh pun terbilang sangat mudah.

Caranya:
Pertama, kita buat satu gelas teh tanpa gula lalu kita diamkan selama semalam.
Saat pagi hari tiba, kita basuhkan air teh ini keseluruh bagian rambut kita.
Setelah itu kita diamkan selama sekitar sepuluh hingga dua puluh menit.
Setelah kandungan sisa air teh sudah meresap secara menyeluruh, kita bilas rambut kita dengan menggukanan air bersih.

4. Biji Pepaya

cara menghitamkan rambut dengan biji pepaya

Cara selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk menghitamkan rambut secara alami adalah dengan menggunakan pepaya, terutama bagian bijinya. Pada biji pepaya terdapat kandungan nutrisi yang sangat baik bagi rambut seperti asam oleat, asam palmiat, asam linoleat, asam stearat, fenol, alkaloid, saponin, dan juga yang lainnya. Kandungan nutrisi tersebut sangat efektif untuk menghitamkan rambut secara alami. Cara menghitamkan rambut dengan menggunakan biji pepaya pun terbilang cukup mudah.Caranya:
Pertama kita siapakan dulu beberapa biji pepaya,
Kemudian kita sangrai tanpa menggunakan minyak hingga kering.
Setelah itu kita haluskan biji pepaya dengan menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk
Campurkan minyak kelapa ke dalam halusan biji pepaya.
Setelah itu oleskan campuran bahan tersebut ke bagian rambut kita secara menyeluruh.
Saat mengoleskan usahakan agar tangan kita bisa ikut memijat rambut.
Setelah sekitar sepuluh sampai dua puluh menit
Bilas rambut dengan menggunakan air bersih.

5. Minyak Cenceman

Salah satu cara yang cukup efektif untuk bisa menghitamkan rambut secara alami adalah dengan menggunakan minyak cenceman. Minyak cenceman ini adalah minyak kelapa murni yang dibuat sendiri di tim (direbus) dengan bahan-bahan penyubur rambut lain seperti daun pandan yang sudah dikeringkan, daun mangkokan, biji klabet, dan juga kayu manis atau kulit manis.
Cara menghitamkan rambut dengan menggunakan minyak cenceman ini pun terbilang sangat mudah. Cukup kita gunakan minyak cenceman ini sebagai pengganti minyak rambut saat kita sudah selesai mandi.

6. Daun Kembang Sepat

cara menghitamkan rambut dengan daun bunga sepatu
Selain dengan menggunakan berbagai macam bahan diatas, kita juga bisa menghitamkan rambut secara alami dengan menggunakan daun kembang sepatu. Daun dari tanaman yang tergolong tanaman perdu ini kaya akan kandungan mineral alami seperti zat besi, kalsium, kalium, dan juga yang lainnya. Kandungan kalsium ini lah yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan pigmen rambut secara alami. Cara menghitamkan rambut dengan menggunakan daun kembang sepatu ini terbilang sangat mudah.

Caranya:
Pertama kita ambil beberapa daun kembang sepatu yang masih segar,
Kemudian kita cuci bersih dan setelah itu kita remas hingga mengeluarkan semacam gel.
Kemudian kita oleskan remasan daun tadi secara merata keseluruh bagian rambut.
Diamkan selama sekitar sepuluh sampai dua puluh menit
Lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

7. Daun Rosemary

Rosemary herb flowering in spring

Cara selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk bisa menghitamkan rambut secara alami adalah dengan menggunakan daun rosemary. Di dalam daun rosemary terdapat banyak kandunan nutrisi yang baik bagi rambut kita seperti mineral, vitamin, dan juga yang lainnya. Cara yang perlu kita lakukan untuk bisa menghitamkan rambut dengan menggunakan daun rosemary pun terbilang cukup mudah.

Caranya yaitu:
Pertama kita siapkan dulu beberapa daun rosemary yang masih segar.
Kemudian kita cuci berih lalu kita remas daun tersebut hingga hancur dan berbentuk kecil-kecil.
Setelah itu kita rebus daun tersebut dengan menggunakan air satu gelas hingga mendidih.
Tunggu hingga dingin lalu kita saring air rebusan tadi.
Setelah dingin kita oleskan air rebusan daun rosemary tersebut kebagian rambut secara menyeluruh sambil dipijat selama sekitar sepuluh menit.
Setelah itu kita bilas rambut kita dengan menggunakan air bersih atau bisa juga dengan menggunakan shampo.

8. Londo Merang

Cara menghitamkan rambut secara alami berikutnya yang dapat kita coba adalah dengan menggunakan Londo Merang. Londo Merang (bahasa Jawa) sendiri ialah tangkai padi yang dibakar lalu abunya dicampur dengan air kemudian airnya disaring dengan menggunakan kain. Dan hasil saringan ini lah yang disebut dengan londo merang.

Untuk bisa menghitamkan rambut secara alami dengan menggunakan Londo merang pun tidaklah terlalu sulit. Kita cukup menggunakannya seperti saat kita menggunakan shampoo saja. Selain dapat menghitamkan rambut, londo merang ini juga dapat kita manfaatkan untuk membasmi ketombe dan menguatkan rambut agar tidak mudah rontok.

Demikian tadi sajian informasi tentang cara menghitamkan rambut secara alami yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Selain dengan cara-cara di atas, sebenarnya masih ada juga beberapa cara lain yang dapat kita gunakan untuk bisa menghitamkan rambut secara alami seperti dengan menggunakan minyak zaitun dan yang lainnya. Kami berharap sajian informasi kali ini dapat berguna bagi kita semua. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published.