15 Cara Menghilangkan Kapalan Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

by -13 views
cara menghilangkan kapalan

Cara menghilangkan kapalan

Istilah kapalan sudah cukup familiar di masyarakat. Kapalan adalah penebalan lapisan kulit sebagai respon pertahanan kulit terhadap gesekan atau tekanan secara terus menerus. Kapalan biasa terjadi di telapak tangan atau telapak kaki dimana sering digunakan untuk bersentuhan dengan benda-benda dan mengakibatkan tekanan.

Kapalan ditunjukkan dengan kulit yang mengeras dan sedikit menonjol memiliki batas yang tegas. Kapalan terkadang terasa gatal dan mengganggu dengan warna yang lebih putih dibandingkan kulit disekitarnya. Dalam dunia medis kapalan disebut juga dengan ‘callus’. Kapalan bukanlah hal yang berbahaya dan perlu dihilangkan pada orang sehat. Pada orang yang menderita diabetes, kondisi kapalan mungkin dapat menimbulkan masalah. Kapalan pada orang diabetes menyebabkan aliran darah terhambat di daerah tertentu di sekitar kapalan. Aliran darah yang kurang lancar dapat membentuk luka yang sulit di sembuhkan.

Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami
Pada orang sehat, kapalan akan menipis dan hilang dengan sendirinya seiring waktu. Namun jika kapalan terjadi sangat luas dan mengganggu aktivitas Anda, beberapa cara menghilangkan kapalan sebagai berikut:

Ikuti langkah langkah berikut ini untuk mengatasi kapalan di tangan dan kaki.

Rendam kaki dengan air hangat kurang lebih 20 menit.
Setelah itu gosok kulit yang kapalan dengan menggunakan batu apung perlahan lahan.
Lakukan hal tersebut setiap hari sampai kapalan menipis atau mengelupas dengan sendirinya.
Beberapa bahan-bahan berikut ini membantu menghilangkan kapalan dengan aman. Tips-tips berikut dianjurkan untuk orang sehat dan untuk penderita diabetes dianjurkan untuk berkonsultasi dengan Dokter terlebih dahulu dalam perawatan kulit yang kapalan. Jangan menggunting kapalan sendiri karena dapat menyebabkan infeksi. Gunting yang tidak steril dapat menyebabkan infeksi pada area kapalan yang terbuka dan malah membentuk luka baru dan bisa meluas. Berikut ini cara-cara menghilangkan kapalan dengan bahan-bahan alami lainnya:

1. Baking soda

cara menghilangkan kapalan dengan baking soda

Cara menghilangkan kapalan dengan baking soda terdapat dua cara yaitu dengan perendaman atau menggunakan bentuk pasta.

Cara pertamanya:
Langkah pertama yaitu sediakan baskom berisi air hangat
Lalu masukkan 2-3 sendok makan baking soda, dan aduk.
Rendam tangan atau kaki ke dalamnya kira kira 30 menit. Kapalan akan melunak dan mudah lepas.
Cara kedua:
Membuat pasta dari baking soda yaitu dengan mencampurkan 1-2 sendok makan air dengan 2-3 sendok makan baking soda.
Lalu aduk hingga membentuk pasta kental.
Oleskan pasta ke daerah kapalan dan biarkan beberapa saat agar terserap.
Bilaslah sesudahnya.
Cara ini mungkin lebih efisien dari pada cara pertama karena Anda bisa langsung melakukan aktivitas lainnya.

2. Cuka dan bawang putih

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka dan bawang putih.

Caranya yaitu:
Tumbuklah bawang putih secukupnya lalu masukkan cuka secukupnya dan aduk.
Kemudian hasil campuran cuka dan bawang yang sudah dihaluskan tadi dijemur di bawah sinar matahari sampai cukup mengering.
Gunakan bahan tersebut dengan cara tempelkan pada area kapalan sebelum tidur dan bilas esok paginya.
Lakukan setiap hari sampai menunjukkan perubahan pada area kapalan.
Cuka memberikan efek melunakkan jaringan kapalan dan bawang putih mempunyai efek antiseptic.

3. Kulit lemon

cara menghilangkan kapalan kulit buah lemon

Gunakan kulit lemon dan tempelkan kulit lemon bagian dalam ke daerah kapalan. Lalu plester agar kulit lemon tidak terlepas. Lakukan hal demikian setiap hari. Lakukan pada malam hari sebelum tidur dan lepas keesokan harinya. Kulit lemon akan membuat kulit kapalan menjadi lebih lunak dan mudah terkelupas dengan sendirinya.

4. Kulit nanas

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan kulit nanas. Kulit nanas memberikan efek melembabkan dan melunakkan kulit kapalan yang keras sehingga mudah dikelupas tanpa menimbulkan luka atau rasa perih.

Caranya:
Pertama-tama rendamlah kaki atau tangan Anda ke dalam baskon berisi air hangat selama 15 – 30 menit.
Lalu tempelkan kulit nanas bagian dalam ke area kapalan lalu plester.
Lakukan setiap hari dengan penggantian kulit nanas tiap harinya.

5. Kopi dan minyak zaitun

Minyak zaitu sudah dikenal dalam hal perawatan kulit karena kemampuannya untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Namun ternyata minyak zaitun juga bisa menghilangkan kapalan. Minyak zaitu yang dicampur dengan kopi digunakan untuk menghilangkan kapalan. Mungkin kopi kurang familiar dalam hal perawatan kulit. Di sini kopi memberikan peran sebagai scrub. Butiran-butiran halus dari serbuk kopi digunakan sebagai scrub.

Caranya adalah:
Campurkan minyak zaitu dan bubuk kopi secukupnya lalu aduk hingga tercampur rata.
Kemudian oleskan bahan tersebut di daerah kulit kapalan dan gosok-gosok halus daerah tersebut.
Minyak zaitun memberikan manfaat melembabkan kulit dan scrub kopi membantu menghaluskan kulit serta mengikis kapalan sehingga lebih cepat hilang.
Demikian cara menghilangkan kapalan dengan berbagai macam bahan yang mudah didapatkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang kapalan adalah hindari menggunting atau mengelupas dengan paksa area kapalan karena akan menimbulkan luka, yang bisa berakibat infeksi. Apalagi pada orang dengan penyakit diabetes dimana penyembuhan luka berangsur lambat. Bagi penderita diabetes, dianjurkan untuk menangani kapalan atau callus ke tenaga medis. Pada orang dengan diabetes kapalan yang tidak diatasi dapat menyebabkan luka, begitu pula jika penanganannya salah dan tidak steril juga akan menimbulkan luka, sehingga konsultasi medis sangat diperlukan dalam kondisi ini.

Pada dunia medis beberapa cara dilakukan untuk menghilangkan kapalan. Pada kapalan minor atau dengan luas yang kecil dan kedalaman yang rendah, cukup diberikan krim pelunak jaringan kulit saja. Namun pada kapalan yang sangat luas dan dalam sampai menimbulkan kerusakan jaringan sekitar seperti kemerahan, nyeri, dan muncul tanda-tanda infeksi, tindakan operasi kecil mungkin dilakukan untuk mengambil jaringan callus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.