10 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan, lebih baik dari gula putih

by -26 views
manfaat gula aren

 

Manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh telah banyak diakui di dunia kesehatan. Gula aren dipercaya memiliki keunggulan lebih banyak dari gula putih. Gula aren diproses dengan proses yang singkat dan tanpa bahan kimia sehingga menghasilkan gula yang manis dan sehat.

Gula aren berasal dari nira, yaitu cairan yang keluar dari batang pohon aren. Gula aren tersedia dalam bentuk cair, serbuk, maupun batangan. Gula aren memiliki rasa karamel dan manis yang khas.

Untuk siap dikonsumsi gula aren melewati proses pemasakan nira. Nira akan dimasak sampai kadar air berkurang dan berubah warna menjadi kecoklatan.

Untuk gula aren cair, cairan nira yang telah berkurang kadar airnya, bisa langsung diproduksi dan dikonsumsi. Untuk gula aren batangan, nira yang telah menjadi gula aren cair akan dimasukkan ke dalam cetakan lalu didiamkan hingga mengeras sehingga memiliki bentuk batangan.

Sedangkan, untuk gula aren serbuk atau bisa juga disebut gula semut diproses dengan cara memasak nira dengan waktu yang cukup lama. Larutan nira yang telah mengental terus diaduk hingga menjadi serbuk.

Rasa gula aren yang khas dan menyehatkan, membuat para penderita penyakit kronis, seperti diabetes, menggunakan gula aren sebagai pemberi rasa manis di makanan dan minuman mereka. Gula aren memiliki kandungan vitamin dan mineral sehingga memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat dari gula aren yang berkhasiat bagi kesehatan.

 

Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

 

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Gula aren memiliki zat antioksidan yang tinggi. Zat antioksidan berfungsi mencegah terjadinya peradangan dan infeksi yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Gula aren juga memiliki manfaat sebagai penambah energi, sehingga dapat mengurangi kelelahan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

 

  1. Efek Antiseptik

Gula aren punya sifat anti-mikroba juga anti peradangan. Dua sifat pada gula aren tersebut bermanfaat untuk menghambat infeksi pada tubuh. Gula aren dapat mencegah terjadinya penyakit peradangan seperti sariawan pada bibir maupun gusi.

Dengan sifat anti peradangannya, gula aren juga dapat menyembuhkan infeksi pada alergi kulit maupun pencernaan.

 

  1. Menghangatkan Tubuh

Gula aren dapat menghangatkan tubuh dari cuaca dingin. Gula aren dapat dicampurkan dengan minuman hangat. Meminum gula aren yang dicampurkan dengan wedang dapat menstabilkan suhu tubuh.

 

 

  1. Meredakan Demam dan Flu

Khasiat Gula Aren untuk mengurangi peradangan dikombinasi dengan khasiatnya dalam menghangatkan tubuh, menjadikan gula aren juga bermanfaat untuk meredakan demam dan flu. Mengonsumsi minuman hangat seperti wedang jahe yang dicampur dengan gula aren, mampu membantu meredakan peradangan pada demam dan flu.

 

  1. Mencegah Obesitas

Gula aren memiliki kalori yang rendah dari pada yang dimiliki gula putih. Oleh karena itu, mengonsumsi gula aren bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menghindari obesitas. Satu sendok teh gula aren yang setara dengan 4 gram mengandung 15 kalori, sedangkan gula putih dengan takaran yang sama memiliki 16,3 kalori.

Dengan kalorinya yang rendah, gula aren secara efektif dapat menurunkan berat badan. Gula aren dapat menjadi alternatif pemanis makanan dan minuman bagi orang yang sedang melakukan diet. Akan tetapi, penggunaannya juga harus tetap dibatasi, agar hasil dari diet menjadi maksimal.

 

  1. Melancarkan pencernaan

Gula aren juga memiliki peran dalam sistem pencernaan. Gula aren memiliki khasiat untuk melancarkan sistem pencernaan. Gula aren mampu meningkatkan fungsi sistem pencernaan pada organ lambung.

Serat dalam kandungan gula aren yang berfungsi melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan inulin juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Inulin merupakan serat prebiotic yang sudah mengalami fermentasi. Serat ini bermanfaat bagi bakteri di usus.

 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat dari mengonsumsi gula aren bagi kesehatan kulit adalah mencegah penuaan dini. Gula aren mengandung antioksidan dan vitamin B yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, noda hitam, dan garis halus.

Gula aren juga mampu melindungi kulit dari masalah komedo dan kulit berjerawat. Kulit menjadi lembab dan halus dengan mengonsumsi gula aren. Semua manfaat dari kebaikan gula aren akan membuat kulit menjadi bersih dan awet muda.

 

  1. Mengatasi Kram Saat Menstruasi

Zat besi dan kalium lebih banyak ditemukan dalam kandungan gula aren dibandingkan gula putih. Kandungan ini mampu mengatasi kram pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Mengonsumsi gula aren yang kaya akan kandungan kalium dapat melancarkan haid dan meredakan nyeri haid. Zat besi pada gula aren membantu memulihkan energi dari rasa lemas saat menstruasi.

 

 

 

  1. Mengatasi Anemia

Zat Besi yang cukup banyak terdapat dalam kandungan gula aren memiliki manfaat untuk mengatasi anemia. Anemia adalah penyakit akibat kekurangan sel darah merah.

Zat besi merupakan zat penting yang berperan dalam memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh aliran darah. Mengonsumsi gula aren dapat menambah zat besi dalam darah sehingga gejala anemia seperti lelah dan pusing mampu diatasi.

 

  1. Aman Untuk Penderita Diabetes

Gula aren adalah gula yang aman untuk penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, kandungan gula dapat memperparah penyakit diabetes karena kandungan glukosa dari gula akan menumpuk dalam darah.

Gula aren memiliki serat makanan yang bernama inulin. Serat ini mampu menjaga kadar gula dalam darah. Gula aren juga memiliki sedikit fruktosa, sehingga kadar triglyceride dalam tubuh menjadi rendah.

Gula Aren Pada Sajian Sehat

Penderita diabetes sudah terbiasa mengonsumsi gula aren sebagai pengganti gula pasir. Gula aren dapat ditambahkan ke berbagai macam makanan untuk menjadi makanan sehat.

Gula aren dapat dicampurkan ke dalam minuman hangat seperti teh, wedang jahe, maupun kopi.

Saat ini sedang hits mencampurkan gula aren dengan kopi dan susu. Minuman ini dikenal sebagai brown sugar coffee. Kopi yang dicampur dengan gula aren memiliki aroma yang khas dan lebih harum. Hal ini menjadi daya tarik bagi pecinta kopi.

Gula aren juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Biasanya gula aren digunakan sebagai bahan baku resep kue dan sajian penutup. Salah satunya gula aren digunakan sebagai bahan pelengkap pada sajian bubur sumsum.

Gula aren juga menjadi bahan baku pembuatan beberapa kue tradisional seperti klepon, kue rangi, dan kue lupis. Rasa manis pada gula aren sangat cocok untuk memberikan cita rasa khas pada kue tradisional.

 

Manfaat dari kandungan gula aren bagi kesehatan telah teruji secara klinis. Telah banyak laboratorium kesehatan yang telah menguji khasiat dari gula aren. Dalam penelitian di beberapa laboratorium kesehatan, gula aren memiliki bermacam-macam nutrisi, antara lain, zink, zat besi, serat inulin, dan magnesium.

Meskipun manfaat gula aren bagi kesehatan sangat baik dan sudah terbukti, akan tetapi jumlah konsumsi gula aren juga harus dibatasi. Konsumsi gula aren per hari tidak lebih dari 5 sampai 10 persen kalori harian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.