Voiding Cystourethrography

by -8 views

Voiding Cystourethrography

Voiding Cystourethrography
Voiding Cystourethrography
Sumber gambar :

Definisi

Tes dengan sinar-X ini untuk memeriksa kandung kemih dan uretra setelah penyuntikan cairan kontras khusus melalui kateter pada kandung kemih. Cairan kontras berisi sifat-sifat khusus yang dapat dilihat melalui sinar-X yang diambil pada orang dalam berbagai posisi. Sinar-X juga diambil pada akhir tes. Selama urinasi.

Mengapa tes voiding cystourethrography dilakukan?

Voiding cystourethrography dapat dilakukan karena beberapa hal berikut ini

  1. Untuk mendeteksi abnormalitas yang pasti dari kandung kemih dan uretra, seperti vesicoureteral reflux, sakit kandung kemih dan prostate yang membesar atau diverticula.
  2. Untuk mengetahui serangan infeksi urine
  3. Untuk mengetahui kelainan bawaan sitem urine yang rendah, kekosongan kandung kemih, kehilangan control urinasi.
  4. Untuk mengevaluasi pembesaran prostate, penyempitan uretra, dan tingkatan kerusakan urine pada pria dari uretra yang menyempit.

Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum tes voiding cystourethrography?

  1. Anda akan mempelajari tes voiding cystourethrography, termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes (sekitar 30 sampai 45 menit).
  2. Katakan pada dokter atau perawat jika Anda mengalami gangguan penggumpalan darah. Juga perhatikan jika Anda alergi terhadap kerang-kerangan (seperti kerang atau udang), yodium, atau cairan kontras pada pemeriksaan medis lainnya.
  3. Anda tidak perlu berpuasa.
  4. Anda perlu menandatangani surat yang menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan tes . Pastikan untuk membaca surat ini dengan hati-hati dan tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama voiding cystourethrography?

  1. Anda berdiri membelakangi meja pemeriksaan, dan kateter dimasukkan ke dalam kandung kemih.
  2. Dokter memasukkan cairan melalui kateter hingga memenuhi kandung kemih. Anda mungkin akan merasakan urine penuh dan kebelet, dokter akan mendiamkan kateter dan mengambil sinar-X begitu Anda mengganti posisi.
  3. Sesudah dokter memindahkan kateter, Anda mengganti posisi lagi dan membuang air seni. Selama melakukan urinasi, dokter mengambuil empat sinar-X dengan kecepatan tinggi dari kandung kemih dan uretra.

Apa yang terjadi setelah tes voiding cystourethrography?

  1. Minum banyak cairan untuk mengurangi rasa terbakar pada saat buang air kecil dan untuk membilas agar cairan kontras yang masih tersisa bisa keluar. Perawat akan memeriksa waktu, warna, dan volume urine Anda.
  2. Katakan pda perawat jika Anda merasa panas atau menggigil.

Apakah tes voiding cystourethrography berisiko?

  1. Tes voiding cystourethrography tidak boleh dilakukan jika penderita mempunyai infeksi pada uretra atau kandung kemih yang parah, atau terjadi trauma uretra yang berat.
  2. Pria harus menggunakan pelindung di atas testisnya untuk mencegah pemaparan terhadap radiasi selama tes. Sayangnya indung telur pada wanita tidak dapat dilindungi tanpa menutupi kandung kemih.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Struktur dan fungsi kandung kemih serta uretra tidak normal. Tidak boleh terjadi regurgitasi cairan kontras ke ureter.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Tes voiding cystourethrography bisa menunjukkan striktur uretra, divertikula uretra atau vesikal, ureterokel, pembesaran prostate, reflux vesikoureteral, atau gangguan saraf kandung kemih. Derajat keparahan dan loksi ini kemudian dievaluasi utnuk menentukan apakah diperlukan pembedahan.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.