Vestibulitis Hidung

by -4 views

Vestibulitis Hidung

Vestibulitis Hidung
Vestibulitis Hidung
Sumber gambar : http://www.sciencephoto.com

Definisi

Vestibulitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada jaringan di sekitar lubang hidung bagian depan.

PENYEBAB

Vestibulitis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya oleh bakteri Staphylococcus. Infeksi bisa terjadi akibat kebiasaan mengorek hidung atau menghembuskan nafas lewat hidung yang berlebihan sehingga menimbulkan iritasi pada hidung.

Gejala

Vestibulitis dapat berupa infeksi pada pangkal akar rambut (folikulitis) atau keropeng di sekitar lubang hidung. Infeksi yang lebih berat bisa menyebabkan terjadinya bisul atau furunkel. Infeksi juga bisa menyebar ke lapisan jaringan di bawah kulit (selulitis), bahkan adakalanya bisa sampai mengenai pembuluh darah otak dan menyebabkan keadaan yang mengancam nyawa, karena bisa terjadi sumbatan pada pembuluh darah otak (trombosis sinus kavernosus) dan penyebaran infeksi ke otak.

Gejala-gejala yang dapat ditemukan antara lain adanya rasa nyeri, kemerahan, atau benjolan pada lubang hidung bagian depan. Jika infeksi menyebar, maka kulit bisa menjadi sangat merah, membengkak, dan panas. Infeksi yang mengenai sinus kavernosus bisa menyebabkan pembengkakan atau penonjolan mata, penglihatan ganda, atau penurunan penglihatan.

Diagnosa

Diagnosa vestibulitis didasarkan dari gejala-gejala yang ada dan hasil pemeriksaan fisik.

Pengobatan

Orang-orang dengan vestibulitis hidung biasanya perlu mendapatkan antibiotik minum dan juga salep (misalnya Bacitracin atau Mupirocin). Pada bisul yang besar mungkin perlu dilakukan tindakan pembedahan untuk mengeluarkan isinya.

Referensi

– F, Marvin P. J, Michael. Nasal Vestibulitis. Merck Manual Home Health Handbook. 2008.

http://www.merckmanuals.com/home/ear_nose_and_throat_disorders/nose_sinus_and_

taste_disorders/nasal_vestibulitis.html

– WebMedicine. Nasal Vestibulitis. http://www.webmedicine.ca/diagnosis/get_reference-53587.php

Leave a Reply

Your email address will not be published.