Venogram Pada Ginjal

by -7 views

Venogram Pada Ginjal

Venogram Pada Ginjal
Venogram Pada Ginjal
Sumber gambar :

Definisi

Venogram pada ginjal adalah pemeriksaan dengan sinar-X yang relative sederhana pada vena-vena besar pada ginjal dan cabang-cabangnya. Pada Venogram pada ginjal ini, dokter menginjeksikan cairan kontras khusus melalui kateter yang dipasang pada pembuluh darah di daerah selangkangan. Cairan kontras ini mempunyai sifat yang dapat menyebabkan cairan tersebut akan tampak dalam sinar-X, yang dilakukan pada saat cairan kontras ini mencapai vena-vena ginjal.

Mengapa tes Venogram pada ginjal dilakukan?

Venogram pada ginjal mungkin dilakukan karena beberapa alasan berikut ini :

  1. Untuk memungkinkan pemeriksaan dengan sinar-X terhadap vena-vena ginjal.
  2. Untuk mendeteksi trombosis vena-vena ginjal.
  3. Untuk mengevaluasi kompresi vena ginjal karena tumor atau fibrosis retroperitoneal.
  4. Untuk menentukan penyakit ginjal dan aneurisma karena adanya rekanan oleh masa yang menempel.
  5. Untuk mendeteksi kelainan dan kecacatan pada vena ginjal.
  6. Untuk membedakan agenesis ginjal (tidak terbentuk ginjal) dari ginjal yang ukurannya kecil.
  7. Untuk mengambil sample darah dari ginjal untuk memeriksa hipertensi renovaskular.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes Venogram pada ginjal?

  1. Anda mempelajari Venogram pada ginjal, termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes (sekitar 1 jam). Pada saat tes akan dipasang kateter di vena di daerah selangkangan setelah Anda mendapat obat tidur dan anestesi lokal.
  2. Anda akan merasa sedikit tidak nyaman pada saat disuntik anestesi local dan dalam waktu sementara akan merasa terbakar dan hangat serta rasa logam pada mulut ketika disuntik dengan cairan kontras. Selama tes Venogram pada ginjal mesin sinar-X akan berbunyi dengan suara keras dan berdentam.
  3. Katakan pada dokter atau perawat jika Anda mengalami gangguan pembekuan darah. Juga jika Anda alergi terhadap kerang-kerangan (seperti kerang atau udang), yodium, atau cairan kontras pada pemeriksaan medis lainnya.
  4. Selama 4 jam sebelum tes Anda perlu berpuasa. Akan tetapi jika akan dilakukan pengambilan sample darah sebagai bagian dari tes, untuk sementara berhenti minum obat-obatan tekanan darah tinggi, atau untuk wanita obat kontrasepsi oral.
  5. Sebelum tes mungkin Anda akan diberi obat tidur.
  6. Anda perlu menandatangani surat yang menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan tes. Pastikan untuk membaca surat ini dengan hati-hati dan tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes Venogram pada ginjal?

  1. Anda akan berbaring terlentang pada meja penyinaran. Kulit di atas vena femoralis kanan dekat daerah selangkangan dibersihkan dengan larutan antiseptic.
  2. Setelah menyuntik anestesi local, dokter memasukkan kateter pda vena femoralis. Kemudian dokter terus memasukkan kateter pada vena ginjal kadan dan menginjeksikan cairan kontras. Dilakukan penyinaran sinar-X.
  3. Kalau pemeriksaan pada vena sisi kanan selesai, dokter memindahkan kateter pada vena ginjal kiri. Dilakukan penyinaran sinar-X lagi.
  4. Selanjutnya, dokter mengambil sample darah dari ginjal untuk diperiksa. Kemudian dokter melepas kateter, memasang penekan selama 15 mrit [ada tempat tusukan dan memasang perban.

Apa yang terjadi setelah tes Venogram pada ginjal?

  1. Perawat akan memeriksa Anda dengan teratur setiap 15 menit selama 1 jam, kemudian setiap 30 menit selama 2 jam. Perawat juga akan memeriksa perban untuk memastikan bahwa tidak terjadi pendarahan banyak. Anda akan diberi obat nyeri dan antibiotika.
  2. Katakan pada perawat jika Anda merasa tidak enak badan, terutama jika Anda menggigil, merasa panas, kesulitan bernafas atau nyeri.

Apakah tes Venogram pada ginjal berisiko?

Tes ini tidak boleh dilakukan pad apenderita trombosis pada vena ginjal yang berat..

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Setelah injeksi cairan kontras, vena ginjal dan cabang-cabangnya harus terlihat normal dan tidak ada kelainan.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Tes Venogram pada ginjal dapat mendeteksi sumbatan pada vena ginjal, tumor, dan beberapa anomaly vena, seperti tidak adanya vena ginjal.

Pemeriksaan laboratorium terhadap sample darah bisa menunjukkan adanya hipertensi renovaskular.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.