Ulkus Peptikum

by -4 views

Ulkus Peptikum

Ulkus Peptikum
Ulkus Peptikum
Sumber gambar : http://www.yourgicenter.com

Definisi

Ulkus Peptikum adalah suatu luka terbuka yang berbentuk bundar atau oval pada lapisan lambung atau usus dua belas jari (duodenum). Ulkus pada lambung disebut ulkus gastrikum, sedangkan ulkus pada usus duabelas jari disebut ulkus duodenalis.

PENYEBAB

Ulkus peptikum bisa disebabkan oleh bakteri (misalnya Helicobacter pylori) atau obat-obatan yang menyebabkan berkurangnya lapisan lendir pelindung lambung dan duodenum sehingga asam lambung bisa menembus lapisan yang sensitif di bawahnya. Asam lambung dan bakteri dapat mengiritasi lapisan lambung dan duodenum serta menyebabkan terbentuknya ulkus.

H. pylori biasanya ditularkan pada masa kanak-kanak, bisa melalui makanan, air atau kontak dengan penderita yang terinfeksi H. pylori. Penyakit menular ini lebih sering ditemukan pada orang dewasa yang berumur lebih dari 60 tahun dan juga lebih sering ditemukan di negara-negara berkembang. Sebagian besar orang yang memiliki H. pylori baru menunjukkan gejala-gejala setelah mencapai usia lanjut, mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki bakteri tersebut. Meskipun H.pylori biasanya tidak menimbulkan masalah pada masa kanak-kanak, tetapi jika tidak diobati bisa menyebabkan gastritis, ulkus peptikum dan bahkan kanker lambung.

Para ahli sepakat bahwa penyebab utama ulkus peptikum pada orang dewasa adalah bakteri Helicobacter pylori, tetapi tidak semua ahli berpendapat bahwa penyebab utama dari ulkus pada masa kanak-kanak adalah bakteri tersebut. Beberapa ahli mengemukakan pendapat yang berbeda tentang ulkus duodenalis dan ulkus gastrikum; ulkus duodenalis biasanya disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori, sedangkan ulkus gastrikum memiliki penyebab yang lain.

Sekitar 50% kasus disebabkan oleh Helicobacter pylori, dan sisanya memiliki penyebab yang tidak diketahui secara pasti. Yang pasti, ulkus peptikum jarang ditemukan pada anak-anak yang sehat.

Pada beberapa kasus, penyebabnya adalah pemakaian obat. Pemakaian NSAIDs (non-steroid anti inflammatory drugs), yaitu obat anti peradangan non-steroid, dosis sedang bisa menyebabkan kelainan saluran pencernaan dan perdarahan pada beberapa anak. Acetaminophen tidak menyebabkan ulkus gastrikum dan merupakan pilihan NSAIDs yang baik bagi anak-anak.

Gejala

Pada bayi baru lahir, gejala dari ulkus peptikum bisa berupa adanya darah di dalam tinja. Jika ulkus menyebabkan terbentuknya lubang (perforasi) pada lambung atau usus halus, maka bayi bisa tampak kesakitan dan cenderung timbul demam.

Pada bayi yang lebih besar dan anak kecil, selain di dalam tinja ditemukan darah, juga terdapat muntah atau nyeri perut berulang. Nyeri perut seringkali semakin memburuk atau membaik jika anak makan. Nyeri juga menyebabkan anak terbangun dari tidurnya pada malam hari.

Diagnosa

Ulkus peptikum pada bayi dan anak kecil sulit untuk didiagnosis, karena anak yang masih sangat kecil tidak dapat mengemukakan gejala yang dirasakannya secara tepat. Anak usia sekolah mungkin dapat menunjukkan lokasi nyeri, menjelaskan sifat nyeri dan saat timbulnya nyeri (sesudah makan atau pada waktu-waktu tertentu).

Pemeriksaan yang bisa dilakukan:

  • Barium enema
  • Endoskopi
  • Tes untuk H. pylori
  • Pengobatan

    Pengobatan ulkus peptikum pada anak-anak sama halnya dengan pengobatan untuk orang dewasa, yaitu terdiri dari :

    • Antasida. Antasida tidak efektif untuk mengobati ulkus tetapi bisa meredakan gejala dengan menetralkan asam lambung dan meningkatkan pH di dalam lambung. Efektivitasnya bervariasi sesuai dengan kadar antasida yang digunakan dan jumlah asam lambung yang dihasilkan. Antasida yang dapat digunakan misalnya aluminum hydroxide dan magnesium hydroxide.
    • Penghambat H2 (misalnya Cimetidine, Famotidine, Nizatidine, atau Ranitidine). Obat ini dapat meredakan gejala dan membantu penyembuhan ulkus dengan mengurangi produksi asam lambung.
    • Penghambat pompa proton (PPI-Proton Pump Inhibitor). Obat ini paling poten untuk mengurangi produksi asam lambung. PPI membantu penyembuhan ulkus lebih cepat dibandingkan penghambat H2 pada sebagian besar penderita. Beberapa obat yang dapat digunakan adalah Omeprazole, Lansoprazole, Rabeprazole, Esomeprazole, atau Pantoprazole.

    Pantoprazole Anak-anak yang terinfeksi Helicobacter pylori, bisa diberikan kombinasi antibiotik, seperti Amoxicillin dan Metronidazole atau kombinasi dengan Bismuth subsalicylate selama 1-2 minggu. Masa penyembuhan biasanya memerlukan waktu selama 8 minggu, tetapi nyeri biasanya akan menghilang setelah beberapa hari. Meskipun gejalanya telah mereda, obat harus diminum sampai habis agar infeksi benar-benar reda.

    Untuk meyakinkan bahwa pengobatan telah berhasil, 6-12 bulan kemudian bisa dilakukan endoskopi untuk melihat H. pylori.

    Angka kekambuhan infeksi H. pylori kurang dari 10%. Pada kasus yang sangat berat, dimana anak tidak memberikan respon terhadap pengobatan, biasanya dianjurkan untuk dilakukan pembedahan. Ulkus karena NSAIDs juga tidak perlu diatasi dengan pembedahan dan tidak memerlukan terapi antibiotik.

    PENCEGAHAN

    Jika penyebabnya adalah NSAIDs, maka sebaiknya hindari pemakaian NSAIDs, termasuk setiap obat yang mengandung Ibuprofen maupun Aspirin.

    Jika tidak ada makanan tertentu yang diduga menjadi penyebab maupun pemicu terjadinya ulkus, maka biasanya tidak dianjurkan untuk membatasi pemberian makanan kepada anak-anak yang menderita ulkus. Makanan yang bergizi dengan berbagai variasi makanan adalah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

    Alkohol dan rokok dapat memicu terbentuknya ulkus. Selain itu, kopi, teh, soda dan makanan yang mengandung kafein juga dapat merangsang pelepasan asam lambung dan memicu terbentuknya ulkus, jadi sebaiknya makanan tersebut tidak diberikan kepada anak-anak yang menderita ulkus.

    Referensi

    – C, William J. Peptic Ulcer. Merck Manual Home Health Handbook. 2012.

    http://www.merckmanuals.com/home/childrens_health_issues/digestive_disorders_in_children

    /peptic_ulcer_in_children.html

    – C, Sidney. Peptic Ulcer. Merck Manual Home Health Handbook. 2006.

    http://www.merckmanuals.com/home/digestive_disorders/peptic_disorders/peptic_ulcer.html

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.