Tumbuh Gigi

by -6 views

Tumbuh Gigi

Tumbuh Gigi
Tumbuh Gigi
Sumber gambar : http://www.australiandoctor.com.au

Definisi

Tumbuhnya gigi pada anak, atau disebut juga odontiasis, adalah proses munculnya gigi pada anak dari gusi. Proses tumbuhnya gigi biasanya terjadi saat anak berusia 6-24 bulan.

PENYEBAB

Gigi pertama anak biasanya tumbuh pada usia 4-10 bulan, rata-rata saat anak berusia 6 bulan. Gigi yang pertama tumbuh biasanya dua gigi bagian depan bawah. Sekitar 4-8 minggu kemudian, tumbuh 4 gigi bagian depan atas. Seluruh gigi susu (20 gigi) biasanya sudah tumbuh saat anak berusia 3 tahun.

Gejala

Pada beberapa anak, proses tumbuhnya gigi bisa tidak terasa nyeri. Namun, anak-anak yang lain bisa menjadi sensitif selama beberapa minggu. Saat gigi akan tumbuh, anak mungkin bisa menangis, menjadi sulit tidur atau makan, dan mengiler. Gusi dimana gigi tumbuh bisa tampak merah dan terasa nyeri. Anak bisa terus mengunyah makanan dan benda-benda saat gigi tumbuh. Proses tumbuhnya gigi tidak menyebabkan timbulnya demam. Anak yang mengalami demam dan menjadi sangat rewel perlu dibawa ke dokter karena gejala-gejala ini tidak disebabkan oleh tumbuhnya gigi.

Diagnosa

Diagnosa didasarkan dari gejala-gejala yang ada dan munculnya gigi pada anak.

Pengobatan

Jika bayi tampak tidak nyaman karena tumbuhnya gigi, bisa dicoba beberapa tips sederhana berikut ini :

  1. Pijat gusi bayi. Gunakan jari yang bersih, basahi kasa atau kain untuk memijat gusi bayi. Tekanan dapat meringankan rasa tidak nyaman pada bayi.
  2. Kompres dingin. Sebuah handuk dingin atau cincin tumbuh gigi yang dingin bisa menyejukkan gusi bayi. Tetapi, jangan berikan benda-benda yang beku ke dalam mulut bayi, karena kontak dengan benda yang sangat dingin bisa melukai bayi.
  3. Cobalah makanan yang keras. Jika bayi sudah bisa makan makanan yang padat, maka bisa diberikan makanan yang dapat digigiti, misalnya timun yang sudah dikupas dan sudah didinginkan. Awasi bayi dengan ketat, jika terdapat potongan makanan harus segera diambil karena bisa berisiko tersedak.
  4. Berikan cincin tumbuh gigi. Proses tumbuhnya gigi bisa diringankan dengan mengunyah benda yang keras. Coba berikan cincin khusus untuk pertumbuhan gigi yang terbuat dari karet yang keras. Cincin yang berisi cairan bisa pecah karena gigitan bayi. Jika anak suka menggigit botol susu, maka isilah dengan air. Jika anak terus menerus kontak dengan gula yang terdapat pada susu formula, susu, atau jus, maka gigi anak bisa menjadi rusak.
  5. Lap air liur bayi. Bayi bisa mengeluarkan air liur yang berlebihan sebagai bagian dari proses tumbuhnya gigi. Untuk mencegah iritasi kulit, lap mulut dan dagu bayi dengan kain yang bersih.
  6. Cobalah obat bebas. Jika anak merasa sangat tidak nyaman, maka bisa diberikan obat seperti acetaminophen atau ibuprofen.

Gel untuk tumbuhnya gigi tidak direkomendasikan untuk diberikan pada anak, karena cara ini tidak lebih efektif dibandingkan cara-cara lainnya dan beberapa produk mengandung zat-zat yang bisa menimbulkan efek berbahaya, misalnya benzocaine. Pada kasus yang jarang benzocaine bisa menyebabkan terjadinya methemoglobinemia, yaitu gangguan serius yang mempengaruhi kemampuan darah untuk membawa oksigen.

Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan :

  • jangan oleskan alkohol ke gusi anak
  • jangan letakkan sesuatu yang membeku pada gusi anak
  • jangan gunting gusi untuk membantu tumbuhnya gigi, karena bisa menimbulkan infeksi
  • jangan kalungkan benda-benda keras di leher anak
  • jangan memberikan aspirin untuk anak, baik diminum atau diletakkan pada gusi atau gigi anak

Referensi

– D, Steven. Teething Tots. Kids Health. 2011.

http://kidshealth.org/parent/general/teeth/teething.html#

– K, Neil K. Teething. Medline Plus. 2012. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/

article/002045.htm

– M, John. Teething. Medicine Net. 2013. http://www.medicinenet.com/teething/article.htm

– Mayo Clinic. Teething : Tips for Soothing Sore Gums. 2012.

http://www.mayoclinic.com/health/teething/FL00102

– P, Elizabeth J. Teething. Merck Manual Home Health Handbook. 2012.

http://www.merckmanuals.com/home/childrens_health_issues/miscellaneous_disorders_

in_infants_and_young_children/teething.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.