Trikuriasis (Infeksi cacing cambuk usus)

by -5 views

Trikuriasis (Infeksi cacing cambuk usus)

Trikuriasis (Infeksi cacing cambuk usus)
Trikuriasis (Infeksi cacing cambuk usus)
Sumber gambar : http://www.stanford.edu

Definisi

Trikuriasis adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh cacing Trichuris trichiura.
Penyakit ini terutama terjadi di daerah subropis dan tropis, dimana kebersihan lingkungannya buruk serta iklim yang hangat dan lembab sehingga memungkinkan telur dari parasit ini berinkubasi di dalam tanah.

PENYEBAB

Penyebabnya adalah cacing cambuk Trichuris trichiura.

Infeksi terjadi jika manusia menelan makanan yang terkontaminasi tanah yang mengandung telur parasit, atau jika telur parasit masuk ke mulut melalui tangan yang sebelumnya mengalami kontak dengan tanah yang terkontaminasi.

Telur richuris trichiura menetas menjadi larva pada usus halus, kemudian larva cacing pindah ke usus besar dan masuk ke dalam permukaan usus. Setiap larva tumbuh menjadi cacing yang berukuran sekitar 4,5 inci dan dapat hidup hingga 7-10 tahun. Telur cacing dikeluarkan melalui tinja.

Sumber : http://clem.mscd.edu

Gejala

Infeksi yang ringan seringkali tidak menimbulkan gejala. Gejala terjadi jika sejumlah besar cacing terdapat di dalam usus besar. Gejala-gejala yang muncul dapat berupa nyeri perut, hilangnya nafsu makan, dan diare. Penderita yang memiliki cacing dalam jumlah yang sangat besar, terutama anak-anak, dapat mengalami diare kronis, penurunan berat badan, perdarahan pada usus, dan anemia. Penderita dapat merasa nyeri saat buang air besar dan tinja yang dikeluarkan dapat bercampur lendir, air, dan darah. Adakalanya infeksi berat menyebabkan keluarnya rektum dari anus (prolaps rekti).

Adult males of Trichuris trichiura are 30-45 mm lo

Sumber : http://emedicine.medscape.com

Diagnosa

Diagnosa trichuriasis didasarkan dari hasil pemeriksaan mikroskopis contoh feces (kotoran manusia), dimana ditemukan telur cacing Trichuris trichiura yang berbentuk seperti tong, atau adakalanya berdasarkan hasil pemeriksaan kolonoskopi yang menemukan adanya cacing dewasa.

Trichuris trichiura egg Telur Trichuris trichiura

Sumber : http://umm.edu

Pengobatan

Infeksi dapat diobati dengan pemberian obat cacing, seperti Mebendazole atau Albendazole per oral (melalui mulut). Terkadang infeksi cukup diobati dengan Albendazole dosis tunggal, tetapi jika infeksi berat obat perlu diberikan lebih lama (rata-rata selama 3 hari). Baik Mebendazole atau Albendazole tidak boleh diberikan untuk wanita hamil karena dapat membahayakan janin yang dikandungnya.

PENCEGAHAN

Untuk mencegah terjadinya penyakit ini perlu diperhatikan hal-hal berkut:

  • Jaga kebersihan jamban
  • Jaga kebersihan individu
  • Tidak buang air besar di tempat terbuka
  • Hindari memakan buah dan sayuran yang belum dicuci bersih. Selalu cuci, kupas, atau masak semua buah dan sayuran mentah sebelum dimakan
  • Cuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum memegang makanan
  • Ajari anak-anak akan pentingnya cuci tangan untuk mencegah infeksi
  • Jangan sampai tertelan tanah yang terkontaminasi kotoran manusia, termasuk kotoran yang digunakan sebagai pupuk tanaman
  • Referensi

    – P, Richard D. Whipworm Infection. Merck Manual Home Health Handbook. 2007.

    http://www.merckmanuals.com/home/infections/parasitic_infections/whipworm_infection.html

    – Centers for Disease Control and Prevention. Trichuriasis. Atlanta. 2013.

    http://www.cdc.gov/parasites/whipworm/prevent.html

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.