Trakeitis Bakteri

by -4 views

Trakeitis Bakteri

Trakeitis Bakteri
Trakeitis Bakteri
Sumber gambar : http://radiographics.rsna.org

Definisi

Trakeitis bakteri (Croup pseudomembranosa) merupakan infeksi pada saluran nafas utama (trakea) yang disebabkan oleh bakteri.

PENYEBAB

Trakeitis bakteri jarang terjadi dan bisa mengenai anak pada berbagai usia. Bakteri Stafilokokus aureus dan streptokokus adalah penyebab paling sering terjadinya trakeitis bakteri.

Gejala

Infeksi terjadi secara tiba-tiba dan ditandai dengan adanya suara nafas yang kencang saat anak menarik nafas (stridor), demam tinggi, serta seringkali banyak dahak disertai nanah. Pada kasus yang jarang, trakeitis bakteri dapat terjadi akibat komplikasi croup.

Diagnosa

Diagnosa didasarkan dari gejala-gejala yang ada dan hasil pemeriksaan fisik. Dengan laryngotrakeobronkoskopi dapat dilihat langsung adanya sekret trakea yang purulen. Sekret dapat diambil dan diperiksa untuk mengetahui organisme penyebabnya. Foto rontgen sinar-x leher dapat dilakukan untuk melihat adanya iregularitas pada saluran nafas bagian atas yang membedakan trakeitis bakteri dengan croup.

Pengobatan

Dengan terapi, kebanyakan anak dapat pulih sepenuhnya. Anak yang sakit berat dapat memerlukan alat bantu pernafasan yang dimasukkan melalui mulut atau hidung ke dalam trakea (intubasi endotrakea) sehingga menjaga saluran nafas tetap terbuka.

Obat antibiotika, seperti cefuroxime atau vancomycin, dapat diberikan untuk mengobati infeksi yang ada.

Referensi

– K, Anand D. M, John T. Bacterial Tracheitis. Merck Manual Home Health Handbook. 2009.

http://www.merckmanuals.com/home/childrens_health_issues/respiratory_disorders_in_children/

bacterial_tracheitis.html

– R, Sujatha. Bacterial Tracheitis. Medscape. 2012.

http://emedicine.medscape.com/article/961647-overview

Leave a Reply

Your email address will not be published.