Tips Membangun Keluarga Sehat di Tengah Pandemi

by -24 views
keluarga sehat indikator

Indikator keluarga sehat

 

Di masa pandemi seperti sekarang setiap keluarga perlu menerapkan pola hidup sehat karena keluarga sehat akan terhindar dari penyakit dan lebih bahagia. Dengan kata lain gaya hidup sehat sangat penting tak hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga kondisi mental. Apabila badan dan pikiran dalam kondisi sehat, Anda akan lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk mencapainya, ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan seperti berikut ini.

Kebersihan adalah kunci keluarga sehat

Hal yang paling penting dalam menciptakan gaya hidup sehat di rumah adalah menjaga kebersihan baik kebersihan diri dan lingkungan. Hidup sehat dimulai dengan memperhatikan kebersihan diri. Hal ini meliputi mandi, menggosok gigi, mencuci rambut, dan mencuci tangan. Setiap anggota keluarga harus saling mengingatkan untuk mandi secara teratur. Idealnya mandi dilakukan dua kali sehari, namun seberapa sering Anda mandi tergantung dari aktivitas fisik dan kondisi tubuh.

Peralatan mandi terutama sabun mandi harus selalu tersedia di rumah. Menggunakan sabun mandi saat mandi sangat penting untuk membunuh kuman dan bakteri pada tubuh. Orang tua harus mengajarkan anak-anak tentang cara mandi yang baik dan benar sejak dini agar mereka terbiasa menjaga dan merawat kebersihan diri. Jangan lupa untuk membiasakan anak menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Beberapa aktivitas membersihkan diri dapat dilakukan bersama-sama misalnya saat menggosok gigi. Misalnya orang tua dapat mengajak anak-anak untuk menggosok gigi dan mencuci kaki sebelum tidur. Selain memberi contoh pada anak tentang pola hidup sehat, kebiasaan ini juga mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Hal penting lainnya adalah selalu mencuci tangan. Tangan adalah bagian tubuh yang paling rentan terkena kotoran dan kuman penyebab penyakit. Mencuci tangan dengan sabun mampu menghilangkan debu dan kotoran, serta membunuh kuman. Karena itu, penting untuk mencuci tangan saat akan masuk rumah, setelah memegang barang, dan sebelum makan. Saat keluar rumah, jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer.

Selain kebersihan diri, menjaga kebersihan lingkungan tak kalah pentingnya. Menjaga kebersihan lingkungan meliputi membuang sampah pada tempatnya, membersihkan rumah, mengolah atau mendaur ulang sampah, menutup saluran pembuangan, dan sebagainya. Agar terasa ringan, setiap anggota keluarga harus ambil bagian dalam membersihkan rumah dan lingkungan. Bahkan, anak-anak pun harus dilibatkan. Jika perlu, buatlah jadwal mengenai kegiatan membersihkan dan merapikan rumah yang harus dilakukan masing-masing anggota keluarga setiap minggunya.

Memperhatikan asupan makanan

Hidup sehat dapat dicapai melalui pola makan sehat dengan gizi seimbang. Mulailah dengan makan secara rutin dan teratur. Kebiasaan ini bisa ditumbuhkan dengan sering makan bersama baik makan pagi, makan siang, atau makan malam. Selain menumbuhkan kebiasaan makan teratur, makan bersama dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, sebaiknya makanan yang disajikan setiap hari selalu berbeda. Dengan menu bervariasi, asupan nutrisi akan terpenuhi. Selain itu, menu yang sama setiap hari cenderung akan membuat bosan. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari harus mengandung zat gizi makro dan mikro. Jangan lupa untuk selalu menghadirkan sayur dan buah dalam menu harian. Karena setiap anggota keluarga mungkin memiliki selera berbeda, diskusikan pemilihan menu dengan mereka.

Berolahraga bersama

Tak diragukan lagi, olahraga memiliki peranan penting dalam menciptakan hidup sehat. Manfaat olahraga antara lain mencegah penyakit, membuat tubuh selalu bugar, memperbaiki mood, dan mengurangi stres. Namun, terkadang rasa malas menyerang saat ingin berolahraga. Berolahraga bersama keluarga dapat meningkatkan semangat. Saat berolahraga kita bisa saling bercerita, bertukar pikiran, dan bercanda ria dengan keluarga. Secara tidak langsung hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih harmonis.

Setiap anggota keluarga mungkin menyukai olahraga yang berbeda. Karena itulah, pilih jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh semua anggota keluarga. Beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan bersama keluarga antara lain lari pagi, bersepeda, berenang, dan bermain bola. Anda dapat menjadwalkan kegiatan bersama ini paling tidak semingu sekali saat semua anggota keluarga mempunyai waktu luang.

Saling mendukung hobi masing-masing

Jika beberapa olahraga tertentu dapat dilakukan bersama, tidak dengan hobi. Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Masing-masing anggota keluarga harus saling memahami dan mendukung hobi satu sama lain. Melakukan hal-hal disukai atau mengembangkan hobi sangat penting dalam meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta membangun ketrampilan sosial dan akademik, terutama bagi anak-anak.

Banyak studi melaporkan bahwa melakukan hobi sama pentingnya dengan berolahraga. Manfaat keduanya pun sama terutama dalam hal menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Masing-masing anggota keluarga memerlukan waktu khusus atau me time untuk melakukan hobinya. Karena itulah, diperlukan sikap saling menghargai dan mendukung.

Saling berkomunikasi

Salah satu cara untuk menjalin dan menjaga komunikasi adalah dengan menghabiskan waktu bersama. Tanpa disadari, situasi pandemi mungkin membuat anggota keluarga tertekan karena harus beradaptasi dengan keadaan yang baru. Misalnya, anak-anak yang tadinya terbiasa belajar di sekolah dan bermain dengan teman-temannya, terpaksa harus belajar dari rumah. Beberapa orang tua bahkan harus kehilangan penghasilan karena dampak pandemi.

Dengan saling berkomunikasi, setiap anggota keluarga dapat melepaskan beban dan masalah. Komunikasi dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti olahraga bersama, liburan, berkebun, sarapan di meja makan, atau bahkan sekedar menonton TV bersama. Komunikasi yang baik akan membuat setiap orang tidak merasa takut untuk mengekspresikan berbagai emosi dan perasaan.

Pada saat menghabiskan waktu bersama, jangan libatkan gadget. Buatlah aturan untuk meninggalkan telepon genggam di kamar masing-masing saat keluarga sedang berkumpul. Dengan demikian, kebersamaan tidak akan hilang karena gangguan ponsel.

Pergi liburan bersama

Liburan bersama keluarga adalah momen yang tidak boleh dilewatkan. Liburan memberikan suasana baru yang berbeda dari suasana rumah. Suasana dan pengalaman baru ini membantu tubuh lebih rileks, menghilangkan stres dan kejenuhan, mencegah insomnia, dan bahkan memperkuat imun.

Walaupun sedang masa pandemi, bukan berarti Anda tidak bisa liburan bersama keluarga. Anda tidak perlu pergi ke luar kota atau luar negeri. Tak perlu jauh-jauh, staycation di hotel bisa menjadi opsi liburan keluarga di kala pandemi. Walaupun hanya tinggal di hotel di dalam kota, banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan dengan keluarga seperti berenang, menikmati kuliner, menikmati fasilitas hotel seperti gym, spa, dan salon, atau sekedar bersantai di kamar hotel yang nyaman. Pastikan Anda menginap di hotel yang menerapkan protokol kesehatan ketat.

Nah, itulah beberapa tips menciptakan keluarga sehat terutama di masa pandemi seperti sekarang. Intinya adalah kita harus menjaga kesehatan fisik dan mental. Kesehatan diri dimulai dari sendiri namun dukungan dari keluarga sangat penting untuk mempertahankan pola hidup tersebut. Karena itulah, semua anggota keluarga harus berkerja sama demi menciptakan keluarga dan lingkungan yang sehat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.