Tes Whitaker Untuk Fungsi Ginjal

by -9 views

Tes Whitaker Untuk Fungsi Ginjal

Tes Whitaker Untuk Fungsi Ginjal
Tes Whitaker Untuk Fungsi Ginjal
Sumber gambar :

Definisi

Tes Whitaker yang juga dinamakan pemeriksaan tekanan atau pemeriksaan aliran ini untuk mengevaluasi fungsi ginjal. Pemeriksaan sinar-X ini dikombinasi dengan pengukuran tekanan dan aliran pada ginjal dan ureter.

Mengapa tes Whitaker ini dilakukan?

Tes Whitaker ini mungkin dilakukan karena beberapa alasan berikut ini:

  1. Untuk mendeteksi penyumbatan pada ginjal dan untuk membantu menentukan apakah diperlukan pembedahan.
  2. Untuk mengevaluasi penyumbatan lebih jauh setelah dilakukan tes-tes lainnya.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes Whitaker?

  1. Anda akan mempelajari tes Whitaker, termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes Whitaker (kira-kira 1 jam).
  2. Anda akan merasa sedikit tidak nyaman pada saat kateter uretra dimasukkan dan injeksi anestesi local dan akan merasa seperti terbakar dan hangat setelah cairan kontras diinjeksikan. Selama tes mesin sinar-X akan berbunyi keras dan berdentam
  3. Katakan pada dokter dan perawat jika Anda mengalami gangguan pembekuan darah. Juga jika Anda alergi terhadap kerang-kerangan (seperti kerang atau udang), yodium, atau cairan kontras pada pemeriksaan medis lainnya.
  4. selama 4 jam terakhir sebelum tes Whitaker Anda perlu berpuasa
  5. Anda akan akan menggunakan baju rumah sakit dan diminta untuk melepas semua perhiasan atau benda logam lain yang dapat menghalangi sinar-X.
  6. Tepat sebelum tes Anda akan diberi obat tidur dan antibiotic. Perawat akan meminta Anda untuk buang air kecil.
  7. Anda perlu menandatangani surat yang menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan tes. Pastikan untuk membaca surat ini dengan hati-hati dan tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes Whitaker?

  1. Anda dibaringkan terlentang pada meja penyinaran.
  2. Untuk menyiapkan pengukuran tekanan kandung kemih, dokter memasang kateter melalui uretra menuju kandung ekemih.
  3. Dokter melakukan penyinaran sinar-X pada saluran kemih dan kemudian menyambung kateter pada alat pengukur tekanan yang dinamakan manometer.
  4. Dokter menginjeksikan cairan kontras ke vena. Setelah menunggu sesaat. Dokter menyuntikkan anestesi local dan membuat insisi kecil untuk memasukkan kanula ke ginjal.
  5. Anda diberitahu untuk menahan nafas Anda pada saat dokter memasukkan kanula ke dalam ginjal. Selanjutnya dokter menyambungkan selang ke manometer.
  6. Setelah tekanan terukur, dokter melepas kanula dan memasang perban.

Apa yang terjadi setelah tes Whitaker?

  1. Anda berbaring terlentang di tempat tidur selama 12 jam sesudah tes Whitaker.
  2. Perawat akan berulangkali memeriksa Anda, mengamati warna, frekeunsi dan jumlah urine Anda. Untuk sementara waktu urine Anda akan bercampur sedikit darah.
  3. Katakan pada perawat jika Anda menggigil, merasa panas atau bernafas lebih cepat dari biasanya.
  4. Katakan pada perawat jika Anda merasa nyeri, maka perawat akan memberi anda obat untuk nyeri. Anda akan mendapat antibiotic selama beberapa hari untuk mencegah infeksi.

Apakah tes Whitaker berisiko?

Tes Whitaker tidak boleh dilakukan jika penderita mengalami gangguan pendarahan atau infeksi berat..

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Tes Whitaker harus menunjukkan gambaran ginjal yang normal. Ureter harus terisi dengan rata dan ukuran dan jalannya harus tampak normal.

Tekanan ginjal yang normal adalah 15 centimeter air. Tekanan kandung kemih yang normal berkisar dari 5 sampai 10 centimeter air.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Pelebaran pelvis renalis, calyces atau persambungan ureter dan pelvis menunjukkan adanya penyumbatan. Tekanan kandung kemih yang lebih rendah dari tekanan ginjal akan membantu diagnosa. Perbedaan tekanan sebanyak 12 sampai 15 centimeter air menunjukkan adanya penyumbatan. Perbedaan tekanan kurang dari 10 centimeter air menunjukkan masalah pada kandung kemih seperti hipertonia atau gangguan saraf kandung kemih.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.