Sinar-X Pada Kandung Empedu (Cholecystography Oral)

by -6 views

Sinar-X Pada Kandung Empedu (Cholecystography Oral)

Sinar-X Pada Kandung Empedu (Cholecystography Oral)
Sinar-X Pada Kandung Empedu (Cholecystography Oral)
Sumber gambar :

Definisi

Tes yang oleh dokter disebut cholecystography oral ini merupakan tes dengan sinar-X untuk memeriksa kandung empedu setelah minum pil yang mengandung cairan kontras khusus. Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral) dilakukan pada penderita yang mempunyai gejala-gejala penyakit kandung empedu seperti nyeri pada perut kanan atas, intoleransi lemak, dan penyakit kuning.

Mengapa Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral) dilakukan?

Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral) dilakukan karena beberapa alasan berikut ini :

  1. untuk mendeteksi batu empedu
  2. untuk membantu mendiagnosa penyakit keradangan dan tumor pada kandung empedu

apa yang perlu Anda ketahui sebelum tes Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral)?

  1. Anda akan mendapat keterangan tentang tes Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral) , termasuk siapa yang akan melakukan, dimana, dan perkiraan waktunya (biasanya 30 sampai 45 menit, tetapi mungkin diperlukan tes yang lebih lama). Anda akan makan daging yang mengandung lemak pada siang hari sebelum hari pemeriksaan dan daging yang bebas lemak pada malam harinya. Setelah makan malam, Anda hanya boleh minum air.
  2. Anda mendapatkan beberapa tablet yang mengandung cairan kontras khusus yang digunakan untuk pemeriksaan Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral). Telanlah satu tablet dengan segelas atau dua cangkir air setiap interval 5 menit. Tablet ini dapat menyebabkan diare, tetapi jarang menimbulkan problem lain seperti mual, muntah, kram lambung, dan nyeri saat buang air kecil. Segera katakan pada perawat jika Anda merasakan hal-hal tersebut.
  3. Katakan pada dokter atau perawat jika Anda alergi terhadap obat anestesi, yodium, kerang-kerangan (seperti udang atau kerang), atau cairan kontras untuk tes apapun.
  4. Anda akan mendapatkan enema pembersih pada pagi hari sebelum tes Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral). Hal ini akan membersihkan saluran pencernaan untuk keperluan pemeriksaan.
  5. Anda akan mendapatkan surat yang berisi persetujuan Anda untuk melakukan tes Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral). Pastikan untuk membacanya dengan hati-hati sebelum menandatanganinya. Tanyakan jika ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral)?

  1. Anda dibaringkan pada meja penyinaran, dan dokter melakukan penyinaran dan melihat perut Anda.
  2. Anda mengubah posisi Anda dan dilakukan penyinaran tambahan.
  3. Anda kemudian diberi perangsang lemak sintetis. Dokter akan mengobservasi pengosongan kandung empedu Anda dan dilakukan penyinaran sinar-X setiap 15 sampai 30 menit. Jika pengosongan kandung empedu pelan atau tidak terjadi sama sekali, dilakukan penyinaran pada saat 60 menit.

Apa yang terjadi setelah pemeriksaan Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral)?

  1. Jika hasilnya normal, Anda dapat kembali ke diet biasa. Jika hasilnya tidak normal, anda perlu makan diet rendah lemak sampai dibuat diagnosa definitive.
  2. Jika ditemukan batu empedu, Anda perlu makan diet yang sesuai, biasanya diet membatasi lemak, untuk mencegah terjadinya serangan.

Apakah pemeriksaan Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral) berisiko?

Pemeriksaan Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral) tidak boleh dilakukan pada penderita yang mempunyai penyakit ginjal atau hati yang berat atau alergi terhadap yodium, kerang-kerangan, atau cairan kontras yang digunakan terhadap tes diagnostic lainnya.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Normalnya kandung empedu akan tampak berbentuk seperti buah pir, dengan dinding yang halus dan tipis. Walaupun ukurannya bervariasi, struktur dasarnya yaitu leher, infudibulum, badan, dan fundus akan tampak jelas pada gambaran sinar-X.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Pemeriksaan Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral) dapat mendeteksi batu empedu, adanya kolesterol, polip dan tumor jinak. Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral) juga dapat menunjukkan adanya penyakit keradangan seperti kolesistitis, dengan atau tanpa pembentukan batu empedu.

Kalau kandung empedu gagal berkontraksi setelah konsumsi makanan yang berlemak, hal ini menunjukan adanya kolesistitis atau penyumbatan saluran empedu. Jika hasil sinar-X tidak mendukung tes Sinar-X pada kandung empedu (cholecystography oral) akan diulang kemudian hari.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.