Segudang Khasiat Jambu Kristal Bagi Kesehatan Anda

by -3 views
jambu kristal

Khasiat Jambu Kristal

Berbagai jenis jambu rasanya sudah familiar di masyarakat Indonesia, tak terkecuali jambu kristal. Dengan teksturnya yang renyah namun lembut di saat bersamaan, jambu kristal menjadi kesukaan banyak orang. Jambu satu ini juga mudah didapat, sehingga tak heran jika jambu kristal selalu hadir di saat Anda memakan rujak.

Disamping rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah, jambu kristal memiliki seribu khasiat yang tersembunyi. Kandungan seratnya membuat sistem pencernaan Anda terjaga dari sembelit dan penyakit pencernaan lainnya. Selain kandungan serat, jambu kristal juga memiliki zat antioksidan yang tinggi dan dapat menjadi penangkal radikal bebas di tubuh Anda.

Ada banyak sekali manfaat jambu kristal. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaat jambu kristal bagi kesehatan Anda, Anda bisa melihat penjelasan di bawah terkait khasiat jambu kristal.

Tentang Jambu Kristal dan Kandungan Nutrisinya

Sebagian besar masyarakat kita pasti sudah tahu jambu kristal. Jambu berdaging tebal yang biasa diolah menjadi jus atau menjadi teman rujak ini memiliki nama ilmiah Psidium Guava. Budidaya jambu kristal sendiri dilakukan dengan cara ovulasi atau cangkok dan ditanam di daerah dataran rendah.

Jambu kristal akan berkembang dengan baik apabila proses penyinaran dilakukan setiap hari. Itu sebabnya, dataran rendah lebih direkomendasikan untuk ditanami jambu kristal dibanding dataran tinggi.

Namun, bukan berarti, tanpa penyinaran yang beruntun, jambu kristal akan mati begitu saja. Beberapa petani menaruh tanaman jambu kristal di tempat yang hangat untuk mendukung proses perkembangan jambu kristal. Terkait dengan waktu tanam, jambu kristal sendiri memiliki waktu tanam yang cukup singkat. Sekitar 8 – 12 bulan dan dapat berbuah sepanjang tahun.

Jambu yang hampir tidak memiliki biji ini punya segudang kandungan nutrisi. Mulai dari Vitamin C, lycopene, kalium, hingga antioksidan. Dari sebagian besar nutrisi tersebut, semuanya berguna untuk membantu tubuh manusia untuk mencapai kesehatan optimal. Masing-masing zat memiliki komponen yang saling melengkapi untuk menyehatkan tubuh Anda.

Sebagai contohnya, dalam jambu kristal terdapat antioksidan poly-phenolic dan flavanoid. Antioksidan ini berperan untuk mencegah penyakit kanker dan menunda penuaan karena zatnya mempunyai fungsi untuk menghalangi atau mengurangi zat berbahaya. Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap dalam keadaan sehat dan kekebalan tubuh Anda akan terjaga.

Mencegah Sariawan yang Membandel

Dengan kandungan Vitamin C yang berlimpah, jambu kristal dapat mencegah serta mengobati sariawan. Cobalah untuk mengunyah beberapa bagian jambu kristal sekaligus menempelkan daerah sariawan di mulut Anda. Setelah beberapa lama, sariawan yang Anda rasakan tidak akan begitu sakit karena kandungan Vitamin C di jambu kristal sedang bekerja.

Ketika Anda memakan jambu kristal, secara otomatis sariawan yang ada di mulut Anda akan membaik. Seperti menaruh tetes obat sariawan, jambu kristal punya peran yang tak kalah ampuh dengan obat kimia. Bahkan, kandungan vitamin C jambu kristal lebih besar dua kali lipat dari jeruk, buah yang selama ini kita tahu paling kaya akan vitamin C.

Maka dari itu, apabila Anda atau orang terdekat Anda sedang sariawan atau ingin mencegah sariawan, mengonsumsi jambu kristal merupakan sebuah pilihan yang tepat. Disamping mengenyangkan perut, jambu kristal mampu menjaga kesehatan mulut Anda untuk memakan makanan enak lainnya.

Pereda Flu

Mendengar jahe untuk meredakan flu sudah biasa. Tetapi, jambu kristal untuk meredakan flu, rasanya masih jarang orang yang mengetahui hal tersebut. Faktanya, jambu kristal juga cukup ampuh dalam membasmi flu yang mengganggu Anda. Antimikroba dalam jambu kristal punya peranan yang kuat untuk menghilangkan flu.

Karena flu disebabkan oleh imunitas yang melemah, maka antimikroba yang ada di jambu kristal dipercaya bisa mengembalikan imunitas tubuh ke keadaan optimal. Dalam hal ini, vitamin C dan antioksidan juga ikut andil dalam menstabilkan kondisi tubuh dan membantu melawan virus yang berkeliaran.

Cukup konsumsi jambu kristal 2 – 3 kali ketika Anda sedang flu. Anda juga bisa mengolah jambu kristal menjadi jus, namun dengan takaran gula yang tidak terlalu banyak. Saat Anda terbangun dari tidur nanti, Anda akan merasa jauh lebih ringan setelah mengonsumsi jambu kristal.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Musuh utama dalam kesehatan jantung adalah kolesterol jahat yang menumpuk dan tingginya tekanan darah seseorang. Hal itu semua bisa dinetralisir bersamaan dengan konsumsi jambu kristal secara berkala. Jambu kristal sendiri memiliki kandungan kalium dan serat larut yang cukup tinggi.

Sebagai informasi, kalium merupakan zat yang penting untuk cairan tubuh karena kalium bisa mengontrol tekanan darah dan detak jantung seseorang. Bahkan pisang yang merupakan buah dengan komponen kalium tinggi pun masih kalah tinggi dibanding jambu kristal. Maka, sudah bisa dibuktikan kalau jambu kristal dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung.

Menyehatkan Kulit

Siapa yang tidak ingin kulitnya bercahaya dan cerah? Sudah tentu semua orang menginginkan hal tersebut, apalagi wanita. Kulit yang bersinar dan sehat dapat menambah rasa kepercayaan diri wanita untuk bisa tampil unjuk diri dengan kecantikan mereka. Selain mengikuti rangkaian penggunaan skincare, Anda dan para wanita juga dapat mengonsumsi jambu kristal.

Dengan vitamin E di dalam jambu kristal, pembentukan kolagen akan semakin lancar. Kulit Anda juga akan semakin elastis dan kelembapannya selalu terjaga. Antioksidan yang terdapat di dalam jambu kristal juga dapat menyehatkan kulit dengan menangkal radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh Anda.

Makanan yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Mengetahui makanan yang tepat untuk ibu hamil merupakan sebuah keharusan. Bukan tanpa alasan. Di dalam perut ibu hamil, terdapat calon anak yang kelak akan lahir. Apabila tidak diberikan nutrisi yang seimbang, dikhawatirkan anak tersebut mengalami kekurangan gizi ketika dilahirkan.

Untuk menghindari hal tersebut, para ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi jambu kristal. Sumber folat yang terkandung di jambu kristal mampu mencegah anak mengalami cacat syaraf dan otak kelak. Selain itu, konsumsi jambu kristal dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi ibu hamil. Sehingga, kesehatan anak dan ibu akan sama-sama seimbang.

Buah Tambahan Untuk Diet

Anggapan diet dengan makanan hambar harus segera dibuang jauh-jauh. Pasalnya, jambu kristal sendiri memiliki rasa yang manis dan kalorinya juga rendah. Dengan memakan jambu kristal, Anda bisa mengatur nafsu makan yang berlebihan dengan makanan rendah kalori seperti jambu kristal.

Untuk mengetahui jambu kristal yang memiliki kualitas yang baik, Anda bisa melihat bagian batang jambu kristal. Jika bagian sekitar batang cenderung lembek dan berair, maka Anda perlu melihat apakah terdapat ulat di dalamnya.

Selain itu, jambu kristal yang menyehatkan bisa dilihat dari dimana tempat Anda membeli jambu kristal. Untuk mendapatkan jambu kristal yang terbebas dari bakteri, ketahui terlebih dahulu tempat Anda membeli jambu kristal. Semoga artikel tentang khasiat jambu kristal untuk kesehatan ini berguna untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.