Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Ginjal

by -3 views

Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Ginjal

Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Ginjal
Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Ginjal
Sumber gambar :

Definisi

Dalam Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal, serangkaian sinar-X potongan-potongan ginjal ditampilkan di layar monitor. Gambar-gambar dari ginjal memungkinkan identifikasi adanya massa, seperti tumor dan lesi lainnya atau kerusakan jaringan.

Suatu media kontras intravena atau cairan dapat disuntikkan ke dalam tubuh Anda untuk memfiltrasi ginjal dan memperjelas citra yang dihasilkan. Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal memiliki hasil akurasi yang tinggi ini biasanya dilakukan untuk memeriksa penyakit-penyakit yang ditemukan melalui tes-tes diagnostik lainnya.

Mengapa Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal dilakukan?

Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal dapat dilakukan dengan alasan sebagai berikut:

  1. Untuk mendapatkan informasi tentang ginjal
  2. Untuk mendeteksi dan mengevaluasi kelainan-kelainan ginjal, seperti tumor, penyumbatan, batu ginjal dan akumulasi cairan di sekitar ginjal.
  3. Untuk memandu penempatan jarum sebelum biopsy
  4. Untuk menentukan ukuran ginjal dan lokasi yang berkaitan dengan kandung kemih setelah transplantasi ginjal
  5. Untuk menentukan abses

Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal?

  1. Jika tidak digunakan cairan kontras, Anda tidak diminta untuk membatasi makan dan minum sebelum tes dilakukan, jika cairan kontras digunakan, makanan dan minuman tidak diberikan selama 4 jam sebelum tes.
  2. Seorang perawat atau teknisi akan menjelaskan prosedur ini pada Anda. Diperkirakan prosedur akan memakan waktu sekitar 1 jam, tergantung pada tujuan scanning.
  3. Jika digunakan cairan, Anda diingatkan bahwa Anda akan merasa hangat, kemerah-merahan, dan mengalami sakit kepala yang singkat, rasa asin dan mual serta ingin muntah setelah cairan disuntikkan. Reaksi-reaksi ini normal setelah penyuntikkan cairan kontras.
  4. Anda diminta untuk menandatangani pernyataan kesediaan sebelum tes dilakukan.
  5. Sejarah kesehatan Anda akan diperiksa untuk reaksi–reaksi terhadap yodium, kerang-kerangan atau cairan kontras.
  6. Sebelum tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal Anda diminta untuk mengenakan baju rumah sakit dan menanggalkan perhiasan, jepit rambut, atau benda-benda logam lain pada daerah yang akan disinari sinar-X untuk mendapatkan citra yang presisi.
  7. Dokter akan memberikan obat sedative untuk mengurangi kecemasan. Obat tersebut diberikan dalam waktu yang tepat sebelum tes.

Apa yang terjadi selama tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal?

  1. Anda ditempatkan di atas meja khusus dan ditahan dengan kuat dengan alat pengikat.
  2. Meja digerakkan menuju scanner.
  3. Anda diminta untuk berbaring dengan tenang sementara scanner mengitari badan Anda.
  4. Alat akan mengambil beberapa gambar yang disebut tomogram dari sudut-sudut yang berbeda. Alat akan berbunyi menghentak selama bergerak.
  5. Setelah satu seri tomogram, suatu cairan disuntikkan biasanya melalui vena. Kemudian dilakukan tomogram lagi.
  6. Setelah cairan disuntikkan melalui intravena, Anda akan diperiksa apakah terjadi reaksi alergi seperti kesulitan bernafas, gatal-gatal atau ruam.
  7. Informasi dari hasil scanning ini disimpan dalam disk atau pita magnetic, dimasukkan dalam computer dan dikonversikan menjadi citra yang dapat dilihat pada layar monitor. Dibuat foto terhadap citra yang dikehendaki untuk referensi selanjutnya.

Apa yang terjadi setelah tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal?

  1. Jika digunakan cairan kontras, akan diamati adanya efek samping dari cairan, diantaranya sakit kepala, mual dan ingin muntah.
  2. Anda dapat melanjutkan kembali pola makan sehari-hari.

Apakah tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal?

Penggunaaan cairan kontras tidak direkomendasikan pada orang-orang yang diketahui alergi terhadap yodium, kerang-kerangan atau cairan yang disuntikkan pada tes medis lain.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Ahli radiology mengevaluasi posisi ginjal dalam kaitannya dengan struktur-struktur lain di sekitarnya. Secara normal, densitas ginjal sedikit lebih besar dari hati tetapi lebih kecil dari tulang. Bentuk dan ukuran ginjal juga ditentukan.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Massa ginjal, seperti tumor, timbul pada daerah yang berbedadensitasnya dari jaringan normal. Beberapa massa mengubah bentuk dan ukuran ginjal.. Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal juga dapat mengidentifikasi abnormalitas lainnya, termasuk penyumbatan, batu ginjal, penyakit polycystic ginjal. Setelah operasi pengangkatan ginjal, Scanning tomografi terkomputerisasi pada ginjal dapat mendeteksi massa abnormal seperti tumor yang timbul lagi pada suatu tempat yang kosong.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.