Scanning Thalium Persantin Pada Jantung

by -6 views

Scanning Thalium Persantin Pada Jantung

Scanning Thalium Persantin Pada Jantung
Scanning Thalium Persantin Pada Jantung
Sumber gambar :

Definisi

Scanning thalium persantin pada jantung menyediakan suatu jalan untuk memeriksa pembuluh darah jantung bagi orang-orang yang tidak dapat melakukan suatu tes beban/treadmill. Meliputi penyuntikan 2 substansi yaitu: obat persantin, kemudian thalium radioaktif ringan.

Persantin menyebabkan tubuh memberi respon seperti jika dilakukan latihan. Thalium kemudian digunakan untuk mengevaluasi bagaimana respon pembuluh darah jantung.

Pembuluh darah yang sakit tidak dapat mengirimkan thalium ke jantung, dan thalium akan tetap berada pada daerah yang sakit. Area yang sakit akan tampak sebagai area “cold spot” pada hasil scanner.

Mengapa tes Scanning thalium persantin pada jantung dilakukan?

Scanning thalium persantin pada jantung dapat dilakukan dengan alasan-alasan sebagai berikut:

  1. Untuk mengidentifikasi detak jantung yang tidak teratur yang disebabkan oleh latihan atau beban.
  2. Untuk memeriksa kerusakan jantung

Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum tes Scanning thalium persantin pada jantung?

  1. Anda akan mengetahui siapa yang akan menjalankan tes dan dimana tes akan dilakukan. Tes Scanning thalium persantin pada jantung dikerjakan dalam 2 tahap, dengan melakukan scanning pada beberapa waktu terpisah.
  2. Perawat akan menceritakan pada Anda tentang Persantin, yang disuntikkan dokter pada awal tes. Setelah Anda mendapat suntikkan tersebut, anda akan merasa pusing, hangat dan sedikit mual atau sakit kepala. Gejala-gejala ini hanya berlangsung dalam waktu yang singkat.
  3. Anda diminta untuk puasa sebelum tes. Hindari kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya karena dapat menyebabkan detak jantung yang tidak teratur.
  4. Lanjutkan minum obat yang seharusnya diminum.

Apa yang terjadi selama tes Scanning thalium persantin pada jantung?

  1. Pada awal tes Scanning thalium persantin pada jantung, Anda akan berbaring pada meja khusus atau duduk. Perawat menempelkan elektroda-elektroda pada badan Anda dan melakukan elektokardiogarafi rutin, selama 5-10 menit.
  2. Anda menerima Persantin dan diminta untuk bangun dan jalan-jalan. Setelah Persantin memberikan efek, dokter menyuntikkan Thalium.
  3. Selanjutnya, Anda berbaring di meja selama 40 menit sementara dilakukan scanning, kemudian hasil scanning diteliti, jika diperlukan dilakukan scanning kedua.
  4. Jika Anda harus kembali untuk scanning lagi, Anda harus beristirahat dan tidak makan dan minum apapun pada waktu antara tersebut.

Apakah tes Scanning thalium persantin pada jantung berisiko?

  1. Risiko yang paling serius adalah detak jantung yang tidak teratur, nyeri dada dan kesulitan pernafasan. Jika terdapat beberapa masalah, dokter akan segera menanganinya.
  2. Tes juga dapat menyebabkan mual, sakit kepala, rasa hangat, pusing dan sakit perut.

Apa yang dimaksud dengan hasil normal?

Tes Scanning thalium persantin pada jantung menunjukkan tidak terdapat masalah pada jantung Anda.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Terdapat daerah “cold spot”, biasanya menunjukkan adanya penyakit pada arteri koronaria. Walalupun hasil ini dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi lain, misalnya sarcoiditis, fibrosis otot jantung, memar jantung, atau spasme dari suatu arteri jantung.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.