Scanning Teknetium Jantung

by -3 views

Scanning Teknetium Jantung

Scanning Teknetium Jantung
Scanning Teknetium Jantung
Sumber gambar :

Definisi

Scanning teknetium jantung disebut juga pencitraan otot jantung hot spot atau pencitraan daerah infark. Scanning dengan teknetium digunakan untuk mendeteksi serangan jantung terakhir dan menentukan perkembangannya. Pada tes Scanning teknetium jantung, dokter menyuntikkan unsure radioaktif ringan yang disebut teknetium pada vena lengan. Teknetium terakumulasi di dalam jaringan jantung yang rusak, dimana menunjukkan suatu daerah “hot spot” pada hasil scanning yang dilakukan dengan kamera khusus.

Mengapa tes Scanning teknetium jantung dilakukan?

Scanning teknetium jantung dapat dilakuakn dengan alasan-alasan sebagai berikut:

  1. Untuk mengkonfirmasi serangan jantung terbaru pada seseorang yang menderita nyeri jantung atau ketika hasil elektrokardiografi dan tes darah tidak memberikan informasi yang cukup.
  2. Untuk mengidentifikasi luas dan lokasi serangan jantung.
  3. Untuk menentukan prognosa setelah serangan jantung.

Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum tes Scanning teknetium jantung?

  1. Anda akan mengetahui siapa yang melakukan tes yang berlangsung 30-60 menit dan dimana dilakukan. Dua atau 3 jam sebelum tes Scanning teknetium jantung dokter akan menyuntikkan Teknetium pada vena di engan Anda. Injeksi Teknetium akan menimbulkan sedikit rasa sakit, tetapi proses scanning tidak menimbulkan rasa sakit. Tes Scanning teknetium jantung melibatkan sedikit radiasi sinar-X.
  2. Anda diminta untuk tetap tenang dan tidak bergerak selama tes Scanning teknetium jantung.
  3. Anda tidak diminta untuk berpuasa sebelum tes Scanning teknetium jantung.
  4. Anda diminta untuk menandatangani pernyataan kesediaan. Baca baik-baik pernyataan tersebut dan tanyakan bila terdapat hal-ha yang kurang jelas.

Apa yang terjadi selama tes Scanning teknetium jantung?

  1. Dokter menyuntikkan Teknetium pada vena lengan. Setelah 2-3 jam, Anda berbaring telentang di atas meja pemeriksaan dan elektroda kardiogram ditempelkan pada kulit untuk proses monitoring selama tes Scanning teknetium jantung.
  2. Umumnya scanning dilakukan dalam beberapa posisi. Sekali proses scanning berlangsung sekitar 10 menit.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Hasil normal menunjukkan tidak adanya Teknetium di jantung.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Hasil scanning mengungkapkan daerah “hot spot” pada jantung yang rusak, khususnya 2-3 hari setelah awal dari serangan jantung. Walaupun area “hot apot” akan menjadi semakin jelas 12 jam setelah suatu serangan jantung. Pada hampir semua orang yang pernah mengalami serangan jantung, area tersebut akan menghilang setelah sekitar 1 minggu. Pada sebagian kecil orang, hal tersebut akan berlangsung selama beberapa bulan.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.