Retinopati Hipertensi (Hypertensive Retinopathy)

by -6 views

Retinopati Hipertensi (Hypertensive Retinopathy)

Retinopati Hipertensi (Hypertensive Retinopathy)
Retinopati Hipertensi (Hypertensive Retinopathy)
Sumber gambar : http://www.umm.edu

Definisi

Retinopati Hipertensi (Hypertensive retinopathy) adalah kerusakan pada retina sebagai akibat tekanan darah tinggi.

PENYEBAB

Retina dapat menjadi rusak karena tekanan darah yang tinggi (hipertensi). Tekanan darah yang tinggi merusak pembuluh darah kecil pada retina, menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi menebal, sehingga menurunkan jumlah aliran darah yang masuk melaluinya. Akibatnya suplai darah ke retina menjadi berkurang. Area-area pada retina dapat mengalami kerusakan karena suplai darah yang tidak mencukupi. Hipertensi yang ringan pun dapat merusak pembuluh darah retina jika tidak diobati selama bertahun-tahun.

Gejala

Kebanyakan orang dengan retinopati hipertensi tidak memiliki gejala sampai tahap lanjut penyakit. Dengan berkembangnya retinopati hipertensi, darah dapat merembes ke dalam retina. Gangguan ini dapat menyebabkan penglihatan hilang secara bertahap, terutama jika mengenai makula. Gejala lain yang dapat muncul berupa penglihatan ganda, penglihatan menjadi kurang terang (redup), dan sakit kepala.

Diagnosa

Pada orang dengan tekanan darah tinggi, retina dapat diperiksa menggunakan oftalmoskop. Jumlah kerusakan pembuluh darah pada retina cenderung berkorelasi dengan jumlah kerusakan pembuluh darah pada organ lain yang juga dipengaruhi oleh hipertensi, misalnya otak, jantung, dan ginjal. Jika tekanan darah sangat tinggi, maka mungkin dapat dilihat adanya perubahan lain pada mata, seperti pembengkakan di depan saraf optikus.

Pengobatan

Tujuan terapi adalah menurunkan tekanan darah untuk jangka panjang. Jika telah terjadi hilangnya penglihatan, maka pembengkakan pada retina dapat diatasi dengan laser, pemberian kortikosteroid atau obat lainnya, seperti ranibizumab atau bevacizumab, ke dalam mata. Pada kasus yang jarang, tekanan darah sangat tinggi dan mengancam nyawa, sehingga pengobatan harus diberikan segera untuk menyelamatkan penglihatan dan menghindari terjadinya komplikasi lain, seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal, dan serangan jantung.

Referensi

– G, Sunir J. Hypertensive Retinopathy. Merck Manual Home Health Handbook. 2013.

http://www.merckmanuals.com/home/eye_disorders/retinal_disorders/hypertensive_retinopathy.html

– L, Franklin W. High Blood Pressure and Eye Disease. Lusby Vision Institute. California. 2010.

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000999.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published.