Pubertas

by -4 views

Pubertas

Pubertas
Pubertas
Sumber gambar : http://welcomelittle.com

Definisi

Pubertas adalah urutan peristiwa dimana terjadi perubahan fisik yang menghasilkan sifat fisik orang dewasa dan kemampuan untuk bereproduksi.

PENYEBAB

Perubahan fisik saat pubertas ini diatur oleh kadar hormon yang berubah yang dihasilkan oleh kelenjar pituitary, yaitu luteinizing hormone dan follicle stimulating hormone. Ketika lahir, kadar hormon-hormon ini tinggi, tetapi menurun dalam waktu beberapa bulan dan tetap rendah sampai pubertas. Di awal pubertas, kadar luteinizing hormone dan follicle stimulating hormone meningkat, merangsang produksi hormon seks. Peningkatan kadar hormon seks (khususnya estrogen) menyebabkan terjadinya perubahan fisik, termasuk pematangan payudara, ovarium, rahim dan vagina. Secara normal, perubahan-perubahan ini terjadi secara berurutan selama pubertas, menghasilkan kematangan seksual.

Gejala

Pubertas biasanya terjadi pada wanita antara usia 10-14 tahun. Perubahan pertama pada pubertas biasanya dimulai pada pertumbuhan payudara (payudara membesar). Pada anak perempuan yang tinggal di Amerika Serikat, perubahan ini biasanya terjadi sekitar usia 8 sampai 13 tahun. Segera setelah itu, rambut pubis dan rambut ketiak mulai tumbuh. Jarak antara payudara membesar ke periode menstruasi biasanya sekitar 2-2,5 tahun. Bentuk tubuh perempuan berubah, dan persentase lemak tubuh meningkat.

Dorongan pertumbuhan menyertai pubertas dimulai kira-kira ketika rambut pubis dan rambut ketiak mulai tumbuh. Pertumbuhan relatif cepat di awal pubertas (sebelum periode menstruasi dimulai) dan puncaknya sekitar usia 12 tahun. Kemudian perkembangan sangat lambat, biasanya berhenti antara usia 14 dan 16 tahun.

Ovulasi yang teratur biasanya terjadi segera setelah seseorang mendapatkan menstruasi pertama. Namun, seseorang yang mendapatkan menstruasi pertama yang agak lambat (setelah usia 13 tahun) cenderung memiliki ovulasi yang kurang teratur pada beberapa tahun setelahnya.

Selain perubahan fisik, pubertas juga dapat menyebabkan perubahan pada psikologis dan tingkah laku seseorang. Seorang remaja dapat menjadi lebih agresif, murung, atau pemalu. Pubertas juga dapat membuat seorang remaja menjadi ingin mencoba hal-hal baru, seperti merokok, minum alkohol, bahkan hubungan seksual. Untuk itu seseorang yang mengalami masa pubertas perlu mendapatkan pengetahuan yang baik dan juga pendampingan terutama dari orang tua, sehingga dapat melewati masa pubertas dengan baik.

Diagnosa

Pubertas pada seseorang dapat dilihat dari tanda dan gejala-gejala yang ada.

REFERENSI

– S, Melissa C. Puberty. 2012. http://www.medicinenet.com/puberty/article.htm

– NHS. Puberty. 2012. http://www.nhs.uk/Conditions/Puberty/Pages/Introduction.aspx

– R, Peter L. Puberty in Girls. 2007. http://www.merckmanuals.com/home/womens_

health_issues/biology_of_the_female_reproductive_system/puberty_in_girls.html

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.