Perikondritis

by -5 views

Perikondritis

Perikondritis
Perikondritis
Sumber gambar : http://www.merckmanuals.com

Definisi

Perikondritis adalah infeksi pada jaringan yang melapisi tulang rawan daun telinga (pinna).

Tulang rawan (kartilago) merupakan jaringan tebal yang membentuk hidung dan telinga bagian luar. Semua tulang rawan memiliki lapisan jaringan tipis disekitarnya, yang disebut perikondrium. Lapisan ini membantu menyediakan nutrisi untuk tulang rawan.

PENYEBAB

Perikondritis bisa terjadi akibat:
– cedera
– luka bakar
– gigitan serangga
– menindik telinga pada bagian tulang rawan
– pemecahan bisul dengan sengaja

Infeksi juga cenderung terjadi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan pada orang-orang dengan diabetes.

Bakteri yang paling sering menyebabkan perikondritis adalah Pseudomonas aeruginosa.

Gejala

Gejala awal perikondritis adalah adanya kemerahan, rasa nyeri, dan pembengkakan pada daun telinga. Penderita bisa mengalami demam. Nanah bisa terkumpul diantara tulang rawan dan jaringan ikat di sekitarnya (perikondrium). Terkadang nanah bisa membuat aliran darah ke tulang rawan terhenti dan menyebabkan kerusakan pada tulang rawan. Keadaan ini pada akhirnya menyebabkan kelainan bentuk telinga (cauliflower ear). Namun, meskipun perikondritis bersifat merusak dan menahun, tetapi penyakit ini cenderung hanya menyebabkan gejala-gejala yang ringan.

Diagnosa

Perikondritis didiagnosa berdasarkan riwayat medis penderita dan hasil pemeriksaan telinga. Jika terdapat riwayat trauma pada telinga dan telinga tampak merah dan terasa sangat nyeri, maka didiagnosa perikondritis. Pada perikondritis bisa terjadi perubahan bentuk pada telinga atau telinga tampak membengkak.

Pengobatan

Untuk membuang nanahnya, dibuat sayatan sehingga darah bisa mengalir kembali ke kartilago. Untuk infeksi yang lebih ringan bisa diberikan antibiotik per-oral, sedangkan untuk infeksi yang lebih berat perlu diberikan antibiotik dalam bentuk suntikan. Pemilihan antibiotik didasarkan dari beratnya infeksi dan bakteri penyebabnya. Selain itu, seringkali ditambahkan kortikosteroid untuk membantu mengatasi peradangan.

PENCEGAHAN

Salah satu cara yang paling baik untuk mencegah terjadinya perikondritis adalah dengan tidak menindik telinga pada bagian tulang rawan. Populernya menindik telinga di bagian tulang rawan telah menimbulkan peningkatan angka kejadian perikondritis yang signifikan.

Sumber : http://www.drpaulose.com

Referensi

– D, David C. Perichondritis. Medline Plus. 2012.

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/001253.htm

– K, Bradley W. Perichondritis. Merck Manual Home Health Handbook. 2013.

http://www.merckmanuals.com/home/ear_nose_and_throat_disorders/outer_

ear_disorders/perichondritis.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.