Penyakit Sever

by -3 views

Penyakit Sever

Penyakit Sever
Penyakit Sever
Sumber gambar : http://www.sportsmed.net.nz

Definisi

Penyakit Sever, atau disebut juga calcaneal apophysitis, merupakan gangguan pada tulang yang disebabkan oleh peradangan pada lempeng pertumbuhan (growth plate) yang terdapat di bagian belakang tumit. Peradangan terjadi di tempat perlekatan tendon Achilles ke bagian belakang tulang tumit kaki (kalkaneus).

Lempeng pertumbuhan merupakan daerah yang terletak pada ujung tulang yang sedang berkembang, dimana sel-sel tulang rawan berubah menjadi sel-sel tulang. Seiring dengan proses ini, lempeng pertumbuhan menjadi semakin luas dan terjadi pertumbuhan tulang.

Penyakit Sever merupakan penyebab terjadinya nyeri pada tumit yang sering ditemukan pada anak-anak yang sedang tumbuh, terutama anak-anak yang aktif secara fisik. Penyakit Sever biasanya terjadi pada masa percepatan pertumbuhan saat remaja, yaitu antara usia 8-13 tahun pada anak perempuan dan 10-15 tahun pada anak laki-laki. Penyakit Sever jarang terjadi pada anak remaja yang lebih besar, karena bagian belakang tumit kaki biasanya telah selesai tumbuh saat usia 15 tahun, yaitu ketika lempeng pertumbuhan mengeras dan terbentuk tulang yang matur.

PENYEBAB

Saat terjadi percepatan pertumbuhan di awal masa pubertas, tulang tumit kaki (kalkaneus) terkadang tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan tendon dan otot tungkai. Hal ini menyebabkan tendon dan otot tungkai menjadi sangat kencang dan terlalu teregang, sehingga membuat tumit kaki menjadi kurang fleksibel dan memberikan tekanan pada lempeng pertumbuhan.

Tendon Achilles melekat pada lempeng pertumbuhan di tumit kaki. Adanya tekanan berulang pada tendon Achilles yang kencang bisa menyebabkan kerusakan pada lempeng pertumbuhan, sehingga terjadi pembengkakan dan rasa nyeri yang timbul pada penyakit Sever.

Tekanan berulang pada tendon Achilles biasanya didapat dari aktivitas fisik dan olahraga yang perlu berlari dan melompat, terutama yang dilakukan pada permukaan yang keras, misalnya lari, sepak bola, basket, dan gimnastik.

Cougar On The Run

Sumber : http://healthdecide.orcahealth.com

Penyakit Sever juga bisa terjadi karena berdiri terlalu lama, dimana tumit kaki terus mendapat tekanan. Sepatu yang tidak pas juga bisa ikut mempengaruhi terjadinya gangguan ini karena kaki tidak mendapat bantalan/penunjang yang cukup atau karena gesekan yang terjadi pada bagian belakang tumit.

Risiko terjadinya penyakit Sever lebih besar pada :

  • Anak dengan pergelangan kaki yang cenderung mengarah ke bagian dalam saat berjalan (pronasi). Akibatnya tendon Achilles menjadi kencang dan terputar, sehingga meningkatkan tarikan pada lempeng pertumbuhan di tumit.
  • Anak dengan kaki yang datar atau lengkung kaki yang tinggi, sehingga membuat tendon Achilles menjadi kencang dan lebih pendek.
  • Anak dengan salah satu tungkai lebih pendek dari tungkai lainnya, sehingga kaki pada tungkai yang pendek menekuk ke bawah untuk mencapai permukaan tanah dan menimbulkan tarikan pada tendon Achilles.
  • Anak yang kelebihan berat badan atau obesitas, sehingga memberikan tekanan yang besar pada lempeng pertumbuhan.

Gejala

Tanda yang paling jelas pada penyakit Sever adalah timbulnya rasa nyeri pada salah satu atau kedua tumit kaki (biasanya di bagian belakang tumit). Rasa nyeri juga bisa meluas sampai ke bagian samping dan bawah tumit kaki, sampai di dekat lengkung kaki.

Seorang anak juga bisa mengalami tanda dan gejala sebagai berikut :

  • pembengkakan dan kemerahan di tumit kaki
  • kesulitan untuk berjalan
  • rasa tidak nyaman atau kekakuan pada kaki saat bangun tidur
  • cara berjalan yang tidak biasa, misalnya menjadi pincang atau berjalan dengan ujung jari untuk menghindari tekanan pada tumit kaki

Gejala-gejala biasanya semakin berat saat atau setelah melakukan aktivitas dan membaik saat beristirahat.

Diagnosa

Diagnosa didasarkan dari gejala-gejala yang ada. Pemeriksaan foto sinar-X tidak dapat menegakkan diagnosa penyakit Sever, tetapi dapat membantu mengidentifikasi penyebab lain terjadinya nyeri pada tumit, misalnya kista tulang atau fraktur akibat tekanan.

Pengobatan

Tujuan penanganan yang segera adalah meredakan rasa nyeri. Karena umumnya gejala-gejala bertambah berat dengan beraktivitas, maka penanganan utama penyakit Sever adalah dengan beristirahat, sehingga dapat membantu mengurangi tekanan pada tulang tumit kaki, pembengkakan, dan juga rasa nyeri.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit Sever antara lain :

  • Mengurangi atau menghentikan semua aktivitas yang menimbulkan rasa nyeri. Hal ini dilakukan sampai semua gejala menghilang, terutama berlari tanpa alas kaki atau berlari pada permukaan yang keras. Anak-anak masih dapat melakukan aktivitas yang tidak memberikan tekanan pada tumit kaki, misalnya berenang.
  • Gunakan bantalan khusus tumit (heel pads) untuk mengatasi nyeri, yaitu dengan cara mengurangi tarikan tendon Achilles di tumit kaki.
  • Lakukan latihan untuk meregangkan dan mengencangkan otot dan tendon kaki dan tungkai.
  • Mengangkat kaki yang mengalami gangguan
  • Memberikan kompres dingin dengan es batu yang dibungkus dengan handuk selama 20 menit, 2-3 kali setiap hari, untuk membantu mengurangi pembengkakan
  • Gunakan perban elastik atau stocking khusus untuk menekan bagian yang terkena, sehingga mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan
  • Gunakan obat-obat untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan, seperti acetaminophen atau ibuprofen
  • Pemasangan gips untuk imobilisasi kaki yang terkena selama 2-12 minggu pada kasus yang berat

Referensi

– O, Kathleen B. Sever’s Disease. Kids Health. 2012.

http://kidshealth.org/parent/medical/bones/severs_disease.html

– S, David D. P, Frank. Sever Disease. Merck Manual Home Health Handbook. 2013.

http://www.merckmanuals.com/home/childrens_health_issues/bone_disorders_in_children

/sever_disease.html

– S, William C. Sever Condition (Sever Disease). Medicine Net.

http://www.medicinenet.com/sever_condition/article.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published.