Penyakit Meniere

by -3 views

Penyakit Meniere

Penyakit Meniere
Penyakit Meniere
Sumber gambar : http://www.dallasspinalcare.com

Definisi

Penyakit Meniere adalah suatu penyakit yang ditandai oleh serangan vertigo berulang (perasaan berputar), disertai dengan hilangnya pendengaran yang berfluktuasi dan tinnitus (telinga berdenging).

PENYEBAB

Penyebab terjadinya penyakit Meniere belum diketahui secara pasti. Penyakit Meniere tampaknya terjadi karena ada ketidakseimbangan pada cairan yang normalnya terdapat di telinga bagian dalam. Cairan ini berada di dalam struktur seperti kantong yang disebut sakus endolimfatikus. Cairan ini terus dihasilkan dan diserap, sehingga jumlahnya dipertahankan secara konstan. Adanya peningkatan produksi ataupun penurunan penyerapan cairan menyebabkan ketidakseimbangan jumlah cairan di telinga bagian dalam dan bisa menimbulkan terjadinya penyakit Meniere.

Gejala

Gejala penyakit Meniere berupa serangan vertigo berat yang muncul secara tiba-tiba, disertai mual dan muntah. Gejala-gejala ini biasanya berlangsung selama 1-6 jam, tetapi pada beberapa kasus bisa sampai 24 jam.

Sebelum dan saat serangan, penderita mungkin merasa telinga yang terkena seperti penuh atau tertekan. Pendengaran cenderung berfluktuasi (kadang jelas, kadang kurang), tetapi akan semakin memburuk dalam waktu bertahun-tahun kemudian. Tinitus (bunyi berdenging pada telinga) bisa muncul secara terus menerus atau hilang timbul, dan bisa memburuk sebelum, saat, atau setelah serangan vertigo. Hilangnya pendengaran maupun tinitus biasanya hanya terjadi pada satu telinga. Hilangnya pendengaran biasanya paling dirasakan pada suara berfrekuensi rendah.

Pada salah satu bentuk penyakit Meniere, hilangnya pendengaran dan tinnitus terjadi beberapa bulan atau beberapa tahun sebelum serangan vertigo. Setelah serangan vertigo dimulai, maka fungsi pendengaran bisa mengalami perbaikan.

Diagnosa

Dugaan penyakit Meniere didasarkan dari gejala-gejala yang khas, yaitu adanya vertigo disertai tinitus dan hilangnya pendengaran pada satu telinga.

Pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk membedakan penyakit meniere dari penyebab vertigo lainnya:
– CT scan atau MRI kepala
– Stimulasi kalorik
– Elektroensefalografi
– Elektronistagmografi
– Audiometri/audiologi

Pengobatan

Belum ada terapi yang efektif untuk menyembuhkan penyakit Meniere, tetapi ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala-gejala yang ada.

Konsumsi makanan rendah garam, hindari alkohol dan minuman berkafein, serta menggunakan obat-obat diuretik (misalnya hydrochlorothiazide atau acetazolamide yang meningkatkan ekskresi air kemih) bisa mengurangi frekuensi serangan vertigo pada sebagian besar penderita. Namun, terapi ini mungkin tidak dapat menghentikan hilangnya pendengaran yang terjadi secara bertahap. Kebanyakan penderita mengalami gangguan pendengaran sedang sampai berat pada telinga yang terkena dalam waktu 10-15 tahun.

Ketika serangan terjadi, vertigo mungkin bisa diredakan secara sementara dengan obat-obat minum, seperti meclizine atau lorazepam. Mual dan muntah bisa diatasi dengan memberikan obat yang mengandung prochlorperazine. Obat ini tidak dapat mencegah serangan, sehingga tidak dapat dikonsumsi secara rutin, tetapi hanya saat terjadi serangan vertigo akut. Untuk meredakan gejala, obat-obat kortikosteroid (misalnya prednison) juga bisa diberikan.

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk orang-orang yang sering mengalami serangan vertigo, sampai tidak mampu beraktivitas, meskipun sudah mendapat obat-obatan. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi tekanan cairan di telinga bagian dalam atau merusak fungsi keseimbangan telinga bagian dalam. Tindakan ini dapat berupa :

  • Dekompresi sakus endolimfatikus. Pembedahan pada sakus endolimfatikus bisa dilakukan untuk meringankan serangan vertigo dengan menurunkan produksi cairan atau meningkatkan penyerapan cairan. Tindakan ini dilakukan dengan cara mengambil sebagian kecil tulang dari sakus endolimfatikus. Pada beberapa kasus, dipasang saluran (shunt) untuk mengeluarkan cairan yang berlebih dari telinga bagian dalam.
  • Pemotongan saraf vestibularis. Saraf yang menghubungkan sensor keseimbangan dan gerakan di telinga bagian dalam ke otak (saraf vestibularis) dipotong. Tindakan ini biasanya dapat memperbaiki gangguan vertigo, tetapi tetap mempertahankan pendengaran pada telinga yang terkena.
  • Labirintektomi. Koklea (yang mengatur pendengaran) dan kanalis semisirkularis (yang mengatur keseimbangan) diangkat, dengan demikian baik fungsi keseimbangan maupun pendengaran akan hilang dari telinga yang terkena. Tindakan ini hanya dilakukan jika penderita mengalami hilang pendengaran total atau hampir total pada telinga yang terkena.

Tidak ada satupun tindakan bedah untuk mengatasi vertigo diatas yang dapat mengatasi hilangnya pendengaran yang seringkali menyertai penyakit Meniere.

Perangkat instalasi transtympanic ini digunakan untuk mengatur pemasukan obat untuk telinga bagian dalam.

PENCEGAHAN

Ada beberapa cara untuk membantu mengurangi dampak penyakit Meniere, misalnya :

  1. Segera duduk atau berbaring ketika Anda merasa pusing. Selama serangan vertigo hindari hal-hal yang dapat membuat serangan menjadi lebih buruk, misalnya gerakan yang tiba-tiba, cahaya terang, menonton televisi atau membaca.
  2. Istirahat selama dan setelah serangan. Jangan terburu-buru untuk kembali melakukan kegiatan seperti biasa.
  3. Waspadalah terhadap kemungkinan kehilangan keseimbangan. Jatuh bisa menyebabkan cedera yang serius. Gunakan pencahayaan yang baik jika Anda bangun di malam hari. Pertimbangkan berjalan dengan tongkat untuk stabilitas jika Anda mengalami masalah keseimbangan kronis.
  4. Hindari mengemudi kendaraan atau mengoperasikan mesin-mesin berat jika Anda sering mengalami serangan vertigo, agar tidak terjadi kecelakaan dan cedera.

Referensi

– L, Lawrence R. Meniere Disease. Merck Manual Home Health Handbook. 2012.

http://www.merckmanuals.com/home/ear_nose_and_throat_disorders/inner_ear_disorders

/meniere_disease.html

– Mayo Clinic. Meniere’s Disease. 2012.

http://www.mayoclinic.com/health/menieres-disease/DS00535

Leave a Reply

Your email address will not be published.