Penelanan Barium (Esophagram)

by -10 views

Penelanan Barium (Esophagram)

Penelanan Barium (Esophagram)
Penelanan Barium (Esophagram)
Sumber gambar :

Definisi

Penelanan Barium memungkinkan dokter memeriksa saluran pencernaan bagian atas. Pada saat dilakukan tes penelanan barium (Esophagram), penderita minum cairan kental dan campuran encer barium sulfat, minuman berkapur dengan konsistensi (tetapi tidak bertepung) seperti susu kocok. Barium dapat tampak pada penyinaran dengan sinar-X pada saat mengalir di saluran pencernaan.

Tes penelanan barium (Esophagram) umumnya dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan serial saluran pencernaan. Tes penelanan barium (Esophagram) biasanya dilakukan kalau penderita mempunyai riwayat kesulitan menelan atau muntah.

Mengapa tes penelanan barium (Esophagram) dilakukan?

  • Untuk mendiagnosa hernia hiatal, yaitu kondisi dimana lambung naik ke atas dan masuk ke dalam kerongkongan atau di luarnya.
  • Untuk mendiagnosa adanya kantong yang dinamakan divertikula, yang bisa terbentuk pada saluran pencernaan bagian atas.
  • Untuk mendiagnosa varices esophagus, yaitu pelebaran vena yang abnormal.
  • Untuk mendeteksi penyempitan pada saluran pencernaan bagian atas.
  • Untuk mengidentifikasi ulcer dan polip.
  • Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes penelanan barium (Esophagram)?

    1. Anda perlu berpuasa setelah tengah malam pada malam sebelum tes penelanan barium (Esophagram). (Jika yang dites bayi, pemberian makan harus ditunda untuk memastikan pencernaan terisi penuh dengan barium).
    2. Anda akan mempelajari tes penelanan barium (Esophagram) termasuk siapa yang akan melakukannya, dimana, dan perkiraan waktunya (kira-kira 30 menit).
    3. Anda diminta untuk minum preparat barium selama tes penelanan barium (Esophagram). Pertama Anda akan mendapat campuran yang kental, kemudian campuran yang encer. Secara keseluruhan, Anda akan minum sebanyak 12 sampai 14 ons (sekitar 350 sampai 40 mililiter) selama tes penelanan barium (Esophagram).
    4. Anda diposisikan pada beberapa posisi pada meja sinar-X yang dapat dimiringkan dan film sinar-X dipasang.
    5. Sebelum tes penelanan barium (Esophagram) Anda memakai baju rumah sakit dan melepas semua perhiasan, gigi palsu, jepit rambut, atau benda-benda lain yang ada pada lapangan penyinaran.
    6. Anda mendapat surat yang menanyakan persetujuan Anda untuk melakukan tes penelanan barium (Esophagram). Pastikan untuk membacanya dengan hati-hati sebelum menandatanganinya. Tanyakan bila ada bagian yang tidak dimengerti.

    Apa yang terjadi selama tes penelanan barium (Esophagram)?

    1. Setelah punggung ditahan dengan tali pengaman pada meja penyinaran, meja penyinaran ditegakkan sampai posisi Anda tegak. Kemudian jantung paru, dan perut Anda diperiksa.
    2. Kemudian, anda minum campuran barium yang kental, dan dilakukan penyinaran dengan sinar-X pada saat campuran barium bergerak melalui tenggorokan, yaitu bagian teratas dari system pencernaan Anda.
    3. Kemudian Anda diberitahu untuk menelan beberapa kali campuran barium yang encer. Hal ini adalah bagian untuk memeriksa kerongkongan Anda, yang letaknya tepat di bawah tenggorokan. Pada saat itu, anda mungkin diberitahu untuk menelan cairan Barium.
    4. Selama tes penelanan barium (Esophagram) berlangsung, Anda tetap berada di atas meja penyinaran, yang akan dimiringkan sehingga setiap gerakan aliran Barium melalui kerongkongan Anda dapat dilihat.
    5. Selanjutnya, Anda menelan beberapa kali cairan Barium lagi lebih banyak sembari kerongkongan Anda diperiksa dengan sinar-X. Setelah meja bergerak sampai posisi horizontal, Anda menelan barium yang sedikit lagi dan disinari-X.

    Apa yang terjadi setelah tes penelanan barium (Esophagram)?

    1. Anda bisa kembal ke diet normal Anda. Akan tetapi, karena sebelumnya Anda menelan barium, maka feses Anda akan berwana seperti kapur dan warnanya lebih terang selama 1 sampai 3 hari.
    2. Jika selama 2 sampai 3 hari tidak ada pergerakan usus/mulas, beritahukan pada dokter.

    Apakah tes penelanan barium (Esophagram) berisiko?

    Penelanan barium tidak boleh dilakukan pada setiap penderita yang mengalami penyumbatan usus.

    Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal? Setelah Barium ditelan, barium akan mengalir pada dasar lidah menuju tenggorokan. Hal ini digerakkan oleh gerakan pencernaan yang normal melalui seluruh panjang kerongkongan dalam waktu sekitar 2 detik. Kalau barium sudah sampai pada dasar kerongkongan, spingter membuka dan barium akan masuk ke lambung. Setelah barium melewati, spingter menutup. Normalnya barium akan mengisi tenggorokan dan kerongkongan dengan rata, dan dindingnya terlihat halus dan teratur.

    Apa yang dimaksud dengan hasil yang tidak normal?

    Penelanan barium dapat menunjukkan adanya masalah pada tenggorokan, kerongkongan atau lambung. Hal ini meliputi hernia hiatal, divertikula dan varises.

    Tes penelanan barium (Esophagram) mendeteksi penyempitan, tumor, polip, ulcer, dan gangguan motilitas, seperti gangguan otot tenggorokan, spasme pada kerongkongan dan achalasis. Akan tetapi, diagnosa definitive biasanya memerlukan tindakan biopsy atau tes-tes kesehatan lainnya. Kat 7 subkat 236

    Gejala

    Diagnosa

    Pengobatan

    Referensi

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.