Pemeriksaan Saluran Kemih (Pyelography Intravena)

by -5 views

Pemeriksaan Saluran Kemih (Pyelography Intravena)

Pemeriksaan Saluran Kemih (Pyelography Intravena)
Pemeriksaan Saluran Kemih (Pyelography Intravena)
Sumber gambar :

Definisi

Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) untuk mengevaluasi struktur dan fungsi dari seluruh saluran kemih. Pada umumnya pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) disingkat menjadi IVP. Nama lain dari tes ini adalah urography ekskretori.

Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) dokter menginjeksi cairan kontras pada vena lengan. Cairan kontras yang mempunyai sifat yang membuatnya bisa tampak pada sinar-X ini akan mengalir ke ginjal. Pada saat itu dilakukan penyinaran dengan sinar-X. Cairan kontras akan terus mengalir ke ureter, yaitu saluran kecil yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Dokter melakukan penyinaran sinar-X pada perjalanan cairan kontras melalui struktur-struktur tersebut.

Mengapa Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) dilakukan?

Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) mungkin dilakukan karena beberapa alasan berikut ini :

  1. untuk mengevaluasi kondisi ginjal, ureter, dan kandung kemih.
  2. Untuk memeriksa dugaan penyakit ginjal atau ureter, seperti batu ginjal, tumor, masalah-masalah saluran kemih yang terjadi pada saat kelahiran atau trauma pada system saluran kemih.
  3. Untuk mengidentifikasi masalah-masalah ginjal yang menjadi sebab terjadinya tekanan darah tinggi, yang disebut dengan hipertensi renovaskular.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena)?

  1. Anda akan mempelajari Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena), termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes.
  2. Anda akan merasa sedikit tidak nyaman pada saat penyuntikkan anestesi local dan merasa seperti terbakar dan panas serta ada rasa logam di mulut ketika disuntik dengan cairan kontras. Pada saat Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) mesin sinar-X akan mengeluarkan suara yang keras dan berdentam.
  3. Katakan pada dokter atau perawat jika Anda mempunyai gangguan pembekuan darah. Juga jika Anda alergi terhadap kerang-kerangan (seperti kerang atau udang), yodium, atau cairan kontras pada pemeriksaan medis lainnya.
  4. Minum banyak cairan pada hari sebelum Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena). Selama 8 jam sebelum tes Anda perlu berpuasa.
  5. Anda akan mendapat pencahar pada malam sebelum Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) untuk membantu agar hasil sinar-X jelas.
  6. Anda perlu menandatangani surat yang menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) . Pastikan untuk membaca surat ini dengan hati-hati dan tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena)?

  1. Anda akan berbaring terlentang pada meja penyinaran.
  2. Dokter melakukan penyinaran sinar-X pendahuluan pada ginjal, ureter dan kandung kemih. Jika pada penyinaran ini tidak menunjukkan adanya masalah sebelumnya, dokter akan melanjutkan tes dan menginjeksikan cairan kontras.
  3. Selama sekitar 1 menit kemudian cairan mencapai ginjal, dan dokter melakukan penyinaran. Penyinaran ulang dilakukan dengan interval yang teratur, pada menit ke-5, 10 dan 15 atau 20 setelah injeksi.
  4. Setelah 5 menit dilakukan penyinaran dokter menekan ureter dengan jalan mengembangkan alat kecil dari karet dan menempatkannya pada kedua sisi perut Anda. Alat yang menggembung tersebut akan memblok ureter tanpa menyebabkan rasa sakit dan menjaga aliran cairan kontras lebih banyak.
  5. Setelah penyinaran menit ke 10 dokter mengambil alat karet di atas perut. Pada saat cairan kontras mengalir ke saluran kemih bagian bawah, dokter melakukan penyinaran sinar-X pada kedua ureter dan kemudian akhirnya pada kandung kemih.
  6. Pada akhir Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena), Anda akan buang air kecil. Setelah itu dokter melakukan sinar-X yang terakhir.

Apa yang terjadi setelah Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena)?

Perawat akan memeriksa Anda apakah terjadi reaksi tertunda karena cairan kontras.

Apakah Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) berisiko?

Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) tidak boleh dilakukan pada penderita dengan asma yang parah atau alergi terhadap cairan kontras, kecuali jika mereka mendapatkan pengobatan untuk menghindari reaksi yang serius.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Ginjal, ureter, dan kandung kemih tidak menunjukkan adanya tumor atau penyakit lain.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) dapat menunjukkan adanya kelainan pada system saluran kemih, termasuk adanya batu ginjal atau ureter. Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) dapat juga menunjukkan adanya kelainan bentuk, ukuran atau struktur ginjal, ureter, atau kansung kemih. Pemeriksaan saluran kemih (pyelography intravena) dapat mendeteksi tidak adanya ginjal atau ginjal lebih dari dua. Selain itu dapat juga menunjukkan penyakit ginjal polikistik, tumor, hipertensi renovaskuler dan masalah yang timbul sejak lahir.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.