Pemeriksaan Kandung Kemih (Cystography Retrograde)

by -7 views

Pemeriksaan Kandung Kemih (Cystography Retrograde)

Pemeriksaan Kandung Kemih (Cystography Retrograde)
Pemeriksaan Kandung Kemih (Cystography Retrograde)
Sumber gambar :

Definisi

Cystography Retrograde Pemeriksaan dengan sinar-X pada kandung kemih disebut cystography retrograde. Dalam prosedur cystography retrograde, dokter memasukkan kateter pada uretra, yaitu saluran kecil yang mengalirkan urine dan kandung kemih. Setelah memasukkan kateter, dokter menginjeksikan cairan kontras khusus pada kandung kemih melalui kateter. Cairan ini mempunyai sifat khusus sehingga akan tampil pada sinar-X.

Tes cystography retrograde dapat mendiagnosa rupture kandung kemih. Tes cystography retrograde juga dilakukan untuk kasus infeksi kemih berulang (teruama pada anak) dan dugaan fisua, divertikula dan tumor.

Mengapa tes cystography retrograde dilakukan? Tes cystography retrograde dilakukan untuk mengevaluasi struktur dan keutuhan kandung kemih.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes cystography retrograde?

  1. Anda akan mempelajari tes cystography retrograde, termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes (sekitar 30 sampai 60 menit). Selama tes Anda akan merasa sedikit tidak nyaman pada saat kateter dimasukkan pada lubang uretra dan ketika cairan kontras dimasukkan melalui kateter.
  2. Katakan pada dokter jika Anda alergi terhadap kerang-kerangan (seperti kerang atau udang), yodium, atau cairan kontras pada pemeriksaan medis lainnya.
  3. Anda akan diberitahu bahwa pada saat dilakukan penyinaran akan terdengar suara yang keras dan berdentam dari mesin sinar-X.
  4. Anda perlu menandatangani surat yang menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan tes cystography retrograde. Pastikan untuk membaca surat ini dengan hati-hati dan tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes cystography retrograde?

  1. Anda dibaringkan terlentang pada meja pemeriksaan, dan dilakukan penyinaran awal. Dokter memeriksa hasil penyinaran ini sebelum melakukan tes cystography retrograde.
  2. Selanjutnya, dokter memasukkan kateter melalui uretra menuju kandung kemih, memasang penjepit pada kateter agar kateter tetap di tempatnya, dan perlahan-lahan memasukkan cairan kontras melalui kateter. posisi jackknife
  3. Dokter melakukan satu kali penyinaran pada saat posisi Anda terlentang dan dua kali pada saat posisi Anda miring ke kanan dan ke kiri. Selanjutnya perawat akan membantu Anda untuk kembali ke posisi “jackknife” dan dokter melakukan penyinaran lagi.
  4. Dokter melepas penjepit kateter untuk mengalirkan urine dan cairan kontras, dilakukan sinar-X lagi. Setelah itu dokter melepas kateter.

Apa yang terjadi setelah tes cystography retrograde?

  1. Perawat akan memeriksa keadaan Anda beberapa kali selama 2 jam pertama setelah tes cystography retrograde, kemudian setiap dua jam selama 24 jam.
  2. Perawat akan memeriksa warna dan volume urine Anda, yang mungkin akan mengandung darah untuk sementara waktu.
  3. Katakan pada perawat jika Anda merasa panas, menggigil atau merasa tidak sehat.

Apakah tes cystography retrograde berisiko?

  1. Tes cystography retrograde tidak boleh dilakukan selama ada infeksi saluran kemih yang berat.
  2. Tes cystography retrograde juga tidak boleh dilakukan pada setiap penderita yang mengalami sumbatan pada saluran kemihnya.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Tes harus menunjukkan kontur, kapasitas dan keutuhan kandung kemih yang normal. Dinding kandung kemih harus halus, tidak tebal.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Tes cystography retrograde dapat mengidentifikasi adanya kantong pada dinding kandung kemih yang disebut divertikula. Juga dapat menemukan adanya tumor, batu atau endapan serpihan batu, atau gumpalan darah.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.