Pemeriksaan Ginjal (Pyelography Antegrade)

by -9 views

Pemeriksaan Ginjal (Pyelography Antegrade)

Pemeriksaan Ginjal (Pyelography Antegrade)
Pemeriksaan Ginjal (Pyelography Antegrade)
Sumber gambar :

Definisi

Pemeriksaan ginjal dengan sinar-X yang dinamakan pyelography antegrade untuk memeriksa ginjal. Pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade) dilakukan jika sumbatan ureter yang terjadi tidak memungkinkan untuk dilakukan cytoskopi.

Pada pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade) dokter memasukkan jarum ke ginjal, menyuntikkan cairan kontras khusus dan melakukan penyinaran sinar-X. Cairan kontras ini mempunyai sifat yang membuatnya akan tampak dalam gambaran sinar-X.

Mengapa pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade) dilakukan?

Pemeriksaan ginjal ini dilakukan karena beberapa alasan berikut ini :

  1. Untuk mengevaluasi sumbatan pada ginjal atau ureter yang disebabkan oleh striktur, batu, gumpalan darah atau tumor.
  2. Untuk mengevaluasi hidronefrosis
  3. Untuk memeriksa kondisi ginjal atau ureter sebelum atau setelah pembedahan.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade)?

  1. Anda akan mempelajari pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade, termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes (sekitar 1 sampai 2 jam). Pada saat pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade) dokter akan memasukkan jarum ke ginjal setelah memberi Anda obat tidur dan anestesi local. Urine dari ginjal akan dikumpulkan untuk diperiksa , jika perlu tabung akan dipasang terus pada ginjal untuk drainase.
  2. Anda akan merasa sedikit tidak nyaman pada waktu injeksi anestesi local dan cairan kontras , serta akan merasa seperti terbakar dan panas dalam waktu singkat karena cairan kontras tersebut.
  3. Katakan pada dokter dan perawat jika Anda menderita gangguan pembekuan darah. Juga jika Anda alergi terhadap kerang-kerangan (seperti kerang atau udang), yodium, atau cairan kontras pada pemeriksaan medis lainnya.
  4. Anda perlu berpuasa selama 6 sampai 8 jam sebelum pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade).
  5. Anda juga mendapat antibiotic sebelum dan sesudah pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade). Tepat sebelum pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade), Anda akan mendapat obat tidur untuk membantu Anda rileks.
  6. Anda perlu menandatangani surat yang menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan tes . Pastikan untuk membaca surat ini dengan hati-hati dan tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade)?

  1. Anda akan dibaringkan tertelungkup pada meja penyinaran. Kulit di atas ginjal dibersihkan dengan larutan antiseptic, dan disuntikkan dengan anestesi local.
  2. Dokter akan menusukkan jarum ke ginjal, memasang selang pada jarum tersebut dan mengumpulkan sedikit urine untuk diperiksa.
  3. Selanjutnya dokter akan menginjeksikan cairan kontras dan melakukan penyinaran sinar-X.
  4. Jika perlu dokter akan memasang selang pada ginjal untuk memungkinkan terjadinya drainase. Jika tidak diperlukan selang drainase, dokter akan melepas ginjal dan selang serta memasang perban.

Apa yang terjadi setelah pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade)?

  1. Perawat akan berulangkali memeriksa kondisi Anda.
  2. Perawat akan memeriksa warna dan volume urine Anda. Mungkin Anda akan merasa nyeri pada saat buang air kecil, tetapi perawat akanmemberi Anda obat sampai nyeri hilang. Urine Anda juga akan mengandung darah untuk sementara.
  3. katakan pada perawat jika Anda merasa nyeri, panas atau menggigil.
  4. Jika dokter memasang selang drainase ginjal, perawat akan memeriksa apakah drainasenya berjalan baik.

Apakah pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade)Berisiko?

Pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade)tidak boleh dilakukan pada penderita dengan gangguan pendarahan.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Setelah injeksi cairan kontras ginjal dan ureter harus terisi dengan rata dan ukuruan dan letaknya tampak normal. Struktur yang normal harus tergambar dengan jelas.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Pemeriksaan ginjal (Pyelography Antegrade) dapat menunjukkan daerah ginjal atau ureter yang membesar. Pembesaran ini berarti terjadi penyumbatan, yang dapat disebabkan oleh striktur, batu, gumpalan darah atau tumor.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.