Pembengkakan Kelopak Mata

by -7 views

Pembengkakan Kelopak Mata

Pembengkakan Kelopak Mata
Pembengkakan Kelopak Mata
Sumber gambar : http://diseasespictures.com

Definisi

Apapun yang mengiritasi mata juga dapat mengiritasi kelopak mata dan menyebabkan pembengkakan (edema). Pembengkakan dapat terjadi pada satu atau kedua kelopak mata. Pembengkakan dapat tidak nyeri atau disertai dengan rasa gatal atau nyeri.

PENYEBAB

Pembengkakan kelopak mata memiliki banyak penyebab. Pembengkakan kelopak mata biasanya terjadi akibat adanya kelainan pada kelopak mata, tetapi dapat juga disebabkan oleh gangguan di dalam atau disekitar orbita, bahkan dari gangguan di tempat lain di tubuh.

Penyebab yang paling sering adalah alergi, yang dapat menyebabkan salah satu atau kedua kelopak berkerut dan bengkak.
Reaksi alergi bisa disebabkan oleh:
– obat yang masuk ke dalam mata seperti tetes mata
– obat lain atau kosmetik
– serbuk sari atau partikel lain di udara
Pembengkakan kelopak mata juga bisa terjadi akibat:

  • Sengatan atau gigitan serangga
  • Infeksi bakteri, virus atau jamur 
  • Pembengkakan pada satu tempat pada satu kelopak mata sering terjadi dan seringkali disebabkan oleh sumbatan pada kelenjar minyak (kalazion) atau infeksi bakteri pada folikel rambut (hordeolum yang sering disebut sebagai bintitan / bintilan).

    Penyebab yang lebih jarang antara lain gangguan-gangguan yang menyebabkan pembengkakan di seluruh tubuh, terutama penyakit ginjal tertentu (sindroma nefrotik), infeksi bakteri pada kulit kelopak mata dan disekitar mata (selulitis periorbita), peradangan kronis pada tepi kelopak mata (blefaritis), dan kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme).

    Penyebab pembengkakan kelopak mata yang jarang terjadi tetapi berbahaya adalah infeksi pada orbita, infeksi disekitar dan di belakang mata (selulitis orbita), dan sumbatan pembuluh darah pada dasar otak oleh bekuan darah yang terinfeksi.

    Gejala

    Kelopak mata tampak membengkak. Selain itu, perlu diperhatikan apakah terdapat gejala-gejala lain yang penting : demam, hilangnya penglihatan, penglihatan ganda, penonjolan dari satu atau kedua mata (proptosis). Jika terdapat gejala-gejala tersebut, maka pembengkakan kelopak mata perlu mendapat perhatian dan penganganan yang lebih serius.

    Diagnosa

    Untuk sebagian besar kasus, diagnosis dapat ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksan fisik. Namun, jika diduga terdapat selulitis orbita, gangguan jantung, ginjal, tiroid, atau kelainan lainnya, maka dapat dilakukan pemeriksaan tambahan, seperti CT scan, MRI, atau pemeriksaan laboratoris.

    Pengobatan

    Cara paling baik dan tepat untuk mengobati pembengkakan kelopak mata adalah dengan mengatasi penyebabnya. Tidak ada terapi spesifik untuk mengobati pembengkakan kelopak mata. Penyebab pembengkakan perlu diatasi. Kompres dingin terkadang dapat mengurangi pembengkakan.

    Jika penyebabnya alergi, untuk mengurangi pembengkakan sebaiknya menghindari alergen (zat yang menyebabkan alergi). Jika pembengkakan disebabkan oleh adanya benda asing (misalnya partikel serangga yang tersangkut di dalam kelopak mata), maka benda asing harus segera diangkat.

    Referensi

    – C, Kathryn. Eyelid Swelling. Merck Manual Home Health Handbook. 2012. 

    http://www.merckmanuals.com/home/eye_disorders/symptoms_of_eye_disorders/eyelid_swelling.html

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.