Oleh – Oleh Khas Jogja yang Harus Jadi Incaran

by -4 views
1 Oleh – Oleh Khas Jogja yang Harus Jadi Incaran

Oleh – Oleh Khas Jogja yang Harus Jadi Incaran

Berlibur di Jogja belum afdhol jika tidak berburu oleh – oleh khas Jogja sebelum pulang. Ya, selain punya berbagai macam wisata kuliner yang super lezat, Jogja juga punya aneka ragam oleh – oleh yang harus dibawa pulang.

Mulai dari kerajinan sampai dengan makanan khasnya wajib dijadikan oleh – oleh untuk dibawa pulang. Berikut kami ulas untuk Anda apa saja oleh – oleh khas Jogja yang wajib jadi incaran!

Rekomendasi Oleh – Oleh Khas Jogja

Bakpia Pathok

Oleh – oleh khas Jogja yang satu ini sudah sangat legendaris di kalangan wisatawan. Oleh – oleh yang satu ini merupakan wisata kuliner khas Jogja yang memiliki tekstur lembut dan cita rasa yang sangat lumer di lidah.

Mengenai isiannya, awalnya Bakpia Pathok hanya hadir dengan isian campuran kacang hijau dan gula sebagaimana bakpia pada umumnya. Akan tetapi saat ini Bakpia Pathok terus mengeluarkan inovasi terbarunya dan menjadikan oleh – oleh ini memiliki beragam varian rasa.

Jadi untuk wisatawan yang kurang suka dengan varian bakpia yang memiliki isian kacang hijau bisa memilih varian isian lainnya. Ada isian keju, green tea, cokelat, red velvet, durian dan sebagainya. Anda tinggal datang saja ke gerai Bakpia Pathok dan bisa memilih sendiri semua varian bakpia yang disediakan.

Geplak

Geplak merupakan kue dengan cita rasa manis yang berbentuk bulat dan memiliki tampilan aneka warna. Camilan khas Jogja ini terbuat dari bahan dasar seperti parutan kelapa yang dipadukan dengan gula merah atau gula pasir untuk menambah cita rasa manisnya.

Selain bentuk kue yang unik, ciri khas lain dari kue geplak adalah kemasannya. Kue ini biasanya dikemas dengan bungkus bambu anyaman yang hadir dengan aneka ragam varian rasa seperti geplak rasa jahe, durian, strawberry dan aneka cita rasa lainnya.

Geblek

Namanya hampir mirip dengan oleh – oleh khas Jogja sebelumnya ya! Eits, tapi jangan dipikir geblek akan sama bentuk dan cita rasanya dengan geplak. Keduanya adalah kuliner khas Jogja yang berbeda.

Kalau geblek bukan kuliner dengan cita rasa manis melainkan memiliki cita rasa gurih. Geblek terbuat dari tepung tapioka yang kemudian dicampur dengan bumbu bawang dan dibentuk menyerupai angka 8.

Biasanya geblek disediakan dalam bentuk mentah sehingga jika dijadikan oleh – oleh untuk dibawa pulang bisa digoreng ketika sampai rumah. Kalau Anda mencari oleh – oleh khas Jogja berupa makanan yang tahan lama dan tidak mudah basi, wajib banget menjadikan geblek sebagai oleh – oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman.

Cokelat Monggo

Jika Anda merupakan pecinta cokelat, Anda bisa coba Cokelat Monggo khas Jogja ini. Olahan cokelat khas yang merupakan hasil karya Tiery Doturney pecinta cokelat asal Belgia ini akan memanjakan lidah Anda.

Cokelat Monggo hadir sejak tahun 2005 dan dibuat dari dark chocolate asli dengan presentase 69% dan dikemas dengan packaging yang sangat elegan. Kini Cokelat Monggo hadir dalam berbagai varian rasa.

Jadi Cokelat Monggo tidak hanya hadir dengan varian cokelat original saja melainkan juga ada varian rasa susu, durian, strawberry, caramel, mangga, cabai merah dan yang lainnya. Pecinta cokelat wajib banget mencoba sensasi Cokelat Monggo dan harus membawa pulang sebagai oleh – oleh!

Gudeg kalengan

Kalau Anda pecinta gudeg dan sedang mencari gudeg yang bisa dibawa pulang, Anda bisa bawa pulang oleh – oleh gudeg kalengan. Gudeg kalengan tersedia dalam dua varian yaitu varian gudeg basah dan gudeg kering.

Soal masa kadaluarsanya, gudeg kalengan lebih tahan lama karena dikemas dalam bentuk kaleng dan ditutup rapat dilengkapi awetan minyak yang membuatnya lebih tahan lama. Jadi Anda tidak perlu takut basi kalau membawa pulang oleh – oleh khas Jogja yang satu ini.

Wedang uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman sehat asal Jogja yang dibuat dari rendaman rempah – rempah kaya nutrisi. Walau dibuat dari rempah, akan tetapi jangan Anda membayangkan wedang uwuh memiliki cita rasa pahit.

Wedang uwuh memiliki cita rasa manis dan pedas karena terdapat campuran jahe di dalamnya.   Wedang uwuh cocok diseduh ketika malam atau diminum di musim hujan karena dapat menghangatkan badan. Wedang ini juga termasuk minuman yang kaya manfaat salah satu manfaatnya adalah dapat mengatasi sakit perut atau sakit lambung.

Baju dan kain batik

Jogja memang selama ini dikenal sebagai kota penghasil batik. Oleh sebab itu berburu kain batik akan sangat mudah di Jogja karena Jogja memang pusatnya kain batik. Batik dengan aneka ragam motif baik itu batik tulis atau batik cap bisa Anda bawa pulang.

Ada yang hadir dalam versi kain batik, sarung batik dan ada juga yang sudah dijahit menjadi rok atau baju batik. Harganya pun bervariasi ada yang dibanderol mulai dari 100 ribu rupiah dan ada juga yang dibanderol di atas 200 ribu rupiah. Semua itu tergantung bahan dan keunikan dari kain batik itu sendiri.

Batik Jogja baik itu kain batik atau baju batik bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai toko yang ada di kawasan Malioboro atau Pasar Beringharjo.

Gerabah kasongan

Jika Anda mencari alat dapur dari gerabah atau pajangan dari gerabah, Anda bisa datang ke Jl. Kasongan No. 223 Kajen, Bangunjiwo, Bantul. Di sana berbagai kerajinan gerabah dengan kualitas ekstra bisa Anda bawa pulang.

Perak Jogja

Selain Bali, kota di Indonesia lainnya yang juga terkenal sebagai pengrajin perak adalah Jogja. Daerah di Jogja yang identik dengan daerah penghasil perak adalah Kotagede. Oleh sebab itu memasuki wilayah Kotagede, Anda akan disambut dengan berbagai macam toko yang menjual pernak – pernik perak mulai dari cincin, kalung, sampai dengan gelang. Anda bisa memilih perhiasan perak dengan model apapun di sini.

Itulah daftar oleh – oleh khas Jogja yang harus Anda bawa pulang kalau sedang jalan – jalan di Jogja. Lantas bagaimana dengan Anda? Akan memilih oleh – oleh yang mana dari daftar di atas untuk dibawa pulang? Pastikan Anda harus bawa salah satunya agar keluarga di rumah senang dengan kepulangan Anda! Happy holiday!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.