Neuronitis Vestibularis

by -5 views

Neuronitis Vestibularis

Neuronitis Vestibularis
Neuronitis Vestibularis
Sumber gambar : http://www.webmd.com

Definisi

Neuronitis Vestibularis (Vestibular Neuronitis) adalah suatu penyakit yang ditandai oleh adanya serangan vertigo (perasaan berputar) mendadak akibat peradangan pada saraf yang menuju ke kanalis semisirkularis.

PENYEBAB

Penyakit ini kemungkinan disebabkan oleh virus.

Gejala

Neuronitis vestibularis bisa muncul sebagai serangan vertigo tunggal yang berlangsung selama beberapa hari, meskipun banyak orang yang juga mengalami serangan vertigo tambahan yang lebih ringan selama beberapa minggu setelahnya. Serangan vertigo pertama biasanya yang paling berat. Vertigo bisa disertai rasa mual dan muntah yang berlangsung selama 7-10 hari. Ada gerakan mata yang cepat ke satu arah bergantian dengan gerakan balik yang lebih lambat ke posisi semula (disebut sebagai nistagmus).

Serangan berikutnya biasanya berlangsung lebih singkat dan lebih ringan dibandingkan dengan serangan sebelumnya, serta biasanya hanya terjadi ketika kepala berada pada posisi tertentu. Penyakit ini biasanya tidak mempengaruhi fungsi pendengaran.

Diagnosa

Dilakukan pemeriksaan fungsi pendengaran dan elektronistagmografi (rekaman pergerakan mata dengan menggunakan metoda elektronik). Pemeriksaan nistagmus lainnya adalah dengan memasukkan sejumlah kecil air dingin ke dalam setiap saluran telinga lalu pergerakan mata penderita direkam.

Untuk membedakan neuronitis vestibularis dari penyebab vertigo lainnya bisa dilakukan pemeriksaan MRI kepala.

Pengobatan

Terapi vertigo diberikan hanya untuk meredakan gejala-gejala yang ada. Obat-obat yang diberikan bisa berupa meclizine, lorazepam, atau scopolamine. Obat-obat ini sebaiknya hanya digunakan untuk sementara, karena penggunaan jangka panjang bisa memperpanjang durasi gejala, karena mencegah otak mengkompensasi gangguan vestibular yang terjadi.

Rasa mual dan muntah bisa diatasi dengan menggunakan obat-obat yang mengandung prochlorperazine. Jika muntah terus terjadi, maka mungkin diperlukan tambahan cairan dan elektrolit melalui pembuluh darah (infus).

Meskipun vertigo biasanya mereda dengan relatif cepat (dalam waktu beberapa hari), tetapi perasaan pusing bisa tetap ada sampai beberapa minggu. Selama waktu ini, penderita disarankan untuk tetap aktif.

Referensi

– L, Lawrence R. Vestibular Neuronitis. Merck Manual Home Health Handbook. 2012.

http://www.merckmanuals.com/home/ear_nose_and_throat_disorders/inner_ear_disorders

/vestibular_neuronitis.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.