Neuroma Akustik

by -10 views

Neuroma Akustik

Neuroma Akustik
Neuroma Akustik
Sumber gambar : http://www.anac.ca

Definisi

Neroma Akustik (Neurinoma Akustik, Schwannoma Vestibular, Tumor Saraf VIII) adalah suatu tumor jinak yang berasal dari sel Schwann, yaitu sel-sel yang membungkus saraf vestibularis (saraf yang mengatur keseimbangan).

PENYEBAB

Penyebabnya belum diketahui.

Gejala

Tumor ini berasal dari saraf yang mengatur keseimbangan (saraf vestibularis), yang terletak di dekat saraf pendengaran (saraf koklearis). Saraf pendengaran berfungsi untuk membawa sinyal suara ke otak. Akibatnya, gejala awal dari tumor ini bisa berupa penurunan fungsi pendengaran secara perlahan pada telinga yang terkena, adanya tinitus (bising atau berdenging), sakit kepala, perasaan adanya tekanan atau rasa penuh di dalam telinga, nyeri telinga, dan ketidakseimbangan saat penderita berubah posisi dengan cepat.

Jika tumor tumbuh semakin besar dan menekan bagian lain dari otak, misalnya saraf fasialis atau saraf trigeminal, maka bisa terjadi kelemahan dan rasa baal pada wajah.

Diagnosa

Diagnosis dini didasarkan dari hasil pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan tes pendengaran (termasuk ABSR/auditory brain stem response yang menilai perjalanan gelombang saraf ke otak).

Pengobatan

Tumor dihilangkan melalui pembedahan atau terapi radiasi. Pembedahan bisa dilakukan menggunakan mikroskop (bedah mikro) untuk menghindari kerusakan pada saraf fasialis (saraf wajah). Terapi radiasi bisa diberikan menggunakan teknik yang sangat akurat (disebut stereotactic radiosurgery) sehingga radiasi yang diberikan hanya mengenai tumor.

Referensi

– L, Lawrence R. Acoustic Neuroma. Merck Manual Home Health Handbook. 2012. 

http://www.merckmanuals.com/home/ear_nose_and_throat_disorders/inner_ear_disorders/

acoustic_neuroma.html

– M, Richard T. Auditory Nerve Tumor. Merck Manual Home Health Handbook. 2008.

http://www.merckmanuals.com/home/ear_nose_and_throat_disorders/middle_and_inner_ear_

disorders/auditory_nerve_tumors.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.