Nephrotomography

by -7 views

Nephrotomography

Nephrotomography
Nephrotomography
Sumber gambar :

Definisi

Tes Nephrotomography Memberikan pencitraan lapisan atau potongan ginjal dan pembuluh darahnya. Pada tes Nephrotomography, dilakukan sinar-X khusus dan digunakan film yang lain setelah ginjal terlapisi dengan cairan kontras. Dengan diinjeksikan pada lengan, cairan kontras ini mempunyai sifat khusus yang membuatnya dapat tampak pada penyinaran.

Nephrotomography dapat dilakukan sebagai tes yang terpisah atau sebagai pelengkap pada tes yang dinamakan pyelography intravena. Nephrotomography membantu mengidentifikasi masalah-masalah yang didukung dengan tes lain

Mengapa Nephrotomography dilakukan?

Nephrotomography mungkin dilakukan karena beberapa alasan berikut ini :

  1. Untuk membedakan kista ginjal yang sederhana dari tumor
  2. Untuk mengevaluasi laserasi pada ginjal
  3. Untuk menemukan tumor pada kelenjar anak ginjal kalau tes lain menunjukkan adanya tumor tetapi letaknya tidak diketahui.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes Nephrotomography?

  1. Anda akan mengetahui siapa yang akan melakukan tes Nephrotomography dan dimana, tes Nephrotomography berlangsung kurang dari 1 jam. Selama tes Nephrotomography, Anda diposisikan pada meja penyinaran dan akan mendengar suara keras, berdentam pada saat dilakukan penyinaran. Pada saat cairan kontras diinjeksikan, Anda akan merasa seperti terbakar atau tersengat pada tempat tusukan, kemerahan dan rasa seperti logam.
  2. Katakan pada dokter atau perawat jika Anda alergi terhadap kerang-kerangan (seperti kerang atau udang), yodium, atau cairan kontras yang digunakan pada tes lain.
  3. Anda akan berpuasa selama 8 jam sebelum tes Nephrotomography.
  4. Anda akan mendapat surat yang menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan tes Nephrotomography. Pastikan untuk membacanya dengan hati-hati dan tanyakan jika ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes Nephrotomography?

  1. Anda dibaringkan pada meja penyinaran dan dilakukan tomografi.
  2. Setelah melihat hasil tomografi awal, dokter memilih lima gambar vertical ginjal untuk dicetak. Kemudian dokter memberikan cairan kontras dan dilakukan tomografi tambahan.

Apa yang terjadi setelah tes Nephrotomography?

  1. Perawat akan mencek kondisi Anda secara teratur selama 24 jam sesudahnya.
  2. Katakan pada perawat jika Anda merasa panas, mual, gatal-gatal atau bersin berulang-ulang, perawat akan memberi Anda pengobatan.

Apakah tes Nephrotomography berisiko?

Nephrotomography dilakukan dengan sangat hati-hati pada penderita yang mempunyai alergi terhadap yodium atau kerang-kerangan. Juga jika dilakukan pada penderita penyakit jantung dan pembuluh darah yang parah atau multiple myeloma.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Ukuran, bentuk dan posisi ginjal harus tampak normal. Tidak ada tumor, batu atau kelainan lain.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Problem yang dideteksi dengan tes Nephrotomography adalah kista simple dan tumor, daerah yang sirkulasinya jelek, dan laserasi ginjal yang terjadi setelah trauma.

Gejala

Diagnosa

Pengobatan

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published.