Mioklonus

by -6 views

Mioklonus

Mioklonus
Mioklonus
Sumber gambar : http://www.thetoryparty.com

Definisi

Mioklonus menunjuk pada sentakan-sentakan (kontraksi) otot atau sekelompok otot yang cepat dan singkat. 

Mioklonus dapat hanya mengenai satu tangan, sekelompok otot pada lengan atas, tungkai, atau wajah. Atau dapat juga mengenai banyak otot pada waktu yang sama. Hiccup (cegukan) merupakan salah satu jenis mioklonus yang mengenai diafragma, yaitu otot yang memisahkan dada dengan perut. 

PENYEBAB

Mioklonus dapat terjadi secara normal, seringkali ketika seseorang tertidur. Atau dapat juga terjadi akibat kelainan-kelainan seperti gagal hati, gagal ginjal, henti jantung, kerusakan otak akibat virus, gangguan metabolik (misalnya gula darah yang tinggi atau rendah), berkurangnya oksigen di tubuh secara tiba-tiba, cedera kepala, penyakit Creutzfeldt-Jakob, dan epilepsi mioklonik juvenile.

Mioklonus dapat terjadi setelah seseorang mengkonsumsi obat-obat tertentu dalam dosisi tinggi, misalnya obat antihistamin, beberapa obat anti-depresan (misalnya amitriptyline), levodopa, atau opioid. 

Gejala

Mioklonus dapat terjadi ringan atau berat. Otot-otot dapat tersentak dengan cepat atau lambat, ritmik atau tidak. Mioklonus dapat terjadi sesekali atau sering, dapat terjadi spontan atau dipicu oleh suatu stimulus, seperti suara berisik, cahaya, atau gerakan yang tiba-tiba. Pada penyakit Creutzfeldt-Jacob (penyakit degeneratif otak yang jarang), mioklonus menjadi sangat jelas ketika penderita tiba-tiba terkejut. Jika mioklonus disebabkan oleh gangguan metabolik, maka mioklonus dapat menetap dan mengenai otot-otot di seluruh tubuh, terkadang dapat menyebabkan terjadinya serangan kejang.

Diagnosa

Diagnosis mioklonus dibuat berdasarkan gejala-gejala yang ada. Pemeriksaan lain dapat dilakukan untuk mengidentifikasi penyebabnya.

Pengobatan

Jika mungkin atasi penyebab terjadinya mioklonus, misalnya menghentikan pemakaian obat-obat tertentu yang dapat menyebabkan terjadinya mioklonus, gula darah yang tinggi atau rendah dapat dikoreksi, dan gagal ginjal diatasi dengan hemodialisa (cuci darah). Jika penyebabnya tidak dapat diatasi, maka terkadang pemberian obat-obat seperti valproate atau clonazepam dapat membantu. Selain itu pemberian suplemen makanan yang mengandung 5-hydroxytryptophan (yang diproduksi di otak) juga dapat membantu.

Referensi

– E. David, P. Michael. Myoclonus. 2007. http://www.merckmanuals.com/home/

brain_spinal_cord_and_nerve_disorders/movement_disorders/myoclonus.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.