Kenali Lebih Jauh Manfaat Kacang Hijau

by -5 views
kacang hijau

Manfaat kacang hijau

Selain kolak, olahan dari kacang hijau yaitu bubur kacang hijau merupakan makanan yang sangat diminati ketika bulan Ramadhan tiba. Kacang hijau sendiri termasuk ke dalam keluarga polong-polongan serta merupakan salah satu sumber bahan pangan yang mempunyai protein nabati yang cukup tinggi.

 

Pada beberapa artikel dan berbagai tulisan ilmiah, untuk penamaan latin dari nama kacang hijau sendiri ada yang menggunakan Vigna Radiata L. atau bisa juga disebut Phaseolus Radiatus L. Dalam bahasa asing sendiri kacang hijau juga disebut sebagai mung bean, golden gram serta green gram.

 

Kacang hijau adalah tanaman semusim yang mempunyai umur pendek atau 60 hari dan banyak dikembangkan di Indonesia. Berdasarkan sumber kajian ilmiah, Pulau Jawa merupakan daerah yang memberikan kontribusi sebesar 61% terhadap produksi kacang hijau nasional.

 

Produksi kacang hijau tersebar di berbagai daerah di Indonesia antara lain Sumatera Selatan, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, NTB serta NTT.

 

Susunan dari tubuh tanaman kacang hijau terdiri dari akar, daun, batang, bunga, buah dan biji. Tanaman ini berakar tunggang. Kacang hijau memiliki batang yang tegak serta mempunyai tinggi yang beragam, antara 30-60 cm tergantung dari varietasnya. Lalu cabangnya menyebar ke semua arah.

 

Batang utamanya memiliki bentuk bulat serta berbuku-buku. Ukuran batangnya kecil, berbulu serta memiliki warna hijau kecoklatan atau kemerahan. Bunga dari tanaman kacang hijau memiliki bentuk seperti kupu-kupu dan mempunyai warna kuning kehijauan atau kuning pucat.

 

Daunnya tumbuh majemuk, terdiri atas tiga helai anak daun pada setiap tangkai. Helai daunnya berbentuk oval disertai bagian ujung yang lancip dan berwarna hijau muda sampai hijau tua. Buah dari tanaman ini berbentuk polong. Pada kotiledon terdapat kandungan pati dan serat, sedangkan lembaganya mengandung protein serta lemak.

 

Kacang Hijau, Mengandung Banyak Protein Nabati

Biji kacang hijau mempunyai kandungan gizi yang sangat baik seperti karbohidrat, selenium, lemak, magnesium serta beberapa jenis vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, C hingga E. Kandungan protein nabati yang ada di dalam kacang hijau mencapai 24% serta kandungan asam amino esensial di dalamnya seperti isoleusin, leusin, lisin fenilalanin, triptofan, serta metionin.

 

Tidak hanya bagus untuk kesehatan manusia, protein nabati ini sangat berpotensi digunakan sebagai pakan ternak, karena dapat meningkatkan fertilitas atau kualitas spermatozoa jantan.

Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang kecambahnya sering disebut sebagai tauge. Selain kacang hijau, tauge juga dapat berasal dari kecambah kacang kedelai.

 

Kecambah kacang hijau mengandung vitamin E yang cukup tinggi dan tidak akan ditemukan pada kacang tanah serta kedelai. Folat yang terkandung dalam kacang hijau juga sangat tinggi. Tidak heran bila ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi sari kacang hijau dikarenakan folat yang terkandung dalam kacang hijau sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan sel.

 

Selain itu kacang hijau juga dapat membantu membentuk sel darah merah normal serta dapat mencegah anemia. Kacang hijau juga bisa membantu mengontrol nafsu makan, sehingga bisa membantu menjaga berat badan dan cocok untuk yang sedang melakukan program diet.

 

Manfaat Kacang Hijau

Tidak hanya dapat dijadikan sebagai minuman, kacang hijau juga dapat menjadi isian berbagai macam kudapan, seperti bakpao, roti isi, bakpia dan lain sebagainya. Ada kabar menggembirakan untuk kalian para pecinta kacang hijau. Fakta menjelaskan bahwa sering mengonsumsi kacang hijau ternyata dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan, loh!

 

Kacang hijau adalah salah satu jenis polong-polongan yang menyehatkan. Hal tersebut karena kacang hijau mengandung nutrisi yang bisa dibilang lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, serat, mineral, asam folat, kalsium hingga zat besi.

 

 

 

Berikut manfaat yang bisa didapat jika kita mengonsumsi kacang hijau.

  1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau berperan sebagai anti-pembengkakan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, serta menetralkan zat berbahaya seperti bakteri, iritasi, virus dan lain-lain.

 

  1. Dapat melancarkan pencernaan

Dikenal sebagai makanan yang mengandung serat yang banyak, sehingga dengan mengonsumsi kacang hijau bisa memperlancar pencernaan serta membantu pembersihan racun yang ada di tubuh atau istilahnya detoksifikasi tubuh.

 

  1. Dapat membersihkan tubuh dari racun

Kandungan yang terdapat dalam kacang hijau, seperti protein, tanin dan flavonoid berfungsi untuk membersihkan racun-racun dalam tubuh, contohnya merkuri dan besi.

 

  1. Dapat mencegah kanker

Dalam suatu penelitian medis telah ditemukan bahwa kacang hijau bisa mencegah kerusakan DNA serta mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal tersebut karena kacang hijau mengandung polyphenol serta oligosakarida yang dapat menghambat laju perkembangan kanker.

 

  1. Dapat menjaga kesehatan jantung

Untuk dapat menjaga kesehatan jantung, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kacang hijau. Karena kacang jenis ini di dalamnya terkandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu juga bisa menurunkan kadar kolesterol yang jahat di dalam tubuh.

 

  1. Dapat mengurangi gejala PMS

Mengonsumsi kacang hijau bagi para wanita juga bermanfaat dalam membantu mengendalikan hormon yang bisa memicu gejala-gejala PMS. Jadi dengan mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kacang hijau, para wanita tidak perlu lagi terganggu dengan masalah yang berhubungan dengan PMS.

 

Sehingga dapat menjalani aktivitas seperti biasa dengan baik. Hal tersebut berkat kandungan yang ada di dalam kacang hijau, yaitu vitamin B6, vitamin B, folat dan magnesium.

 

  1. Dapat menurunkan berat badan

Serat yang ada di dalam kacang hijau tidak hanya bagus dalam memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan jantung, namun juga bisa membuat yang mengonsumsi kenyang lebih cepat dan lebih lama. Sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Selain itu, kacang hijau juga dapat menjadi pilihan makanan untuk orang yang sedang diet, karena kandungan lemak yang rendah.

 

  1. Sangat baik bagi wanita hamil

Asam folat merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam kacang hijau, sehingga sangat baik bagi wanita hamil ataupun bagi yang baru merencanakan kehamilan untuk mengonsumsi kacang hijau.

 

Ibu hamil disarankan untuk mendapatkan asam folat yang cukup agar sang bayi terhindar dari kelahiran prematur, lahir dengan berat badan yang rendah atau bahkan keguguran. Selain itu asam folat juga bisa mengurangi risiko bayi lahir yang cacat sistem saraf sampai 50%.

 

  1. Dapat menjaga kesehatan tulang

Dalam 100 gram kacang hijau, setidaknya terkandung 53% magnesium. Nutrisi tersebut bermanfaat dalam meningkatkan kepadatan tulang, berperan dalam pembentukan sel-sel tulang dan dapat menurunkan risiko osteoporosis pada wanita setelah masa menopause.

 

Itulah berbagai macam kandungan dan manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi kacang hijau. Semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.