Jarang Orang Tahu, Inilah Beragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan!

by -26 views
jeruk nipis

Manfaat jeruk nipis

Berbentuk bulat dan berukuran kecil, siapa sangka manfaat jeruk nipis justru memberikan kontribusi yang sangat besar dalam dunia kesehatan. Rasanya yang asam dan menyegarkan sering dijadikan tambahan rasa untuk beragam makanan dan minuman. Dalam masakan, buah ini bahkan sangat penting untuk dapat menetralisir rasa amis dari ikan.

Tak hanya sekedar untuk perasa makanan dan minuman, jeruk ini sangat kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Dalam setiap satu butirnya mengandung vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Selain vitamin C, terdapat juga karbohidrat, protein, serat, lemak, kalsium, zat besi, vitamin B6, thiamin, kalori dan kalium.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Tak semua orang tahu, ternyata jeruk berukuran kecil justru memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, simaklah uraiannya berikut ini!

  1. Menurunkan Berat Badan

Rasanya memang terdengar agak mustahil bahwa buah jeruk yang berukuran kecil mampu membantu menurunkan berat badan seseorang. Namun siapa sangka, jeruk ini mengandung asam sitrat yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mampu membakar kalori lebih banyak dan hanya menyimpan lemak yang sedikit.

Untuk hasil yang efektif dalam membantu menurunkan berat badan, sebaiknya Anda harus mengonsumsi air dari perasannya secara rutin di pagi hari atau setiap sebelum makan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kaya akan kandungan vitamin C menjadikannya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Bahkan dalam ramuan tradisional, salah satu khasiatnya dipercaya mampu membantu menyembuhkan luka dengan proses yang cepat.

  1. Mencegah Batu Ginjal

Kandungan asam sitrat di dalamnya mampu mencegah terbentuknya batu ginjal di dalam tubuh. Faktanya orang-orang yang rutin mengonsumsi buah-buahan sitrus dengan kadar asam tinggi memang sangat rendah beresiko mengalami gangguan penyakit batu ginjal.

  1. Menghambat Tumbuhnya Bakteri

Dalam kandungannya terdapat limonin yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri jenis streptococcus.  Bakteri tersebut menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit, seperti misalnya gangguan saluran pernafasan dan infeksi pada rongga mulut.

  1. Melancarkan Pencernaan

Saat mengalami gangguan pencernaan sangat disarankan untuk meminum air perasan jeruk citrus x aurantiifolia atau nipis. Hal itu karena kandungan asam di dalamnya dapat membersihkan saluran pembuangan tinja sehingga membuat Anda merasa ingin buang air besar.

  1. Menyehatkan Kulit

Menjaga supaya kulit tetap sehat dan kencang dibutuhkan antioksidan dan asupan kolagen di dalam tubuh. Dalam memproduksi kolagen maka asupan vitamin C sangatlah dibutuhkan. Dan vitamin C yang terkandung dalam jeruk jenis nipis ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan antioksidan dan juga kolagen dalam tubuh.

  1. Membantu Penyerapan Zat Besi

Jeruk jenis nipis memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak ingin menderita penyakit anemia maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi jeruk sitrus sehingga penyakit anemia pun dapat dihindari.

  1. Mencegah Penyakit Gusi

Penyakit gusi disebabkan oleh kekurangan mengonsumsi  makanan yang mengandung vitamin C. Kondisi tersebut biasanya disebut dengan scurvy atau biasanya ditandai dengan gusi yang bengkak, bergoyang hingga terjadi pendarahan. Apabila tidak dicegah penyakit ini benar-benar terasa sangat menyakitkan.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi jeruk jenis sitrus atau nipis dijamin ampuh dalam mencegah penyakit gusi  karena kandungan vitamin C nya yang begitu tinggi.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Banyak orang di dunia setiap harinya mengalami kematian akibat penyakit jantung. Penyakit jantung tentu saja menjadi sakit yang sangat menakutkan dan tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang sangat rentan untuk beresiko terkena penyakit mengerikan tersebut. Dengan sangat sederhana, siapa sangka mengonsumsi jeruk sitrus atau nipis ternyata mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

Dengan mengonsumsinya, tekanan darah akan menjadi turun dan mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Manfaat tersebut bahkan sudah dibuktikan dengan hasil penelitian pada NCBI (National Center for Biotechnology Information)

Jeruk jenis sitrus atau nipis dalam dunia kesehatan memang sangat bermanfaat, dalam mengonsumsinya Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam jenis minuman yang sangat lezat. Bahkan beberapa resep minuman sudah ada sejak dahulu kala dan menjadi resep turun-temurun.

Resep Olahan Minuman dari Jeruk Sitrus atau Nipis yang Sehat dan Nikmat

Dalam mengonsumsi jeruk sitrus atau nipis akan lebih nikmat jika dikreasikan menjadi olahan minuman yang khas. Dan ini dia resepnya!

  1. Teh Serai, Jahe dan Jeruk Sitrus atau Nipis

Sedikit berbeda dengan minuman teh pada umumnya, teh dengan perpaduan serai, jahe dan jeruk yang asam akan menciptakan sensasi rasa yang nikmat dan segar. Minuman ini bahkan sangat ampun untuk menjadi obat bagi seseorang yang terkena flu. Inilah cara membuatnya:

  • Bahan-bahan: teh, serai, jahe, jeruk sitrus atau nipis
  • Cara membuat: Rebus air dan masukan jahe serta serai hingga mendidih, tuang ke dalam gelas yang sudah diberi teh dan gula. Aduk hingga rata dan terakhir masukan perasan jeruknya.
  1. Es Kuwut Khas Bali

Tidak selalu dikonsumsi secara hangat, olahan minuman jeruk sitrus atau nipis ternyata dapat dibuat menjadi minuman es yang sangat nikmat. Salah satunya yaitu diolah menjadi es kuwut minuman khas asli Bali. Dan inilah cara membuatnya:

  • Bahan-bahan: serutan kelapa mudah, melon, selasih, air kelapa, gula dan jeruk sitrus
  • Cara membuat: Masukan serutan kelapa, melon dan selasih, air kelapa dan gula dalam wadah, aduk hingga merata dan terakhir berikan perasan jeruk sitrus atau nipis sesuai selera
  1. Brazilian Limeade Khas Brazil

Minuman ini berasal dari Brazil yang bahan utamanya yaitu terdiri dari jeruk sitrus atau nipis. Cara pembuatannya pun ternyata cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Bahan-bahan: 4 buah Jeruk sitrus atau nipis, susu kental manis, air dingin dan gula
  • Cara membuat: Blender jeruk yang telah dicuci dan dipotong bersih. Masukan air dingin, gula dan susu kental manis hingga semua bahan halus dan tercampur rata.
  1. Wedang Serai dan Jeruk Sitrus atau Nipis

Dalam pembuatannya cukup mudah dan hanya membutuhkan dua bahan saja. Selain nikmat olahan minuman dari jeruk jenis nipis ini sangat ampuh untuk menyembuhkan demam dan juga flu yang sudah digunakan sejak dahulu kala. Cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  • Bahan-bahan: 5 batang serai, jeruk sitrus, gula merah
  • Cara membuat: Rebus serai hingga mendidih, kemudian masukan gula merah dan aduk hingga rata. Setelah itu hidangkan minuman dalam gelas, lalu masukan perasan jeruk sitrusnya dan aduk kembali hingga rasa asamnya sudah terasa

Dalam dunia kesehatan, jeruk nipis memang sudah terbukti memiliki manfaat yang sangat besar terutama bagi kesehatan tubuh. Meski tidak ada efek samping secara khusus, mengonsumsinya tetap harus sesuai takaran yang tepat dan bila perlu sesuai anjuran dari dokter. Hal itu perlu diperhatikan karena konsumsi yang berlebihan menjadikan kandungan asamnya yang tinggi justru akan memicu timbulnya gangguan pencernaan atau gangguan kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.