Faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi

by -4 views

Penyakit darah tinggi atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hipertensi merupakan penyakit yang banyak dialami oleh sebagian orang terutama pada orang-orang yang lansia atau lanjut usia. Pada umumnya jika seseorang terkena penyakit ini akan mengalami sakit kepala, Wajah menjadi kemerahan,detak jantung yang berdebar-debar dan sulit konstentrasi. Jika anda mengalami beberapa gejala yang saya sebutkan sebaiknya anda langsung cek darah anda.

Munculnya penyakit hipertensi ini, bukan karena sebab. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini muncul ditubuh anda salah satunya pola makan yang tidak sehat. Namun bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas dan dalam tentang faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi, silahkan simak informasinya dibawah ini

Faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi

Usia

Menurut ahli kesehatan, faktor utama seseorang terkena penyakit darah tinggi yaitu usia. Kenapa usia faktor utama pemicu darah tinggi ? Sebab semakin seorang bertambah tua maka elastisitas pembuluh darah kita juga berkurang sehingga cenderung mengalami penyempitan pembuluh dara

Faktor Keturunan

Faktor keturunan salah satu faktor yang sering menyebabkan seseorang terkena darah tinggi, jadi bila orang tua anda saat ini terkena penyakit darah tinggi kemungkinan besar anda juga terkena penyakit tersebut. Namun untuk lebih memastikannya anda bisa memeriksakannya ke dokter

Kurang Gerak

Bagi mereka yang bekerja di perkantoran pasti rutinitas setiap harinya hanya duduk dan bekerja menghadap komputer. Duduk dengan waktu yang lama, ditambah dengan kurangnya berolahraga dapat meningkatkan resiko penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah. Bagi anda yang bekerja dikantoran, sangat di anjurkan untuk melakukan aktivitas olahraga secara rutin

Gender

Pria yang sudah berumur 45 tahun ke atas lebihi lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi, tapi tidak hanya pria saja yang mudah terkena penyakit tekanan darah tinggi namun wanita pun juga memiliki tingkat resiko yang sama. Tapi menurut hasil penelitian menyatakan justru pada usia di atas itu wanita lebih beresiko.

Berat Badan Berlebih(Obesitas)

Orang yang memiliki berat badan berlebih, lebih beresiko terkan penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan Indeks Massa Tubuh melebihi batas normal.

Pola Makan

Salah satu faktor yang menyebabkan darah tinggi selanjutnya yaitu pola makan. Sebaiknya jika anda ingin terhindar dari penyakit darah tinggi, anda bisa menghindari makanan yang mengandung tinggi kalori, gula da lemak. Sebab ketiga jenis makanan tersebut salah satu pemicu penyakit tekanan darah tinggi.

Stres

Jika seorang stres makan hormon adrenalin akan meningkat, hal ini lah yang dapatĀ  meningkatkan tekanah darah sewaktu. Selain itu stres juga dapat mengakibatkan jantung memompa darah lebih cepat sehingga tekanan darah pun meningkat.

Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Salah satu yang menyebabkan darah tinggi yaitu mengkonsumsi minuman beralkohol,sebab mengkonsumsi minuman alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.