Fakta Penyakit Trypophobia

by -24 views

Seperti apa ya penyakit trypophobia ini? Dilihat dari gambar di atas penyakit trypophobia sedikit agak aneh dan menyeramkan. Apa emang bisa ya?? menyerang ke kulit kita atau tidak! Yuk mari baca selengkapnya tentang penyakit trypophobia.

Pengertian Trypophobia
Dalam bahasa Indonesia disebut fobia merupakan perasaan takut terhadap suatu objek secara berlebihan. Jadi penyakit trypophobia merupakan perasaan takut Anda yang berlebihan dan cenderung tidak masuk akal terhadap segala bentuk lubang. Perasaan ketakutan terbaru ini ditemukan oleh sekelompok ilmuwan bidang psikolog dari University of Essex di Inggris. 

Sebenarnya jenis gangguan ini terkadang terdengar lucu dan aneh bagi orang umum, gangguan ini juga disebut sebagai gangguan anxietas fobik. Perasaan yang timbul secara berlebihan pada objek yang ditakuti yang biasanya tidak berbahaya atau menakutkan sehingga pikiran negatif yang muncul dari dalam diri sendiri.

Penyebab Trypophobia
Dari penyebab trypophobia sendiri belum dapat dipastikan, namun dari hasil penelitian yang di pimpin oleh Geoof Cole bahwa penyebabnya adalah melihat kemiripan pola lubang dengan hewan beracun. Sehingga penderita yang mengalami trypophobia akan merasa takut ketika melihat pola lubang yang terulang seperti sarang semut, sarang lebah, gelembung sabun, atau terumbu karang.

Gejala dan Tanda Trypophobia
Seseorang yang mengalami trypophobia akan mengalami trauma psikologis ketika melihat pola lubang dihadapannya. Namun secara umum penderita trypophobia akan mengalami beberapa gejala dan tanda seperti berikut:
Panik dan persaan takut yang berlebihan
 

  • Timbul kecemasan tinggi yang dapat mengurangi respon gerak anggota tubuh
  • Jantung berdebar-debar
  • Kepala pusing atau migrain
  • Keringat banyak disertai perasaan panas di sekujur tubuh
  • Pada anak-anak yang menderita trypophobia cenderung akan rewel dan terus menangis karena takut

 

Cara Mengatasi Trypophobia

Penyakit trypophobia ini sebenarnya bukanlah penyakit serius yang tidak dapat disembuhkan. Sebagaimana umumnya fobia, trypophobia ini sebenarnya dapat disembuhkan secara mandiri dengan dimulai dari diri sendiri dan niat untuk menghilangkan rasa takut.

 

Cara mengatasi trypophobia dengan melihat gambar klaster lubang sehingga penderita menjadi tidak peka terhadap lubang berulang. Jika dilakukan secar rutin, maka gangguan trypophobia perlahan akan menghilang dengan terbiasanya penderita melihat pola gambar dengan lubang berulang,

 

Dan dapat juga dilakukan dengan terapi neurolingistik, atau berkonsulatasi dengan psikolog.  Jadi jika Anda tengah menderita trypophobia ini, mulailah untuk memberanikan diri berlatih melihat untuk memberanikan diri berlatih melihat pola gambar kluster berlubang. Dengan cara tersebut yakinlah gangguan psikis trypophobia ini bisa diatasi dengan mudah.

 

Semoga dengan membaca penyakit trypophobia ini Anda bisa menghilangkan perasaan takut dan bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.