Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

by -7 views

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal merupkan organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat ekresi yang berupa urine. Selain itu, ginjal juga berperan penting dalam mempertahankan homeostatik, mengatur volume cairan, keiseimbangan asam dan basa serta banyak lainnya.

Ginjal terletak di kanan dan kiri dibawah tulang iga. Untk strukturnya sendiri biasanya ginjal sebelah kanan lebih pendek dibanding sebelah kiri. Kemudian lebih dalam lagi, bagian ginjal terdiri dari beberapa unit fungsional yang memiliki fungsi masing – masing sebagai organ perkemihan manusia. Berikut adalah beberapa fungsi ginjal.

Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Manusia

Mengatur Volume Cairan dalam Tubuh

Hampir sepertiga dari berat badan manusia adalah cairan. Bayangkan jika cairan dalam tubuh manusia hilang ? akan menjadi apa ? nah disini adalah peran ginjal yang mengatur volumenya. Jika cairan dalam tubuh meningkat, maka ginjal akan mengeksresikannya menjadi urine dalam volume yang banyak dan bening. Sedangkan, volume air dalam tubuh berkurang, bentuk urin yang dikeluarkan akan berwarna kuning pekat.

Mengatur Keseimbangan Osmotik dan Elektrolit

Sama halnya dengan mengatur volume cairan, kelebihan elektrolit dalam tubuh juga akan diekresikan dalam bentuk urine. Ginjal akan mengeksresikan ion ion penting dalam tubuh seperti Kalium, Natrium, Kalsium, Fosfat dan Klorida.

Mengatur Keseimbangan Asam Basa

Jika membicarakan mengenai asam dan basa maka kaitannya deng PH. Untuk PH normal urin yakni kisaran 4.8 sampai 8.2. Yang mempengaruhi PH urine diantaranya yakni makanan yang dikonsumsi dan PH dalam darah
 

Fungsi Hormonal

Selain sebagai alat ekresi ginjal cairan, ginjal juga berfungsi sebagai ekresi hormon. Salah satunya yakni hormon renin yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah, pembentukan seldarah merah. Tidak hanya hormon renin, hormon dehidroksilekalsiferol juga diekresikan di ginjal yang memiliki fungsi untuk absorpsi ion kalium dalam usus.
Setelah melihat fungsi ginjal diatas, maka kita akan mengetahui seberapa pentingnya untuk merawat gijal agar tetap sehat dan berfungsi dengan sewajarnya. Ada beberapa gangguan ginjal yang bahkan dapat menyebabkan kematian diataranya, batu ginjal, gagal ginjal, kanker ginjal, syndrom nefrotik dan banyak penyakit ginjal yang berbahaya lainnya.
Maka dari itu, disini saya akan menyampaikan bagaimana cara untuk menjaga ginjal agar tetap sehat tetapi menggunakan cara – cara yang alami yang pastinya tidak memiliki efek samping.

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

 

Menjaga Pola Makan dan Rajin Berolahraga

 
Menjaga pola makan merupakan kunci dari kesehatan tubuh. Tidak sedikit orang yang terkena penyakit karena pola makan yang maburadul serta makanan yang dikonsumsi tidak mengandung gizi yang seimbang sehingga terjadi dimana seseorang memiliki kandungan zat gizi tertentu yang malah berakibat buruk bagi orang tersebut.

Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk merawat ginjal.

  • Ikan – Ikanan
Ikan merupakan sumber protein tinggi yang berasal dari hewani. Selain memiliki protein tinggi, jenis lemak yang terdapat pada ikan yakni LDL yang merupakan lemak baik bagi tubuh. Omega 3 yang terdapat dalam makanan olahan ikan juga dapat mencegah kanker dan penyakit jantung.
  • Bawang Putih
Bawang Puting merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat penting dalam memperoleh cita rasa makanan yang enak. Siapa sangaka jika jenis bumbu dapur ini baik dikonsumsi untuk kesehatan ginjal. Dalam satu siung bawang putih mengadung 1 mg sodium, 4 mg fosfor fan 12 mg potasium. Kandungan tersebut sangat baik sebagai antioksidan dalam peranan mencegah kanker.
  • Buah Apel
Buah – buahan yang baik untuk kesehatan ginjal salah satunya yakni Apel. Buah apel ini mengandung 158 mg pottasium dan 10 mg fosfor dalam buah apel ukuran sedang. Sehingga baik untuk kesehatan ginjal. Dan juga buah ini bagus bagi anda yang menjalani program diet karena rendah kalori dan lebih dominan cairan dalam buah apel ini.
Selanjutnya adalah olahraga secara rutin. Olahraga merupakan salah satu kunci sehat yang jarang orang lakukan dengan alasan sibuk ataupun malas. Padahal dengan olahraga dapat mengeluarkan racun -racun dalam tubuh ke bentuk keringat serta dapat menyehatkan organ paru – paru, jantung serta ginjal. Nah, olahraga yang baik untuk merawat kesehatan ginjal yakni bersepeda, jalan kaki, jogging santai, lompat tali dan maniki anak tangga. Lakukan sehari 30 menit untuk mendapat efek yang maksimal.
Jika anda sudah berumur, maka lakukan yang ringan – ringan saja serta jika sudah merasa leleh hendaknya beristirahat dan jangan memaksakan diri.

Rutin Mengkonsumsi Air Putih

Air putih merupakan salah satu minuman yang baik untuk ginjal sebagai pencuci ginjal. Selain itu, dari pada anda mengkonsumsi minuman penambah tenaga atau minuman perasa akan memperkeras ginjal dalam hal mengekresinya sehingga jika dilanjutkan dalam jangka waktu lama akan memperburuk kualitas ginjal dalam mengekresi cairan.
 

Berhenti Merokok, Minuman Beralkohol dan Obat – Obatan

Rokok merupakan racun bagi tubuh manusia yang dampaknya tidak secara langsung anda terima. Namun, secara perlahan rokok akan menggerogoti seluruh bagian tubuh anda termasuk ginjal, paru – paru, jantung, tenggorokan karena bahan – bahan yang terkandung dalam rokok sifatnya racun semua. Mirisnya, walaupun sudah tahu efeknya dalam jangka panjang, tidak sedikit orang mau berhenti merokok. Mereka terkesan mengacuhkan hal – hal tersebut dan lebih untuk memuaskan organ organoleptik mereka dengan merokok.
Sedangkan untuk obaat – obatan akan memperberat dari fungsi hati dan ginkal dalam mengekresikannya.
 

Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan merupakan indikator dari apakah tubuh anda bergizi baik atau kurang bahkan berlebih. Cara menghitungnya yakni dengan menggunakan Rumus IMT kemudian dicocokan dengan tabel yang sudah ada.
Cara menjaga berat badan ideal salah satunya dengan mengkonsumsi makan sesuai dengan kebutuhan gizi dan berolahraga secara rutin agar tubuh sehat dan segar.
Demikian ulasan mengenai cara menjaga kesehatan ginjal ? mudah bukan. Hal yang penting dalam merawat tubuh yakni jaga apa yang anda konsumsi. Jangan sampai anda mengkonsumsi makanan – makanan yang tidak berkualitas hanya untuk menghilangkan rasa lapar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.