Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak dengan Cepat

by -20 views

Cara Mengobati Gusi Bengkak – Gusi bengkak merupakan keadaan dimana kondisi gusi sedang tidak normal. Pembengkaan gusi merupakan penyakit kedua setelah sakit gigi yang paling banyak diderita oleh masyarakat.

Sama halnya dengan sakit gigi, gusi bengkak sakitnya tiada tara. Rasa sakitnya bahkan bisa sampai ke kepala kita. Keadaan tersebut sangat mengganggu kita saat makan. Jelas akan terasa sakit jika kita sedang mengunyah makanan. Hal inilah nanti yang akan menimbulkan penyakit lain karena tubuh kita kekurangan asupan zat gizi yang cukup.

Nah, untuk mengobati gusi bengkak sebenarnya tidaklah mudah dan tidak juga sulit. Anda bisa melakukannya dengan cara tradisional yakni menggunakan bahan – bahan alami untuk mengbatinya ataupun bisa membeli di apotik tentang Obat Sakit Gusi di Apotik.

Namun, sebelum menuju kesana alangkah baiknya kita mengetahu terlebih dahulu apa penyebab gusi bengkak sehingga kita bisa mengatasinya.

  • Gigi Berlubang
Salah satu penyebab utama gusi bengkak adalah gigi yang berlubang. Gigi berlubang adalah tempat dimana kuman atau bakteri berada. Sehingga jika tidak terus diobati, gigi akan habis. Maka dari itu, jika anda mengetahu ada salah satu gigi yang “krowok” maka sebaiknya langsung ditambal ataupun dicabut.

  • Karang Gigi
Anda termasuk salah satu yang malas untuk menggosok gigi ? awas, coba cek keksehatan gigimu apahkah terdapat banyak karang gigi ? karena pada dasarnya jika kita jarang menggosok gigi maka otomatis sisa- sia makanan masih menempel di rongga mulut terutama gigi. Nah, jika itu tidak segera hilang, maka akan mengeras karena kandungan mineral pada ludah akan membuat sedimentasi dan lama – kelamaan akan menyebabka karang gigi.
Secara garis besar, kedua hal itulah yang menyebabkan gizi bengkak yang paling populer dikalangan masyarakat. Nah, jika anda sudah tau penyebabnya bagaimana sikap anda selanjutnya untuk mencegah terjadinya gusi bengkak. Jika sudah terlanjur bagaimana ? berikut saya sampaikan mengenai Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak dan Obat Gusi Bengkak di Apotik.

Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Menggunakan Garam
 
Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib digunakan saat memasak. Tanpa garam, sayur masakan akan terasa hambar. Selain itu, garam beryodium juga baik untuk mencegah penyakit gondok. Namun, dibalik itu semua, ternyata garam memilki khasiat untuk mengobati atau meredakan gusi bengkak. Caranya yakni dengan mencampurkannya dalam air kemudian digunakan untuk berkumur.
Menggunakan Jeruk Nipis dan Lemon
Jeruk nipis dan lemon merupakan buah yang hampir mirip. Baik dari segi rasa ataupun khasiatnya. Namun, keduanya memiliki persamaan khasiat dalam hal gusi bengkak. Anda bisa menggunakan salah satu buah tersebut untuk meringankan sakit akibat gusi yang bengkak. Hal tersebut dikarenakan baik lemon ataupun jeruk nipis dapat membunuh bakteri atau kuman yang berada dalam mulut. Caranya yakni dengan mencampurkan perasan air lemon dan jeruk nipis dengan air hangkat kemudian digunakan untuk minum atau berkumur.
Menggunakan Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh sudah digunakan pada jaman dahulu untuk mengobati sakit gusi. Caranya yakni dengan mengoleskan minyak tersebut ke gusi yang sakit selama tiga kali dalam sehari. Jika anda merasa kesulitan dengan cara tersebut, bisa juga dengan melarutkan beberapa tetes minyak cengkeh dalam satu gelas air kemudian digunakan untuk berkumur. Kedua cara tersebut sama – sama berkhasiat untuk meringankan pembengkakan.
Bagaimana untuk mengobati sakit gusi secara alami cukup mudah bukan ? kalau saya pribadi lebih ke menggunakan garam karena selain mudah didapat, juga harganya yang tidak mahal dapat dipastikan disetiap rumah juga memiliki garam. Untuk bagian minyak cengkeh, anda bisa membeliya di toko – toko obat atau bisa juga ditoko kesehatan sekitar rumah anda.
Diatas merupakan cara alami, bagaimana dengan cara modern yang menggunakan obat ? obat apa saja yang cocok untuk menyembuhkan gusi bengkak ? berikut adalah beberapa obat yang bisa anda beli dan gunakan pastinya aman jika dikonsumsi sesuai dosis.

Obat Medis atau Apotik untuk Gusi Bengkak

1. Amoxicillin

Amoxicillin merupakan salah satu merk obat sakit gusi yang dapat digunakan untuk meringankan rasa nyeri yang ditimbulkan dan tergolong obat jenis antibiotik. Sehingga untuk mendapatkan obat jenis ini akan sedikit lebih sulit jika tidak menggunakan resep dari dokter. Karena obat ini akan berpengaruh dengan daya tahan tubuh jika dikonsumsi sembarangan.

2. Ponstan Asam Mefenamat

Obat anti nyeri yang direkomendasikan yakni Ponstan FCT 500 Mg, Karena kandungan Asam Mefenamat merupakan kandungan yang berfungsi untuk meredakan nyeri yang ditimbulkan, sehingga secara perlahan gusi yang bengkak akan mereda secara perlahan.

3. Anti Antipiretik, Sanmon

Obat anti piretik yang sering digunakan yakni sanmol, karena kandungan paracetamol yang dapat menurunkan panas (jika disertai) sehingga seiring dengan panasnya menurun gusi juga akan segera pulih.

Demikian ulasan mengenai Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak dengan Cepat, mudah bukan ? jika menggunakan cara tradisional gusi belum juga reda, sebaiknya anda langsung memeriksakannya kepada dokter. Agar pemeriksaan lebih lanjut sehingga dapat mengetahui apakah ada indikasi penyakit lain atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.