Berbagai Kandungan dan Manfaat Buah Naga

By | April 5, 2021

Apa manfaat buah naga

Tidak hanya rasanya yang disukai banyak orang, namun juga ada banyak manfaat buah naga yang menjadi alasan orang mengonsumsi buah yang satu ini. Kandungan yang ada di buah naga juga beragam. Selain bagus dalam memenuhi asupan nutrisi harian, kandungan vitamin serta mineral yang terkandung dalam buah naga juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh.

 

Buah naga adalah salah satu buah yang umum dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Buah tersebut mempunyai kulit yang tampak bersisik serta berwarna merah keunguan atau merah muda. Berdasarkan warna dagingnya, buah naga terdiri dari dua jenis, yaitu buah naga putih dan merah.

 

Manfaat Buah Naga

Berikut berbagai manfaat yang akan didapatkan jika mengonsumsi buah naga, yaitu:

  1. Dapat mengurangi berat badan

Mengisi perut dengan makanan yang kaya akan serat serta rendah kalori seperti buah naga, akan membuat perut merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Sehingga bagi yang sedang melakukan diet, tidak perlu khawatir lagi berat badan akan bertambah. Selain itu buah naga juga bisa membuat pencernaan lebih lancar karena banyaknya air yang terkandung di dalam buah naga.

 

  1. Membantu proses detoksifikasi tubuh

Radikal bebas yang terdapat dalam tubuh dapat didetoksifikasi atau dikeluarkan dengan lancar jika mengonsumsi buah naga. Hal tersebut akibat dari zat antioksidan yang terkandung dalam buah naga.

 

  1. Dapat mencegah penyakit kanker

Sama seperti buah yang berwarna merah lainnya, buah naga juga mengandung lycopene. Warna merah dalam buah naga yang disebabkan Lycopene, sudah terbukti bisa merendahkan risiko dari terkena penyakit kanker prostat.

 

Bukan hanya lycopene, buah naga juga mengandung antioksidan hytoalbumin membantu untuk pembentukan radikal bebas karsinogenik di dalam tubuh. Buah tersebut juga kaya akan serat, fosfor, kalsium serta vitamin C dan B2. Selain itu buah naga juga bisa membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang bisa menjadi penyebab penyakit kanker.

  1. Dapat mencegah diabetes

Sifat dari antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya diabetes melitus, karena dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan dari pola hidup dan makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi para penderita diabetes karena kadar gulanya yang tidak banyak.

 

  1. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat dari buah naga yang lain yaitu dapat menjaga sistem kekebalan tubuh yang didapat dari nutrisi dan gizi yang ada di buah naga. Jika rajin mengonsumsi buah tersebut, proses penyembuhan baik luka luar maupun dalam akan semakin cepat pulih.

 

  1. Dapat mencegah tekanan darah yang tinggi serta serangan jantung

Lycopene yang terdapat dalam buah naga juga dapat berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan mencegah serangan jantung yang mendadak. Lemak omega 3 dan omega 6 yang ada di biji buah naga dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

 

  1. Membantu pertumbuhan serta kesehatan tulang

Buah naga mengandung kalsium yang akan menjaga kesehatan tulang serta gigi. Selain itu zat besi dan fosfor yang terkandung dalam buah naga juga dapat melancarkan peredaran darah serta membantu memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh.

 

  1. Mampu meningkatkan imunitas tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah naga bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh, sehingga dapat mencegah dari berbagai ancaman penyakit.

 

  1. Dapat mencegah serta mengatasi kurang darah atau anemia

Zat besi yang ada terkandung dalam buah berfungsi sebagai pencegah serta dapat mengatasi kurang darah atau anemia. Maka disarankan untuk mengonsumsi buah naga apabila merasa kurang darah.

 

  1. Dapat meningkatkan tenaga dan kekuatan ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak energi atau tenaga ketika menjalani aktivitas hariannya. Karena harus berbagi nutrisi dengan sang calon bayi yang sedang dikandungnya. Di dalam 100 gr buah naga terdapat 9 s/d 14 gr karbohidrat, dengan manfaat untuk sumber energi alami. Dengan mengonsumsi buah naga, ibu hamil akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

 

  1. Mencegah keguguran serta kelahiran prematur

Asam folat yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk memperkuat janin dan dapat mencegah keguguran serta kelahiran prematur.

 

  1. Memperkuat tulang serta gigi 

Terdapat mineral-mineral yang terkandung dalam buah naga, yaitu kalsium, fosfor dan magnesium berfungsi dalam memperkuat tulang serta gigi. Mengonsumsi buah tersebut akan membuat orang yang mengonsumsinya akan memiliki tulang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

 

  1. Dapat memperbaiki pencernaan ibu hamil

Manfaat lain buah naga adalah dapat memperbaiki pencernaan ibu hamil. Ibu yang sedang hamil biasanya mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar, yang disebabkan oleh hormonal dan desakan janin yang ada di perut. Buah naga mempunyai serat yang tinggi sehingga akan melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

 

Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Naga

Buah naga termasuk ke dalam jenis buah yang rendah kalori. Berikut beberapa kandungan yang ada di dalam buah naga serta manfaatnya bagi tubuh.

  1. Vitamin C

Vitamin C yang terdapat dalam buah naga berfungsi sebagai antioksidan yang bagus dalam melindungi tubuh dari jahatnya paparan radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga bagus untuk merangsang pembentukan kolagen dan membantu penyerapan zat besi agar tubuh tidak kekurangan darah.

 

  1. Vitamin B2 dan B3

Vitamin B2 dan vitamin B3 berperan untuk menjaga kelancaran metabolisme tubuh serta memelihara kesehatan dari jaringan tubuh. Asupan vitamin B yang cukup diyakini bisa menurunkan risiko beberapa penyakit, diantaranya migrain, preeclampsia, katarak dan penyakit jantung.

 

  1. Magnesium

Berkat magnesium yang terkandung dalam buah naga, orang yang mengonsumsinya akan mendapatkan manfaat seperti mencegah dan meringankan kram otot, meningkatkan stamina saat olahraga dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu magnesium juga bisa menurunkan risiko depresi, diabetes tipe 2 dan hipertensi.

 

  1. Zat besi

Jika tubuh kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah dalam tubuh pasti akan berkurang. Akibatnya akan berisiko terkena anemia. Maka dari itu solusinya adalah mengonsumsi buah naga. Kandungan zat besi dalam buah naga dapat memenuhi asupan zat besi yang sangat diperlukan tubuh, sehingga akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

 

  1. Kalsium

Kalsium dalam buah naga berfungsi untuk pemeliharaan kekuatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menimbulkan osteoporosis. Selain mengonsumsi susu yang mengandung kalsium, disarankan juga untuk mengonsumsi buah naga untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan tubuh.

 

  1. Antioksidan

Antioksidan dalam buah naga adalah penyebab buah naga berwarna merah terang. Kandungan tersebut diketahui bisa melindungi sel serta jaringan tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas dan bahkan dapat menurunkan risiko kanker.

 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai manfaat buah naga. Dengan mengonsumsi buah naga bersama dengan sayur-sayuran, akan semakin membuat tubuh terjaga kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.