9 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

By | April 27, 2021

9 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium sangat dibutuhkan tubuh. Kalsium erat kaitannya dengan kesehatan tulang. Seseorang harus terpenuhi asupan kalsium dalam tubuhnya agar memiliki tulang yang sehat dan tidak mudah keropos. Selain mempunyai fungsi untuk mendapatkan tulang yang sehat, kalsium juga sangat diperlukan tubuh dalam proses pembekuan darah, menstabilkan tekanan darah dan memberikan kontribusi bagi fungsi otak.

Kekurangan asupan kalsium dalam tubuh akan menyebabkan beberapa akibat buruk bagi tubuh seperti kejang-kejang, kram otot, detak jantung yang tidak stabil, hingga mati rasa di bagian- bagian tubuh seperti jari- jari kaki dan tangan.

Jenis Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi
Disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari gangguan-gangguan yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi. Daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi di bawah ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu sayuran dan buah-buahan.

Berikut ini adalah buah-buahan yang mengandung tinggi kalsium:

1. Jeruk

Salah satu jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah jeruk. Dalam satu cangkir jus jeruk, terdapat kandungan sekitar 72 mg kalsium yang bisa memberi kontribusi kebutuhan asupan kalsium dalam tubuh Anda. Tidak hanya kalsium, buah yang memiliki perpaduan rasa asam dan manis ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, beta karoten, kalium dan juga folat yang berperan penting dalam proses pembekuan darah.

2. Lemon

Lemon seringkali digunakan untuk menghilangkan bau amis saat memasak ikan atau daging. Selain itu dengan minum air putih yang diberi perasan air lemon bermanfaat untuk Anda yang sedang diet karena dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan vitamin C dalam lemon juga membuat kulit terjaga kesehatannya. Lemon juga merupakan sumber kalsium dengan kadar yang cukup tinggi. Dalam sajian 100 gram lemon, terdapat kandungan 26 mg kalsium.

3. Pepaya

makanan yang mengandung kalsium tinggi pepaya
Buah ini sangat banyak ditemukan di Indonesia. Buah pepaya memang mudah untuk ditanam dan tumbuh di pekarangan rumah atau kebun. Mulai dari daun dan buahnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika Anda memiliki trombosit yang rendah, Anda bisa menggunakan daun pepaya untuk meningkatkan jumlah trombosit agar mencapai batas normal. Adapun buahnya bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan.

Tahukah Anda bahwa buah pepaya juga memiliki kandungan kalsium untuk membantu menambah kebutuhan kalsium dalam tubuh Anda? Dalam 100 gram pepaya, Anda bisa mendapatkan 20 mg kandungan kalsium.

Selain buah-buahan tersebut, sayur-sayuran adalah bahan makanan yang mengandung kalsium, di antaranya adalah sebagai berikut:

4. Bayam

Kita sudah sering mendengar bahwa sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kali ini adalah giliran sayur bayam. Sayur bayam adalah salah satu jenis sayuran yang direkomendasikan sebagai bahan makanan yang mengandung kalsium dalam kadar yang tinggi. Satu sajian sayur bayam mengandung 56 mg kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan tubuh Anda. Di samping kalsium, bayam juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin K.

Selain bayam, beberapa jenis sayuran lain adalah mustard hijau dan sawi juga diketahui sebagai sumber kalsium.

5. Brokoli

Brokoli sering digunakan sebagai bahan utama berbagai masakan seperti tumis brokoli dan juga tambahan untuk masakan pak lay dan lain-lain. Selain nikmat, brokoli adalah makanan sehat yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Mari simak kandungan nutrisi dalam brokoli berikut ini. Dalam sajian 100 gram brokoli mentah, dapat diperoleh manfaat 47 mg kalsium. Kandungan nutrisi lain yang dimiliki oleh brokoli adalah vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, vitamin K dan folat yang berperan dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, serta vitamin A yang membuat mata Anda sehat.

6. Okra

Dalam sajian 100 gram okra yang direbus tanpa garam, mengandung 77 mg kalsium. Selain kalsium, dalam sajian tersebut juga mengandung magnesium sebanyak 36 mg dan kandungan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda seperti sodium.

Di samping bahan makanan dari sayuran dan buah, ada beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi memberikan asupan kalsium bagi tubuh Anda, simak daftarnya di bawah ini:

7. Sarden

makanan yang mengandung kalsium tinggi sarden
Sarden memang memiliki rasa yang nikmat dan sangat tepat untuk dijadikan lauk pada saat sarapan. Bukan hanya lezat dan nikmat, sarden juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram sarden, Anda akan mendapatkan asupan sekitar 382 mg kalsium.

8. Susu low fat dan yoghurt

Untuk keluarga Anda, pilihlah susu jenis low fat yang baik bagi Anda terutama bagi orang yang sedang menjalani diet. Susu low fat mengandung kadar kalsium yang tinggi yaitu 183 mg yang baik bagi tulang.

Olahan susu segar seperti yoghurt memiliki rasa yang asam dan segar, di samping itu juga bermanfaat untuk tubuh Anda dengan kadar kalsium yang dikandung sebanyak 448.35 mg.

9. Keju low fat

Baru- baru ini, semakin banyak restoran dan rumah makan yang menyediakan makanan dengan menggunakan keju mozzarella sebagai salah satu komposisinya. Rasa keju yang lezat dan gurih memang banyak disukai dari anak- anak hingga dewasa. Keju juga merupakan hasil olahan susu karena itu dalam sajian keju mengandung sejumlah kalsium. Untuk sajian satu cangkir keju low fat, Anda mendapat manfaat dari 1085.93 mg. Namun ingat, pilihlah jenis low fat agar tidak mengganggu program diet Anda.

Penuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh Anda sehingga tulang dan gigi Anda sehat, tekanan darah juga terkontrol dengan asupan kalsium yang cukup. Demikian tadi adalah artikel mengenai jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi yang tentu menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.