7 Manfaat Makan Semangka – Menyegarkan dan Terhindari Dari Penyakit

By | May 2, 2021

7 Manfaat Makan Semangka

 

Semangka merupakan buah tropis yang manis dan menyegarkan. Tetapi tidak hanya sebagai camilan manis di tengah terik matahari dan panasnya kota-kota besar, buah ini pun sudah terkenal akan kandungan vitamin, antioksidan, dan serat yang dimilikinya, sehingga bisa memberikan manfaat kesehatan yang beragam.

Sekalipun mengandung gula yang lumayan banyak, tetapi cenderung masih aman untuk dikonsumsi. Faktanya, kandungan air dan mineral khusus yang disebut sebagai elektrolit justru sangat dibutuhkan demi mengisi ulang energi dan hilangnya cairan di tubuh saat kita beraktivitas seharian penuh.

Tapi kamu harus menghindari asupannya yang berlebihan. Meskipun asupan semangka yang terlalu banyak tidak langsung dikaitkan dengan penyakit di tubuh, tetapi kamu masih beresiko terkena kelebihan kalium dan bisa membahayakan tubuh.

Sebaliknya, jika kamu mampu mengonsumsinya secara teratur dengan jumlah yang wajar, kamu pun tentunya bisa mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah manfaat makan semangka bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Mengandung Nutrisi yang Memukau

Salah satu alasan kenapa buah semangka bisa memberikan manfaat bagi tubuh kita adalah berkat nutrisi yang ia miliki, sambil menyediakan sejumlah kecil kalori, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh para pelaku diet menurunkan berat badan.

Menurut self.com sendiri, dari 154 gram buah semangka segar sudah bisa memberikan kita beberapa nutrisi sebagai berikut:

  • 21% Vitamin C.
  • 18% Vitamin A.
  • 5% Kalium.
  • 4% Magnesium.
  • 3% gabungan dari Vitamin B1, B5, dan B6.

Buah merah menyegarkan ini pun dikemas dengan kadar karotenoid yang tinggi, termasuk beta-karoten dan likopen, serta asam amino penting bernama citrulline. Jadi tak heran jika buah semangka bisa mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan.

  1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Semangka sendiri mengandung serat dengan kadar sedang. Itu artinya, ia bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan saluran pencernaan kamu setiap harinya.

Kemampuannya tersebut kemudian didukung dengan kadar air yang dimilikinya, sehingga mampu mendorong keinginan untuk buang air besar secara teratur. Bahkan saking ampuhnya, buah semangka bisa dijadikan obat bagi para penderita Penyakit Radang Usus atau IBD (inflammatory bowel disease).

Para penderita IBD pada dasarnya harus mengonsumsi makanan yang mudah untuk dicerna sekaligus menyediakan nutrisi yang beragam, dan tentu saja buah semangka menjadi salah satu makanan yang bisa kamu pilih.

Tapi tetap jaga kadarnya! Satu atau dua potong buah semangka per hari sudah cukup mampu memberikan kebutuhan nutrisi harian tubuh kamu. Jika kelebihan, maka tubuh kamu beresiko mendapatkan kelebihan likopen atau kalium.

Faktanya, Menurut American Cancer Society mengatakan bahwa mengonsumsi lebih dari 30 mg likopen per hari malah berpotensi menyebabkan mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembung.

  1. Melawan Kanker

Antioksidan yang terdapat dalam buah semangka seperti vitamin C tentunya dapat membantu mencegah tubuh kita terkena kanker ganas yang mematikan, dengan cara melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Beberapa penelitian juga telah mengaitkan asupan likopen dengan berkurangnya resiko kanker prostat dan kanker yang tumbuh di sistem pencernaan pada tubuh manusia.

Kemampuannya tersebut berkat sifat buah semangka yang bisa menurunkan faktor pertumbuhan yang mirip insulin (IGF), yaitu protein yang terlibat dalam pembelahan sel. Sebaliknya, tingkat IGF yang tinggi telah terkait dengan pertumbuhan sel kanker pada tubuh seseorang.

  1. Merawat Rambut dan Kulit

Selain berperan penting dalam melawan kanker di dalam tubuh, kadar vitamin C yang tinggi dalam buah semangka juga ternyata bisa mendukung rambut dan kulit yang sehat.

Vitamin C tersebut akan membantu tubuh kita dalam menggunakan zat besi non-heme, sehingga mendukung dalam proses pembentukan sel darah merah yang normal. Alhasil, oksigen pun bisa dibawa ke seluruh tubuh tanpa gangguan, termasuk kulit dan folikel rambut. Pembentukan kolagen juga bisa didukung dengan rajin mengonsumsi semangka dari waktu ke waktu.

Selain itu, kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah semangka juga bisa menjaga kulit kita dari kerusakan. Fakta menyebutkan bahwa jika tubuh kita kekurangan asupan vitamin A, maka kulit pun akan terlihat lebih bersisik.

Sebaliknya, asupan likopen dan beta-karoten (bentuk vitamin A) sudah terbukti mampu membantu melindungi kulit seseorang dari sengatan matahari yang merusak.

  1. Menjaga Jantung yang Sehat

Kesehatan jantung harus kita jaga setiap hari. Pasalnya, jika organ penting kita yang satu ini terkena masalah atau penyakit, maka bisa membahayakan nyawa kita. Bahkan penyakit jantung sudah dikenal sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia.

Maka dari itulah, asupan makanan harus kamu jaga dan memilih jenis yang menyehatkan, salah satunya sumber asam amino citrulline yang bisa kamu dapatkan dari dalam buah semangka.

Citrulline tersebut nantinya akan membantu tubuh dalam meningkatkan kadar oksida nitrat, sehingga pembuluh darah kita pun akan berkembang dan terhindar dari kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Saat tekanan darah kita menjadi normal, maka jantung kita pun akan terhindar dari penyakit terkait. Adapula pula vitamin dan mineral lainnya dalam buah semangka yang baik bagi jantung kita, diantaranya adalah vitamin A, B6, C, magnesium, dan kalium.

Menikmatinya dengan cara dijus pun tentunya masih bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan terhadap organ jantung, asalkan tidak dicampur dengan gula tambahan.

Jus semangka segar ini bisa mengurangi lemak tubuh, menurunkan kadar kolesterol LDL, dan membersihkan plak dari arteri. Semua faktor ini tentunya merupakan syarat mutlak seseorang memiliki jantung sehat dalam jangka panjang.

  1. Mencegah Degenerasi Makula

Pernah mendengar sebuah penyakit yang disebut sebagai degenerasi makula? Penyakit terkait indera penglihatan ini cenderung berbahaya karena bisa mengakibatkan kebutaan jika tidak dicegah apalagi diobati.

Untuk terhindar dari penyakit mata yang satu ini, kamu harus mampu mendapatkan asupan vitamin A yang cukup setiap harinya. Buah semangka sendiri memiliki nutrisi tersebut sehingga mampu membantu menghasilkan pigmen di retina mata kita, yang pada gilirannya melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia.

  1. Mengurangi Peradangan

Kita sudah tahu jika peradangan dalam tubuh bisa mengundang berbagai macam penyakit berbahaya jika kadarnya tidak terkontrol. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, terutama diakibatkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Untungnya, terdapat sebuah penelitian yang telah menunjukkan bahwa makan semangka mampu mengurangi penanda peradangan yang disebut sebagai CRP. Nutrisi karotenoid beta-cryptoxanthin dengan kadar tinggi yang ia miliki juga dapat mengurangi resiko seseorang terkena rheumatoid arthritis.

Bahkan menurut seorang ahli diet yang berbasis di Kansas City bernama Mitzi Dulan mengatakan bahwa antioksidan likopen dalam buah semangka juga bisa menurunkan resiko kita terkena serangan jantung.

Faktanya, peradangan dan penyakit jantung sangatlah terkait erat, sehingga kamu harus menurunkan kadar inflamasi dalam tubuh jika ingin terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Ada tiga jenis utama peradangan pada penyakit jantung, yaitu endokarditis, miokarditis, dan perikarditis. Tetapi apapun jenisnya, semua penyakit jantung yang dipicu oleh peradangan memiliki tingkat bahaya yang hampir sama dan bisa mengancam jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.