7 Manfaat Makan Jamur. Dari Imunitas Hingga Melawan Kanker

By | February 19, 2021

Manfaat Makan Jamur untuk Melawan Kanker

Tanaman jamur sudah dikenal luas oleh masyarakat kita berkat rasanya yang ringan, enak, kenyal, serta mudah untuk diolah. Meskipun tidak semua jenis bisa kita santap dengan bebas – karena beracun atau malah mengundang penyakit, tetapi varian yang bisa dimakan malah bisa memberikan khasiat kesehatan bagi tubuh kita.
Hal ini berkat kandungan gizi yang dimilikinya. Jamur sangatlah kaya akan sumber serat, protein, dan antioksidan, tetapi masih rendah kalori di saat yang bersamaan. Terdapat pula beberapa jenis mineral penting yang harus tubuh anda dapatkan setiap waktu, termasuk selenium, tembaga, tiamin, magnesium, dan fosfor.
Jadi tak heran, jika sayuran jamur pun termasuk ke dalam jenis makanan sehat yang boleh anda masukkan ke dalam pola makan seimbang anda.

7 Manfaat Makan Jamur. Dari Imunitas Hingga Melawan Kanker

Secara khususnya, berikut manfaat yang yang bisa anda dapatkan jika senantiasa mengonsumsi jamur secara teratur dari waktu ke waktu.

1. Mengurangi Tekanan Darah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jamur merupakan sumber mineral penting yang sangat baik bagi tubuh anda, salah satunya adalah kalium yang bertugas dalam mengurangi dampak negatif natrium dari dalam tubuh anda.
Kalium tersebut juga akan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah anda, sehingga berpotensi membantu menurunkan tekanan darah sekaligus melindungi otot dari kram.
Bahkan sudah terdapat sejumlah penelitian yang dikutip oleh Harvard of Health yang telah menunjukkan adanya hubungan antara asupan kalium yang rendah dengan peningkatan tekanan darah serta resiko terkena stroke yang lebih tinggi.
Semakin banyak kalium yang anda makan, maka semakin banyak pula tingkat natrium yang dihilangkan melalui proses urinitas. Meningkatkan asupan makanan sumber kalium seperti jamur sangatlah dianjurkan bagi orang dewasa yang memiliki tekanan darah di atas 120/80 agar terhindar dari penyakit kronis yang mematikan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Efek anti radang dari dalam jamur telah terbukti efektif dalam mendukung sistem kekebalan tubuh seseorang, bersama dengan kemampuannya dalam menstimulasi mikrofag dalam sistem imun. Secara sederhananya, sistem kekebalan tubuh anda pun akan semakin kuat dalam mengalahkan benda asing penyebab penyakit.
Selain itu, bukti awal lainnya juga menunjukkan bahwa sayuran jamur dapat mendukung respon imun yang sehat, menurunkan peradangan, dan meningkatkan fungsi sel kekebalan melalui interaksinya dengan mikrobiota usus.
Pada dasarnya, jamur sendiri merupakan makanan tersehat bagi bakteri baik dalam usus anda, karena kaya akan karbohidrat seperti kriitn, hemiselulosa, glukan alfa, glukan beta, mannan, xylans, dan galaktan
Berkat kandungan yang dimilikinya tersebutlah, sayur ini pun akan bertindak sebagai prebiotik yang bertugas dalam merangsang pertumbuhan mikrobiota usus anda untuk mengatur homeostasis kekebalan secara alami.

3. Menurunkan Berat Badan

Kegemukan dan obesitas sudah terkait dengan berbagai macam kondisi kesehatan berbahaya, yang beberapa diantaranya sangatlah mematikan. Sebaliknya, dengan mengurangi berat badan, maka akan terhindar dari kematian dini akibat penyakit yang mendasarinya.
Untungnya, terdapat banyak sekali jenis makanan lezat yang bisa anda santap sebagai bagian dari diet menurunkan berat badan anda, salah satunya adalah jamur. Sebagai sumber serat dan protein, sayuran ini bisa mengatur nafsu makan anda agar terhindar dari makan berlebih.
Jamur juga dapat membantu membakar lemak dalam tubuh berkat nutrisinya yang berguna dalam mengatur kadar glukosa dalam darah, sembari menjaga tingkat energi anda selama beraktivitas ataupun berolahraga.
Bahkan protein disebut sebagai salah satu nutrisi paling penting dalam mendukung upaya anda menurunkan berat badan sembari menjaga tubuh tetap ideal. Asupan protein yang tinggi telah terbukti mampu meningkatkan laju metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan mengubah beberapa hormon pengatur berat badan di dalam tubuh manusia.

4. Melawan Penyakit Jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin C yang terdapat dalam sayuran jamur tentunya dapat berkontribusi terhadap jantung anda yang sehat. Kalium sendiri dapat membantu mengatur tekanan darah dan menurunkan resiko hipertensi serta penyakit kardiovaskular.
Bahkan pada penelitian in vitro dan in vivo menyebutkan bahwa asupan jamur secara teratur dapat mengurangi faktor resiko penyakit kardiovaskular seperti kolesterol total tinggi dan LDL, tekanan darah tinggi, aterosklerosis, serta kerusakan oksidatif dan inflamasi.

5. Melawan Kanker

Jamur pada umumnya memang sudah dianggap aman untuk dikonsumsi. Tetapi selain rasanya yang lezat, para ilmuwan merasa terkejut ketika menemukan bahwa sayuran ini pun bisa mengatasi kanker berkat efek biologisnya yang cukup menjanjikan.
Salah satunya adalah imunomodulasi, peningkatan kelangsungan hidup, dan kualitas hidup pada pasien penderita kanker, serta kemampuannya dalam mengurangi efek samping yang terkait dengan kemoterapi.
Sementara menurut National Cancer Institute mengatakan bahwa diperkirakan senyawa kimia tertentu – seperti polisakarida (beta-glukan) yang ditemukan dalam sayuran jamur mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker ganas yang mematikan.
Jamur Reishi merupakan salah satu jenis yang boleh anda pilih karena mengandung gula kompleks yang disebut sebagai beta-glukan. Studi laboratorium bahkan telah menunjukkan bahwa senyawa ini dapat membantu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dari dalam tubuh anda.
Jamur maitake juga bisa merangsang aktivitas sel kekebalan tertentu, yang pada gilirannya merangsang fungsi sistem kekebalan tubuh pada sekelompok kecil pasien penderita kanker tertentu.

6. Mengontrol Diabetes

Dikarenakan telah termasuk ke dalam makanan berindeks glikemik rendah, maka jamur pun bisa dijadikan teman camilan bagi anda yang tengah menderita penyakit gula darah tinggi atau diabetes. Artinya, ia tidak akan melonjakkan kadar gula darah anda secara cepat.
Tak berhenti sampai di sana, kandungan vitamin B dan polisakarida di dalamnya juga turut menawarkan manfaat kesehatan tambahan yang secara khusus diberikan kepada para penderita diabetes, termasuk peningkatan kontrol gula darah dan kolesterol.
Berbicara mengenai polisakarida, jenis karbohidrat dalam makanan ini dapat secara efektif memperbaiki hiperglikemia, hiperlipidemia, peradangan tingkat rendah, serta stres oksidasi pada diabetes mellitus tipe-2. Dengan demikian, asupan jamur yang mengandung nutrisi ini pun bisa menjadi pilihan yang sangat bagi anda.

7. Mencegah Penyakit Alzheimer

Seiring dengan berjalannya usia kita, maka resiko penyakit Alzheimer pun akan semakin meningkat. Untuk itulah, pola makan dan gaya hidup sangatlah memainkan peran penting terhadap kesehatan tubuh kita di masa depan.
Bahkan bagi para orang tua, mengonsumsi jamur beberapa kali seminggu saja sudah bisa mengurangi resiko terkena gangguan kognitif dan gangguan memori tingkat ringan, di mana keduanya bisa menjadi akar dari penyakit Alzheimer.
Penyakit Alzheimer sendiri tidak bisa disembuhkan, tetapi masih anda cegah dan diperlambat perkembangannya dengan mengonsumsi makanan sehat (termasuk jamur), rajin berolahraga, dan tetap bersosialisasi dengan orang-orang terdekat anda.
Bahkan disebutkan pula bahwa tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi sangat terkait erat dengan perkembangan Alzheimer suatu hari nanti. Dikarenakan jamur bisa mengatasi faktor-faktor resiko tersebut, maka pastikan pula anda untuk tidak melewatkan asupannya secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.