7 Khasiat Buah Apel Dalam Menjaga Imunitas Tubuh Serta Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

by -6 views
manfaat buah apel

Khasiat Buah ApelĀ 

Apel merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai orang, selain karena rasanya juga karena khasiat yang didapat juga begitu banyak, apel merupakan buah yang sangat bervariasi dengan banyak jenis, ukuran serta rasa yang berbeda, namun tetap saja meski begitu masih banyak anak ataupun orang dewasa yang tidak menyukai apel, berikut saya bahas mengenai 7 khasiat buah apel dalam menjaga imunitas tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung, semoga saja bagi kamu yang tidak menyukai apel setelah membaca artikel kali ini kamu akan berpikir Kembali untuk menolak apel yang memiliki banyak khasiat.

 

7 Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

 

Berikut informasi seputar manfaat apel bagi Kesehatan kamu yang dilansir dari buku olahan apel untuk bayi & balita (2007) yang ditulis oleh Inti Kisnawati :

  1. Membantu Membangun System Kekebalan Tubuh

Sekedar informasi apel memiliki zat gizi yang penting bagi tubuh kamu yaitu Vitamin C, Vitamin C ini merupakan vitamin yang memiliki banyak manfaat seperti berikut ini :

  • Membantu membangun imunitas atau kekebalan tubuh
  • Membantu dalam mempercepat penyembuhan luka
  • Membantu tubuh dalam mencegah alergi
  • Serta sangat baik dalam menjaga Kesehatan kulit
  1. Apel Yang Baik Untuk Mencegah Kerusakan Sel

Apel memiliki kandungan antioksidan quercetin dan polifenol yang banyak, karenanya apel ini berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Sebelumnya University of Massachussets telah melakukan sebuah riset yang menunjukkan, jika apel bisa mencegah kerusakan sel yang menyebabkan hilangnya ingatan, jika kamu memakan apel minimal 2 buah dalam 1 hari maka kamu akan merasakan manfaatnya, diduga khasiat ini karena kandungan antioksidan yang tinggi, yang secara alamiah terkandung dalam apel.

  1. Khasiat Apel Dalam Mengurangi Risiko Penyakit Jantung, Stroke Serta Diabetes Tipe 2

Beberapa peneliti dari National Public Health Institute di Helsinski Finlandia, telah melaporkan penemuan mereka terkait apel di American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2002. Di mana para ahli tersebut menyatakan jika apel terbukti bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti jantung, kanker, stroke, asma serta diabetes tipe 2.

Seperti kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati, jadi bagi kamu yang ingin memulai hidup sehat akan sangat baik jika kamu mengonsumsi apel minimal 1 buah sehari, semakin cepat kamu memulai untuk hidup sehat semakin cepat pula kamu bisa merasakan manfaatnya.

 

  1. Khasiat Apel Dalam Mencegah Sembelit

Seperti yang kamu tahu jika apel merupakan salah satu buah yang kaya akan serat, di mana kulit dari apel ini merupakan sumber serat yang tidak larut selulosa dan lignin.

oleh karena itu makan apel dengan kulitnya akan lebih bagus jika dibandingkan dengan makan apel yang sudah dikupas terlebih dahulu, jika kamu lebih suka yang mana?

Sebagai upaya dalam mengurangi kandungan pestisida yang mungkin terdapat pada kulit apel, kamu bisa mencucinya terlebih dahulu, akan lebih baik jika menggunakan air yang mengalir serta sabun khusus buah dan sayuran. Selain itu kamu juga bisa merendam apel dalam cuka apel.

  1. Khasiat Apel Sebagai Anti Diare

apel mengandung banyak pektin dalam daging buahnya, di mana pektin merupakan serat kasar menyerupai gel yang larut dalam air.

zat tersebut diketahui merupakan salah satu zat anti diare alami, di mana zat tersebut bisa melindungi selaput lendir lambung dan usus dari luka serta serangan bakteri.

  1. Khasiat Apel Sebagai Penurun Kolesterol Dan Mencegah Peradangan

Selain untuk diare kandungan pektin dalam apel juga berkhasiat untuk membantu menurunkan kolesterol dengan cara menyerap lemak dan kolesterol, dan mengeluarkan dari dalam tubuh Bersama feses atau urine.

Tidak hanya itu, apel mengandung antioksidan polifenol dan vitamin, yang bisa membantu tubuh kamu dalam mengurangi peradangan dalam tubuh, sekedar tambahan kandungan serat yang tinggi pada apel rasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk memakan makanan tidak sehat pun bisa kamu hindari.

  1. Khasiat Apel Dalam Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Kanker

Kamu tahu tidak jika apel itu mengandung senyawa kimia berkhasiat lainnya yaitu senyawa butyrate. DR. Dieter Schrenk, MD dkk., dari The University of Kaiser Lautern Jerman telah melakukan sebuah penelitian yang menunjukkan jika senyawa butyrate bisa menurunkan risiko kanker kolon.

Nah itu dia 7 khasiat dari apel, sebenarnya masih banyak khasiat lainnya mungkin akan saya sampaikan pada kesempatan yang berikutnya, buat kamu yang tidak suka apel bagaimana sekarang setelah membaca artikel ini? Apa masih tidak suka? Semoga saja kamu setidaknya memiliki niat untuk belajar menyukai apel setidaknya untuk Kesehatan kamu.

 

Beberapa Tips Dalam Memilih Serta Menyimpan Apel

 

Dalam pemilihan apel pastinya kamu harus pilih apel dengan kualitas yang bagus, semakin bagus kualitas apel semakin baik pula kandungan nutrisinya, untuk apel yang bagus itu memiliki beberapa ciri di antaranya :

  • Dari tampak luar masih terlihat segar
  • Tidak terlihat lembek
  • Dan yang terakhir tidak lebam

Karena dari itu sangat penting bagi kamu untuk menghindari membeli apel yang sudah tampak memar, tergores, ataupun terpotong terlebih lagi Ketika warnanya sudah kecokelatan. Hal ini benar-benar harus kamu perhatikan karena apel yang sudah memar tergores atau terpotong akan lebih mudah membusuk meskipun kamu sudah menaruhnya di lemari es.

Sedangkan untuk apel yang sudah berwarna kecokelatan biasanya karena apel tersebut sudah terlalu lama di simpan. Selain tidak segar rasa apel dengan kondisi yang sudah seperti ini berbeda dengan yang masih segar dan mungkin beberapa di antara kamu tidak cocok dengan rasanya.

Apel sendiri biasanya bisa bertahan beberapa minggu jika kamu benar dan baik dalam penyimpanannya, berikut saya beri beberapa tips agar apel yang kamu simpan di rumah tahan lama atau tidak mudah busuk :

  • Apel yang sudah kamu beli bisa kamu simpan di dalam lemari es, dengan tujuan menjaga rasa buah serta tekstur buah agar tetap segar dan renyah, selain itu jika kamu menyimpannya di lemari es warna kulit apel tidak akan mudah berubah.
  • Ketika kamu hendak menyimpan apel di kulkas pastikan tempatnya terpisah dengan makanan yang lain terlebih lagi yang berbau tajam, karena apel bisa menyerap bau dari sumber lain.
  • Akan lebih baik lagi jika kamu menyimpan apel dengan dibungkus plastik dikarenakan apel akan mengeluarkan gas etilen yang bisa mempercepat pematangan sayur atau buah di sekitarnya, seperti membuat wortel menjadi pahit, membuat mentimun lebih cepat menguning atau bahkan memunculkan bintik-bintik cokelat pada daun selada lettuce.
  • Jika kamu melihat salah satu apel yang mulai rusak segera untuk memindahkannya ke tempat lain, karena jika tidak maka apel lain juga akan ikut rusak.

 

Itu dia informasi seputar 7 khasiat buah apel dalam menjaga imunitas tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung, semoga bermanfaat terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.