5 Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami dan Cepat

By | May 16, 2021
5 Cara Menurunkan Berat Badan – memiliki berat badan yang ideal merupakan idaman bagi orang, terutama kaum wanita. Tidak sedikit orang melakukan diet ketat agar berat badan turung dengan cepat. Namun, berat badan mereka tetap saja berlebih dan tidak kunjung turun. Hal tersebut sebabkan banyak hal. Salah satunya pemilihan makanan yang kurang tepat, banyak juga yang terbaring di rumah sakit akibat diet yang sangat memaksakan sehingga tubuh kekurangan asupan zat gizi dan sakit.
Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab obesitas atau kegemukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kita terdapat digolongan yang mana, sehingga untuk melakukan diet menurunkan berat badan akan tepat dan berhasil dengan cepat. Tak mustahil untuk menurunkan 10 kg berat badan dalam seminggu. Nah, berikut adalah beberapa

Penyebab Obesitas :

Genetik atau Keturunan

Siapa bilang bahwa obesitas hanya disebabkan pola makan yang tidak baik ? kegemukan juga bisa disebabkan karena keturunan baik dari orang tua ataupun dari kakek dan neneknya. Jika dirasa kedua orang tua anda gemuk ? maka bisa dipastikan penyebab anda memiliki berat badan berlebih adalah genetik tadi.
Pola Makan yang Tidak Baik
Pola makan merupakan sala satu penyebab obesitas. Pola makan yang normal adalah 3 kali sehari dengan 2 kali selingan. 3 kali makanan pokok dan 2 kali makanan ringan atau bisa disebut dengan bekal. Jika anda mengkonsumsi lebih dari 3 kali sehari maka dapat dipastikan itu adalah penyebab berat badan anda berlebih.

Efek Penggunaan Obat – Obatan

Penggunaan obat  – batan seperti stimulan dan atidepresen juga dapat menyebabkan kegemukan. Bagi anda yang mengkonsumsi obat tersebut sebaiknya berhenti selain menimbulkan efek negatif bagi tubuh juga dapat merusak tubuh dalam jangka panjang.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Tips menurunkan berat badan sebenarnya cukup mudah dilakukan. Hanya perlu komitmen dan kepercayaan diri saya. Kita harus memiliki target, baik dalam seminggu atau sebulan dapat menurunkan berapa kg berat badan. Jika sudah memiliki target selanjutnya yakni rencana – rencana yang akan dilakukan. Nah disini saya akan membagikan bagaimana Tips Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu dengan cepat yang tentunya secara alami dan tanpa efek samping.

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan merupakan tips atau cara dasar yang paling pertama dan utama. Banyak orang gendut yang menyatakan bahwa “saya walaupun gak makan tapi tetap gemuk” itu adalah “bohong”. Kenapa ? karena pada dasarnya kegemukan terjadi karena kelebihan asupan makanan yang anda konsumsi dan aktivitas fisik yang kurang.

Ya, katakanlah anda tidak makan seharian, tetapi anda “ngemil” ya itu sama – saja. Bahkan tidak sedikit cemilan yang memiliki kandungan energi lebih tinggi dari nasi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik bisa dikatan sebagai olahraga. Olahraga yang dianjurkan dalam sehari adalah selama 30 menit. Namun, dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism dituliskan bahwa dalam seminggu melakukan olahraga dengan total waktu 150 menit dan tidak penting seberapa sering anda berolahraga.

Dari jurnal tersebut jika dibagi dalam waktu seminggu mendapati sekitar 21 menit sekian. Olahraga yang cocok untuk menurunka berat badan yakni jogging disiang hari. Kenapa ? karena dengan olahraga serta panas terik matahari akan memaksimalkan untuk pembakaran lemak serta rasa lelas yang lebih dari biasanya.

Kurangai Konsumsi Tinggi Energi

Mengkonsumsi makanan tinggi energi dapat menyababkan tubuh menjadi lebih segar dan bertenaga. Tetapi jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang sepadan maka, tumpukan energi tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak ditubuh. Sehingga akan meningkatkan berat anda secara drastis. Maka solusinya yakni melakukan diet rendah energi agar tubuh menjadapt asupan yang cukup tetapi berat badan akan cenderung turun.

Nah, berikut adalah beberapa makanan yang mengandung energi tinggi seperti pisang, coklat, gandum, telur dan olahannya, Alpukat dan masih banyak laiinya. Disini anda tidak perlu menghindari makanan – makanan tersebut, melainkan mengurangi jumlah porsi makan anda saja. Agar tubuh tetap mendapat asupan gizi yang mencukupi.

Kurangi Jumlah Porsi Makan

Jumlah porsi makan wajib anda kurangi jika ingin melakukan diet sehat. Pasalnya banyak orang yang melakukan diet dengan tidak makan (puasa) namun saat mereka berbuka mengkonsumsi makanan tinggi energi, protein, lemak dan karbohidrat secara berlebih sehingga yang anda lakukan (puasa) hanya sia – sia. Karena setelah berbuka, dapat dipastikan anda tidak melakukan aktivitas fisik dan cenderung untuk tidur. Nah, disitu salahnya tidak melakukan aktivitas fisik setelah berbuka dan cenderung makan berlebih saat berbuka puasa. (kalau pusanya tidak salah kan melakukan perintah agama).

Mengkonsumsi Air Putih

Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup sehari minimal 2 liter bagi orang sehat. Air putih berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta memelihara pencernaan kita. Selain itu, mengkonsumsi air putih juga dapat digunakan untuk diet. Walaupun, air putih tidak memiliki nilai gizi seperti karbohidrat, protein dan lemak namun dapat untuk mengganjal saat kita sedang lapar benar tidak ?

Nah demikian ulasan mengenai 5 Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami dan Cepat, jangan lupa untuk terus berdoa agar diet yang anda lakukan dapat berjalan dengan lancar. Tetapi jika setelah melakukan diet tersebut beberapa bulan namun berat badan tidak kunjung turun sebagiknya anda konsultasi dengan dokter dan melakukan check up apakah tubuh anda mengalami kelainan atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.